Laporan RSPO Soroti Dampak Utama Organisasi di Berbagai Indikator Keberlanjutan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Desember 2022 - 14:01 WIB

Chief Executive Officer RSPO, Joseph D'Cruz
Chief Executive Officer RSPO, Joseph D'Cruz

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemangku kepentingan utama rantai nilai minyak sawit global berkumpul di Pertemuan Tahunan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RT2022), pertemuan fisik pertama yang dilakukan sejak awal pandemi Covid-19. 

Tema RT2022 kali ini adalah "Meningkatkan Rantai Nilai Kelapa Sawit Berkelanjutan Melalui Aksi Bersama'". RT2022 diikuti oleh hampir seribu peserta, yang mewakili sektor-sektor utama di seluruh rantai nilai kelapa sawit, untuk berdiskusi lebih lanjut upaya-upaya memitigasi dampak perubahan iklim.

Pada kesempatan ini, RSPO meluncurkan Laporan Dampak terbarunya (2022), menyoroti dampak utama organisasi di berbagai indikator keberlanjutan. Laporan baru ini memperkenalkan Kerangka Kerja Dampak RSPO yang diselaraskan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs), yang dikodifikasikan ke dalam tujuh tema dampak: menghormati hak asasi manusia, pelibatan pekebun swadaya, perlindungan lingkungan, pencegahan kebakaran, membatasi perubahan iklim, memajukan sertifikasi dan pasar transformasi.

Laporan Dampak ini mengungkapkan beberapa pencapaian penting selama hampir dua dekade terakhir sejak RSPO didirikan, termasuk peningkatan luasan area yang sudah bersertifikat menjadi 4,5 juta hektar yang tersebar di 21 negara, dimana 301.020 hektar di antaranya telah dilestarikan dan dilindungi sebagai Kawasan High Conservation Value (HCV) melalui sertifikasi RSPO. 

Dalam hal hak asasi manusia, diperkirakan setengah juta pekerja perkebunan dan pabrik di seluruh dunia terwakili di bawah Prinsip dan Kriteria (P&C) RSPO melalui sertifikasi. Emisi gas rumah kaca yang telah dicegah sejak 2015 setara dengan hampir 400.000 mobil yang dikendarai setiap tahunnya. Kelompok pekebun swadaya yang terdiri dari hampir 5.000 petani di Sierra Leone menjadi Kelompok Pekebun Swadaya Mandiri pertama yang memperoleh sertifikasi di Afrika, salah satu negara terdepan dalam produksi minyak sawit.

"Keberlanjutan adalah sebuah perjalanan, dan bersama dengan tim saya dan semua anggota kami, RSPO akan terus merintis jalan bagi sektor kelapa sawit untuk menunjukkan bagaimana produksi kelapa sawit dan penggunaannya dapat menjadi kontributor penting untuk komitmen net zero; untuk mengangkat peran produksi kelapa sawit dalam memberikan kehidupan yang layak, bermartabat, dan kemakmuran bagi jutaan keluarga pedesaan di seluruh dunia berkembang untuk menunjukkan bagaimana perkebunan kelapa sawit regeneratif yang dikelola dengan baik dapat menjadi kontributor penting bagi konservasi spesies dan keanekaragaman hayati." kata Chief Executive Officer RSPO, Joseph D'Cruz yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (7/12/2022).

Anne Rosenbarger dan Dato Carl Bek-Nielsen, Ketua Bersama Dewan Gubernur RSPO, bersama-sama menyerukan tindakan terpadu untuk memaksimalkan potensi sektor ini guna mengubah rantai nilai minyak sawit secara berkelanjutan. 

"Pada saat komunitas global menuntut solusi nyata untuk menyelamatkan planet kita yang semakin memanas, RSPO dapat berperan aktif dalam mempercepat dampak positif dari pembangunan berkelanjutan. Anggota RSPO menjunjung tinggi komitmen tanggung jawab bersama mengacu pada tindakan kolektif semua pemangku kepentingan, terlepas dari posisi mereka dalam rantai nilai." ujar Anne.

Para anggota berpendapat bahwa RSPO juga harus menarik minat yang lebih besar dari pasar konsumen prioritas seperti Indonesia, India, Malaysia dan China, untuk memilih dan menggunakan produk minyak sawit berkelanjutan dan untuk bergabung dengan inisiatif bersama agar RSPO memiliki dampak transformatif pada pasokan dan permintaan global akan minyak sawit berkelanjutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:48 WIB

Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Mengawali kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma'ruf Amin, serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)…

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:15 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pupuk Subsidi Capai 16.770 Ton untuk Banten

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk bersubsisidi sebesar 16.770 ton untuk Provinsi Banten per tanggal 25 Januari 2022. Angka tersebut cukup memenuhi kebutuhan petani dalam beberapa…

SKIN+

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:36 WIB

Perawatan Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Tahun baru selalu diiringi dengan resolusi baru, mencapai kulit yang sehat dan glowing adalah salah satunya. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya.…

Menko Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismik Isolator PT Magdatama Multi Industri (MMI) di Karawang, Jawa Barat

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:30 WIB

Kemenperin Pacu Substitusi Impor Industri Pengolahan Karet

Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan kemandirian industri dalam negeri dengan upaya aktif meningkatkan investasi dan mendorong program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…