Grup Musim Mas Menangkan RSPO Excellence Award Kategori Smallholder Impact Programme

Oleh : Hariyanto | Senin, 05 Desember 2022 - 10:29 WIB

Grup Musim Mas Menangkan RSPO Excellence Award
Grup Musim Mas Menangkan RSPO Excellence Award

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Organisasi Nirlaba Global untuk kelapa sawit berkelanjutan, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), menganugerahkan penghargaan Smallholder Impact Programme untuk program petani swadaya Grup Musim Mas pada tanggal 28 November 2022. Program petani swadaya yang dijalankan Grup Musim Mas merupakan yang terbesar di Indonesia. 

Sejak tahun 2015, lebih dari 40.000 petani swadaya telah memperoleh manfaat dari program ini, diantaranya mendapatkan pengetahuan untuk meningkatkan produksi secara berkelanjutan, serta peningkatan akses rantai pasok. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusi luar biasa Grup Musim Mas dalam meningkatkan keberlanjutan dan taraf petani swadaya.

“Kami merasa terhormat untuk menerima penghargaan ini dan terdorong untuk melanjutkan upaya dalam mendukung petani sebagai pemegang kunci yang akan mengarah pada perbaikan berkelanjutan di industri kelapa sawit.” kata Rob Nicholls, General Manager of Programs and Projects Musim Mas Group yag dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (5/12/2022).

Berdiri pada tahun 2004, RSPO merupakan inisiatif sukarela terkemuka yang bekerja untuk mentransformasi industri untuk menetapkan standar minyak sawit berkelanjutan. Pada acara tahunan Roundtable Conference 2022 yang diadakan di Shangri-La, Kuala Lumpur, RSPO Excellence Awards diberikan untuk menghormati anggota organisasi yang memiliki kinerja luar biasa di seluruh area yang berdampak penting. Pemenang penghargaan ditentukan oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan industri, akademisi, dan lembaga konservasi.

Musim Mas memulai program petani swadaya melalui Training for Smallholders pada tahun 2015 bersama International Finance Corporation (IFC), dimana program ini melatih petani swadaya meskipun mereka bukan merupakan pemasok langsung untuk Grup Musim Mas.

Petani swadaya sangat penting untuk minyak sawit berkelanjutan karena mereka menghasilkan lebih dari 40% produksi minyak sawit. Namun pada umumnya, petani menghadapi kendala karena kurangnya pengetahuan teknis tentang cara budidaya kelapa sawit yang berkelanjutan, dan kurangnya akses untuk medapatkan pupuk. Oleh karena itu, produktifitas petani lebih rendah dibandingkan perusahaan perkebunan. Selain itu, banyak juga dari mereka yang tidak memiliki akses ke rantai pasok yang lebih luas.

Program Training for Smallholders Grup Musim Mas mencakup modul tentang praktik perkebunan yang baik dan berkelanjutan untuk meningkatkan produktifitas, mencegah deforestasi, dan pada akhirnya mendorong petani swadaya untuk mengikuti sertifikasi berkelanjutan.

Grup Musim Mas memperluas program petani swadayanya menjadi pelatihan bagi petugas pertanian pemerintah. Pada tahun 2020, Musim Mas meluncurkan inisiatif Training for Trainers: Smallholders Hub, di mana program tersebut melatih petugas pertanian pemerintah daerah yang dikenal sebagai Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Nantinya, PPL dapat melatih lebih banyak lagi petani swadaya, yang secara efektif juga berfungsi sebagai program untuk peningkatan kapasitas bagi pemerintah daerah.

Program ini memungkinkan koordinasi tingkat lanskap antara pemerintah daerah, petani kelapa sawit, industri penyulingan, dan perusahaan consumer goods. Saat ini, program Smallholders Hub telah dilaksanakan di tujuh lokasi di seluruh Indonesia.

Lebih dari 40.000 petani swadaya telah mendapatkan manfaat dari program petani swadaya Grup Musim Mas selama bertahun-tahun, dan sekitar 350 PPL telah dilatih di tujuh lokasi Smallholders Hub. Petani swadaya yang telah dilatih memiliki lebih dari 83.000 hektar perkebunan kelapa sawit.

Penghargaan Smallholder Impact Programme merupakan bukti upaya Grup Musim Mas dalam membantu petani swadaya untuk mendapatkan pengetahuan, sumber daya, dan akses rantai pasokan, sehingga meningkatkan keberlanjutan dan taraf hidup petani sawit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:48 WIB

Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Mengawali kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma'ruf Amin, serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)…

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:15 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pupuk Subsidi Capai 16.770 Ton untuk Banten

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk bersubsisidi sebesar 16.770 ton untuk Provinsi Banten per tanggal 25 Januari 2022. Angka tersebut cukup memenuhi kebutuhan petani dalam beberapa…

SKIN+

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:36 WIB

Perawatan Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Tahun baru selalu diiringi dengan resolusi baru, mencapai kulit yang sehat dan glowing adalah salah satunya. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya.…

Menko Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismik Isolator PT Magdatama Multi Industri (MMI) di Karawang, Jawa Barat

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:30 WIB

Kemenperin Pacu Substitusi Impor Industri Pengolahan Karet

Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan kemandirian industri dalam negeri dengan upaya aktif meningkatkan investasi dan mendorong program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…