Misi Erick Thohir Bawa Indonesia Jadi Bangsa Pemenang via Satria Muda

Oleh : Wiyanto | Senin, 05 Desember 2022 - 10:02 WIB

Erick Thohir bersama pebasket
Erick Thohir bersama pebasket

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Tim basket Satria Muda menggelar selebrasi juara sekaligus reuni tim mereka pada Sabtu (3/12). Hadir dalam acara itu pemilik Satria Muda yang juga Menteri BUMN Erick Thohir. Erick membangun Satria Muda sejak akhir 1990-an. Sebelum diambil Erick, Satria Muda adalah tim peringkat terbawah dan kini tim itu adalah tim terbaik dalam sejarah bola basket Indonesia.

Erick pun menjelaskan rahasia di balik usahanya membangun Satria Muda. Menurut Erick misi utamanya adalah membentuk karakter dan jiwa petarung. Sejak awal Erick ingin Satria Muda sesuai dengan namanya untuk membentuk anak-anak muda memiliki jiwa pemenang layaknya kesatria.

"Satria Muda tak hanya sekadar prestasi tapi usaha kita membangun karakter sebuah bangsa, karakter generasi muda yang semakin baik. Apalagi kita di era kompetisi yang sangat tinggi hari ini," ujar Erick kepada sejumlah wartawan, Sabtu (3/12).

Erick yakin dengan jiwa pemenang, anak muda Indonesia akan mampu bersaing dengan negara manapun. Dengan membentuk karakter yang tangguh, Satria Muda bangkit dari tim juru kunci yang tak pernah memenangkan gelar juara, menjadi tim peraih 12 gelar juara nasional. Ke-12 gelar itu diraih sejak Erick mengambil alih tim.

Erick optimistis mental juara ini pula yang bisa membawa Indonesia memenangkan persaingan dengan negara lain. Sebagai contoh, keberhasilan tim basket Indonesia memupus dominasi tim basket Filipina pada ajang Sea Games. Padahal Filipina punya tim basket kelas dunia dan telah lebih dari 30 tahun mendominasi bola basket Asia Tenggara. Dengan mayoritas pemain Satria Muda, timnas Indonesia pun mampu menekuk Filipina pada Sea Games 2022 lalu.

"Dalam olahraga yang terpenting itu karakter. Kita lihat Korea di ajang piala dunia sepakbola kemarin, di last minute bisa lolos itu karena karakter fighting spiritnya. Begitu juga Jepang. Ini yang mesti kita tiru," ujar Erick.

Dengan fighting spirit dan karakter pemenang, Erick yakin Indonesia akan menjadi kekuatan utama negara dunia pada 2045. "Kita empat besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045," kata Erick menegaskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kampanye tutup botol berhadiah Private Fan Meeting bersama Bright Vachirawit ke Thailand.

Minggu, 29 Januari 2023 - 19:21 WIB

Bawa Bright Vachirawit Ke Indonesia, Ichitan Bikin Kejutan Tutup Botol Berhadiah Ratusan Juta Dan Fan Meeting Ke Thailand

Ichitan hadirkan kejutan dengan datangkan Bright Vachirawit ke Indonesia dan adakan tutup botol berhadiah Private Fan Meeting serta hadiah ratusan juta rupiah.

Presiden Jokowi bersama Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:50 WIB

Presiden Jokowi: ASEAN Penting dan Relevan bagi Kawasan dan Dunia

Presiden Joko Widodo meyakini bahwa ASEAN masih memiliki peran yang penting dan relevan bagi rakyat, baik di kawasan maupun di dunia. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam sambutannya…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:32 WIB

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Buka Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Hari Bebas Kendaraan…

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:24 WIB

Elpala Rayakan Hari Jadi dengan Mendayung di Ancol Jakarta

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala punya cara tersendiri dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke 37. Mereka merayakannya dengan mendayung bersama di Pantai Jimbaran, Taman Impian Jaya Ancol,…

BTN Pastikan Hasil Rights Issue Tepat Sasaran Untuk Masyarakat Punya Rumah

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:16 WIB

Menteri Keuangan Mendukung Langkah BTN Menjadi Kebanggaan Indonesia

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memulai tahun 2023 dengan optimisme, terlebih setelah mendapatkan suntikan dana segar senilai total Rp 4,13 triliun dari hasil penyelenggaraan Rights…