Gandeng KAGAMA dan NU, GETI Incubator Bakal Cetak SDM Kompeten Teknologi Informasi di Indonesia Timur

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Desember 2022 - 09:30 WIB

Pelarihan online teknologi informasi untuk UMKM di Mataram
Pelarihan online teknologi informasi untuk UMKM di Mataram

INDUSTRY.co.id - Mataram - PT Global Edukasi Talenta Incubator (GETI Incubator) bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) dan Universitas Nahdlatul Ulama (NU) menggelar pelatihan online di Kota Mataram.

Upaya tersebut guna mendukung geliat ekonomi dan industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gelaran MotoGP dan WSBK 2022 di Mandalika.

Direktur Utama GETI Incubator, Amalia Prabowo mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mencetak sumber daya manusia (SDM) kompeten dan profesional yang siap memenuhi kebutuhan berbagai industri, khususnya di sektor teknologi informasi dan pemasaran digital.

"Provinsi NTB dengan salah satu ikonnya, Sirkuit Mandalika akan terus tumbuh sehingga membutuhkan SDM kompeten di berbagai bidang, termasuk di dalamnya bidang TI dan pemasaran digital," kata Amalia dalam keterangan resminya (6/12).

Mengusung tema “Belajar Merancang Pemrograman Aplikasi Dasar Python Bagi Calon Pengembang Software”, pelatihan ini diselenggarakan secara tatap muka untuk memudahkan para peserta dalam menyerap materi.

Pelatihan ini juga dipaparkan langsung oleh instruktur praktisi TI baik teori hingga praktik secara langsung dengan total 15 jam pembelajaran. Pelatihan diikuti oleh 20 peserta dan dilaksanakan di ruang kelas laboratorium komputer Universitas NU. 

Penyelenggaraan pelatihan offline ini juga dihadiri oleh pejabat Pemerintah Provinsi NTB, pihak platform digital seperti Tokopedia dan Bukalapak, hingga para tokoh masyarakat Kota Mataram. 

Adapun, keikutsertaan KAGAMA dan NU diberikan dalam bentuk sarana penunjang kegiatan pelatihan, seperti ruang kelas dengan perangkat komputer, koneksi WIFI, proyektor, AC dan sebagainya.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mencetak peserta agar paham dan mampu menjalankan pemrograman dasar menggunakan bahasa Python, yang kemudian dapat menjadi tahap awal untuk mengembangkan aplikasi lanjutan terutama untuk mendukung industri UMKM di NTB,” ujar Jian Budiarto selaku instruktur utama. 

Jian menambahkan, bahasa pemrograman Phyton dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pembuatan game, baik offline maupun online, website maintenance, machine learning hingga mendukung fitur-fitur dalam media sosial yang berguna untuk UMKM di NTB tentunya.

Salah satu peserta pelatihan yang bekerja sebagai freelance, Faris mengatakan, pelatihan ini sangat bagus dan berguna untuk mencari pekerjaan di era pasca pandemi seperti sekarang ini. 

"Pematerinya juga sangat cerdas dan kompeten dalam membawakan kelas, sehingga pelatihannya mudah dimengerti dan menyenangkan," katanya.

Sementara Zora, peserta yang bekerja sebagai staf administrasi di Pemerintah Provinsi NTB, menyampaikan pentingnya pelatihan ini di dunia kerja dan berharap ada lebih banyak lagi pelatihan serupa di Kota Mataram dan daerah lainnya guna mempercepat SDM TI di daerah.

GETI Incubator akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak di seluruh Indonesia terutama dalam rangka mencetak SDM kompetitif berbasis teknologi informasi dan pemasaran digital baik untuk skala lokal maupun global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…