Groundbreaking IMC di Purwakarta, Menperin Agus: Indonesia Manufacturing Center Percepat Teknologi Industri

Oleh : Ridwan | Senin, 05 Desember 2022 - 13:20 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara langsung melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Indonesia Manufacturing Center (IMC) di di Plered, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (5/12).

Dibangun di atas lahan selus 11 hektare (Ha), pembangunan IMC akan dilakukan dalam dua (2) tahap. 

Adapun, untuk tahap pertama akan dibangun diatas lahan seluas 2 ha dengan pembiayaan APBN Kementerian Perindustrian yang mencakup pembangunan gedung manajeman dan bangunan teaching industry.

"Untuk tahap pengembangan IMC selanjutnya, saya mengharapkan pembiayaan pembangunan gedung-gedung teaching industry dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya dapat dilakukan melalui pola-pola kerja sama yang saling menguntungkan antara Pemerintah dengan swasta atau lembaga-lembaga penelitian Internasional," kata Agus.

Dikatakan Menperin Agus, IMC dirancang menjadi pusat kolaborasi bagi perusahaan industri, perguruan tinggi, lembaga penelitian, masyarakat industri dan pemerintah dalam mengembangkan dan meningkatkan penguasaan teknologi industri.

Ia berharap keberadaan IMC dapat membantu industri nasional dalam penguasaan teknologi melalui layanan pengembangan dan transfer teknologi, layanan pengembangan produk-produk industri, layanan pengembangan talent tenaga kerja industri, serta memfasilitasi jejaring kerja sama diantara para pemangku kepentingan.

Menurutnya, para pemangku kepentingan tersebut mempunyai peran penting di bidang pengembangan teknologi industri seperti perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian baik yang dimiliki oleh Pemerintah maupun swasta, para pelaku usaha, masyarakat atau komunitas dan Pemerintah atau yang sering disebut juga sebagai konsep kolaborasi Penta-Helix.

Untuk mewujudkan kolaborasi Penta-Helix yang efektif, lanjut Agus, Kemenperin juga memandang perlu melembagakan kolaborasi tersebut dalam suatu wadah yaitu IMC yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Bersamaan dengan pembangunan fisik IMC, saat ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga sedang menyiapkan suatu platform digital yang digunakan untuk proses pengumpulan dan analisis data dalam mendukung pengambilan keputusan terkait layanan IMC.

Platform digital tersebut rencananya dapat mulai dimanfaatkan pada 2023 yang akan menjadi komunikasi dan transaksi antara IMC dengan center of excellence perguruan-perguruan tinggi, lembaga riset serta perusahaan industri manufaktur dalam berkolaborasi secara virtual.

"Saya berharap IMC dapat terus berkembang secara dinamis, adaptif, dan inovatif menjadi suatu lembaga kolaborasi yang dapat memberikan layanan one stop solution bagi pemecahan masalah-masalah industri dalam hal penguasaan teknologi maupun berinovasi," pungkas Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…