KADIN Indonesia Siapkan Penguatan Ekonomi Daerah dan Nasional

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 03 Desember 2022 - 17:40 WIB

Jokowi dan beberapa Menteri di Rapimnas Kadin
Jokowi dan beberapa Menteri di Rapimnas Kadin

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan agar sikap optimistis mesti terus digaungkan, terutama dalam soal perekonomian nasional.

Hal itu, kata, presiden berdasarkan dari pandangan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva yang mengatakan Indonesia merupakan titik terang dalam situasi ketidakpastian global karena mampu mengendalikan inflasi di angka 5,7 persen sementara dunia rata-rata sudah di atas 12 persen.

“Indonesia memiliki potensi dan kekuatan besar yang tidak dimiliki negara-negara lain.Indonesia secara geografis berada di jalur perdagangan dunia, kaya SDA, punya bonus tenaga kerja muda produktif. Ini harus dikelola dan dimanfaatkan sebaik seoptimal mungkin untuk menuju Indonesia Emas 2045,” kata Jokowi saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) 2022 kemarin siang di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut Presiden Jokowi menambahkan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia semakin kuat. Ini menjadi salah satu momentum penting bagi Indonesia dengan membangun ekosistem ekonomi besar yang komprehensif dan terintegrasi, terutama terkait dengan mobil listrik melalui kekayaan nikel dan bauksit yang dimiliki Indonesia.

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid dalam pembukaan RAPIMNAS 2022 mengatakan KADIN Indonesia sebagai mitra strategis sangat mengapresiasi langkah pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang terus bertumbuh di tengah kesuraman ekonomi global.

“KADIN Indonesia dan para pelaku usaha siap untuk bekerja bersama, mendukung pemerintah untuk terus memperkuat perekonomian negara, dengan semangat inklusif, kolaboratif, dan progresif dalam menghadapi segala tantangan yang akan kita hadapi kedepannya serta menjaga stabilitas politik dan ekonomi dalam negeri,” kata Arsjad.

Arsjad juga menambahkan, KEPPRES No 18/2022 tentang Perubahan AD/ART KADIN Indonesia yang disahkan Presiden Jokowi semakin menekankan posisi penting KADIN Indonesia sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha di Indonesia dan mitra strategi pemerintah sekaligus memperlihatkan peran sentralnya dalam perekonomian Indonesia. KADIN Indonesia memiliki peran sentral dalam perekonomian Indonesia dengan mendorong agar pemerintah dan dunia usaha berkolaborasi menjalankan prinsip perekonomian yang lebih inklusif, salah satunya melalui pengembangan dan pemberdayaan UMKM agar lebih maju dan naik kelas.

“Salah satu upaya KADIN Indonesia untuk membantu UMKM naik kelas adalah melalui Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi bulan Oktober lalu. KADIN Indonesia juga menciptakan sebuah platform digital untuk UMKM yang dinamakan Wikiwirausaha.id yang membantu UMKM untuk mendapatkan mitra, akses pasar, dan pembiayaan,” lanjut Arsjad.

Arsjad juga mengatakan KADIN Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045 dengan merumuskan sebuah roadmap bagi perusahaan multisektor yang menjadi salah satu program kerja prioritas dari KADIN Indonesia pada tahun 2023. Roadmap ini disusun agar segala upaya, program, dan inisiatif dapat lebih terkoordinasi dan terarah serta melibatkan banyak pemangku kepentingan sehingga menciptakan strategi yang inklusif.

“Diharapkan melalui Indonesia Incorporated dapat menghasilkan banyak inisiatif dan kerjasama antar KADIN Indonesia dengan pemerintah untuk menyukseskan keketuaan Indonesia di ASEAN Business Advisory Council 2023,” ucap Arsjad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…