Gandeng KAGAMA dan NU, GETI Incubator Bakal Cetak SDM Kompeten Teknologi Informasi di Indonesia Timur

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Desember 2022 - 09:30 WIB

Pelarihan online teknologi informasi untuk UMKM di Mataram
Pelarihan online teknologi informasi untuk UMKM di Mataram

INDUSTRY.co.id - Mataram - PT Global Edukasi Talenta Incubator (GETI Incubator) bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) dan Universitas Nahdlatul Ulama (NU) menggelar pelatihan online di Kota Mataram.

Upaya tersebut guna mendukung geliat ekonomi dan industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gelaran MotoGP dan WSBK 2022 di Mandalika.

Direktur Utama GETI Incubator, Amalia Prabowo mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mencetak sumber daya manusia (SDM) kompeten dan profesional yang siap memenuhi kebutuhan berbagai industri, khususnya di sektor teknologi informasi dan pemasaran digital.

"Provinsi NTB dengan salah satu ikonnya, Sirkuit Mandalika akan terus tumbuh sehingga membutuhkan SDM kompeten di berbagai bidang, termasuk di dalamnya bidang TI dan pemasaran digital," kata Amalia dalam keterangan resminya (6/12).

Mengusung tema “Belajar Merancang Pemrograman Aplikasi Dasar Python Bagi Calon Pengembang Software”, pelatihan ini diselenggarakan secara tatap muka untuk memudahkan para peserta dalam menyerap materi.

Pelatihan ini juga dipaparkan langsung oleh instruktur praktisi TI baik teori hingga praktik secara langsung dengan total 15 jam pembelajaran. Pelatihan diikuti oleh 20 peserta dan dilaksanakan di ruang kelas laboratorium komputer Universitas NU. 

Penyelenggaraan pelatihan offline ini juga dihadiri oleh pejabat Pemerintah Provinsi NTB, pihak platform digital seperti Tokopedia dan Bukalapak, hingga para tokoh masyarakat Kota Mataram. 

Adapun, keikutsertaan KAGAMA dan NU diberikan dalam bentuk sarana penunjang kegiatan pelatihan, seperti ruang kelas dengan perangkat komputer, koneksi WIFI, proyektor, AC dan sebagainya.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mencetak peserta agar paham dan mampu menjalankan pemrograman dasar menggunakan bahasa Python, yang kemudian dapat menjadi tahap awal untuk mengembangkan aplikasi lanjutan terutama untuk mendukung industri UMKM di NTB,” ujar Jian Budiarto selaku instruktur utama. 

Jian menambahkan, bahasa pemrograman Phyton dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pembuatan game, baik offline maupun online, website maintenance, machine learning hingga mendukung fitur-fitur dalam media sosial yang berguna untuk UMKM di NTB tentunya.

Salah satu peserta pelatihan yang bekerja sebagai freelance, Faris mengatakan, pelatihan ini sangat bagus dan berguna untuk mencari pekerjaan di era pasca pandemi seperti sekarang ini. 

"Pematerinya juga sangat cerdas dan kompeten dalam membawakan kelas, sehingga pelatihannya mudah dimengerti dan menyenangkan," katanya.

Sementara Zora, peserta yang bekerja sebagai staf administrasi di Pemerintah Provinsi NTB, menyampaikan pentingnya pelatihan ini di dunia kerja dan berharap ada lebih banyak lagi pelatihan serupa di Kota Mataram dan daerah lainnya guna mempercepat SDM TI di daerah.

GETI Incubator akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak di seluruh Indonesia terutama dalam rangka mencetak SDM kompetitif berbasis teknologi informasi dan pemasaran digital baik untuk skala lokal maupun global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kampanye tutup botol berhadiah Private Fan Meeting bersama Bright Vachirawit ke Thailand.

Minggu, 29 Januari 2023 - 19:21 WIB

Bawa Bright Vachirawit Ke Indonesia, Ichitan Bikin Kejutan Tutup Botol Berhadiah Ratusan Juta Dan Fan Meeting Ke Thailand

Ichitan hadirkan kejutan dengan datangkan Bright Vachirawit ke Indonesia dan adakan tutup botol berhadiah Private Fan Meeting serta hadiah ratusan juta rupiah.

Presiden Jokowi bersama Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:50 WIB

Presiden Jokowi: ASEAN Penting dan Relevan bagi Kawasan dan Dunia

Presiden Joko Widodo meyakini bahwa ASEAN masih memiliki peran yang penting dan relevan bagi rakyat, baik di kawasan maupun di dunia. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam sambutannya…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:32 WIB

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Buka Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Hari Bebas Kendaraan…

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:24 WIB

Elpala Rayakan Hari Jadi dengan Mendayung di Ancol Jakarta

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala punya cara tersendiri dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke 37. Mereka merayakannya dengan mendayung bersama di Pantai Jimbaran, Taman Impian Jaya Ancol,…

BTN Pastikan Hasil Rights Issue Tepat Sasaran Untuk Masyarakat Punya Rumah

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:16 WIB

Menteri Keuangan Mendukung Langkah BTN Menjadi Kebanggaan Indonesia

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memulai tahun 2023 dengan optimisme, terlebih setelah mendapatkan suntikan dana segar senilai total Rp 4,13 triliun dari hasil penyelenggaraan Rights…