ZAP Beauty Index 2023, Potret Perilaku Wanita Indonesia Soal Dunia Kecantikan

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Desember 2022 - 17:00 WIB

Konferensi pers ZAP Beauty Index 2023
Konferensi pers ZAP Beauty Index 2023

INDUSTRY.co.id - Jakarta – ZAP kembali meluncurkan ZAP Beauty Index 2023, sebuah survei tahunan yang memotret perilaku wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan. 

ZAP Beauty Index tahun ini melibatkan sekitar 9.000 responden wanita berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia. Angka tersebut meningkat 3.000 dari pelaksanaan di 2021.

Bekerja sama dengan MarkPlus, survei pertama dan paling komprehensif mengenai kebiasaan konsumen dan industri kecantikan Indonesia ini, telah dilakukan sejak 2018 dan telah memiliki banyak versi dari tahun ke tahun. 

Survei kali ini dilakukan untuk membantu memberikan perspektif terhadap tren industri kecantikan pada 2023 mendatang. 

Secara konsisten ZAP Beauty Index kembali merilis sejumlah temuan menarik. Beberapa di antaranya adalah popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal. 

ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi lebih spesial karena memuat lebih banyak pendapat wanita tentang tipe pria idaman.

Tipe Pria Idaman Wanita

Wanita menyukai pria yang peduli dengan penampilan diri. Mayoritas wanita setuju jika pria memerlukan perawatan kulit. 

Sebanyak 95,1 persen wanita mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin. Dengan persentase 82,9 persen, wanita setuju bahwa penting bagi para pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. 

Temuan ini menjadi bukti bahwa wanita tak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi wanita, karena untuk menjadi pria idaman para wanita, pria perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik.

Terkait pesona dan fisik, 87,5 persen wanita Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik. Pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77,3 persen dan 67,5 persen. 

Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahu/dada yang bidang juga mudah membuat para wanita mudah jatuh hati. 

Brand dan Influencer Lokal Jadi Juara

Brand kecantikan lokal berhasil memenangkan hati para wanita Indonesia tahun ini. Lebih banyak wanita yang mempercayakan perawatan kulitnya pada brand lokal dibandingkan brand luar negeri. 

Sebanyak 96,8 persen wanita Indonesia menggunakan produk skincare buatan Indonesia. Bahkan, terdapat 19 persen wanita yang mengaku menggunakan brand lokal secara eksklusif untuk merawat kulit mereka. 

“Pada tahun ini, kami juga melihat bahwa produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favorit wanita Indonesia. Pada 2021, hanya 17.8 persen wanita Indonesia membeli skincare di klinik kecantikan, sementara tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga 32.5 persen," kata Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023 di Jakarta (7/12).

"Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit wanita Indonesia masa kini,” tambahnya.

Beauty influencer memberikan pengaruh besar bagi para wanita Indonesia dalam mengonsumsi produk-produk kecantikan. Namun, di tengah banyaknya brand yang menunjuk brand ambassador artis atau musisi terkenal dari Korea, nyatanya ZAP Beauty Index 2023 membuktikan bahwa influencer lokal masih menjadi acuan untuk lebih dipercaya . 

Terkait memilih produk dan layanan kecantikan, 78 persen wanita Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan dengan artis Korea. Hanya sekitar 16,8 persen wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea dan 8,5 persen terpengaruh oleh girlband/boyband Korea. 

Selain Instagram, ternyata tahun ini TikTok turut memberikan pengaruh besar di mana sebanyak 51,5 persen wanita mengakses media sosial ini untuk memperoleh informasi terkait kecantikan.

Tren dan Perawatan Kecantikan Favorit

Skincare dengan manfaat melembabkan lebih banyak dicari sebesar 60 persen dibandingkan manfaat anti-acne, yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas. Pada tahun sebelumnya, 53,8 persen wanita lebih mencari manfaat anti-acne dan 53,6 persen mencari manfaat melembabkan. 

Sementara itu, penuaan dini atau anti-aging menjadi momok para wanita di semua kalangan usia. ZAP Beauty Index 2023 menemukan bahwa 14,4 persen remaja perempuan di bawah 19 tahun sudah mulai mencari skincare yang berkhasiat untuk mencegah penuaan. Semakin dewasa wanita, manfaat anti-aging semakin menjadi prioritas. 

Perawatan di klinik kecantikan semakin populer dan digemari oleh banyak wanita. Hal tersebut mengacu pada temuan 3 dari 5 wanita Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai kegiatan pampering yang paling disenangi. 

Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai oleh lebih dari 50 persen wanita Indonesia saat ini. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai concern wanita Indonesia terhadap kulit kusam. 

Mereka memimpikan wajah yang bersih dan mulus, selain juga bertubuh sehat dan bugar, agar dapat merasa cantik.

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2023, Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung mengatakan, kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. 

Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, lanjutnya, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri.

"Selain itu, kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan tepercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, maupun teman-teman jurnalis," tandas Feriani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:48 WIB

Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Mengawali kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma'ruf Amin, serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)…

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:15 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pupuk Subsidi Capai 16.770 Ton untuk Banten

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk bersubsisidi sebesar 16.770 ton untuk Provinsi Banten per tanggal 25 Januari 2022. Angka tersebut cukup memenuhi kebutuhan petani dalam beberapa…

Menko Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismik Isolator PT Magdatama Multi Industri (MMI) di Karawang, Jawa Barat

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:30 WIB

Kemenperin Pacu Substitusi Impor Industri Pengolahan Karet

Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan kemandirian industri dalam negeri dengan upaya aktif meningkatkan investasi dan mendorong program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:33 WIB

Picu Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Pemerintah Dorong Aktivitas Ekonomi Masyarakat dan Sektor Pariwisata

Kondisi perekonomian global tengah menunjukkan sejumlah perbaikan ditandai dengan terkendalinya laju inflasi, kenaikan harga energi yang tidak setinggi perkiraan semula, hingga adanya perubahan…