Gaungkan Kampanye #PercayaEcopreneur Ecoxyztem Selenggarakan Indonesia Sustainability Fest 2022

Oleh : Hariyanto | Jumat, 02 Desember 2022 - 20:11 WIB

Ecoxyztem Selenggarakan Indonesia Sustainability Fest 2022
Ecoxyztem Selenggarakan Indonesia Sustainability Fest 2022

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia Sustainability Fest (ISF), program yang diinisiasi oleh Ecoxyztem dan didukung oleh Medco Foundation, diselenggarakan pertama kali di tahun ini sebagai bentuk komitmen berupa panggung apresiasi, silaturahmi, dan kolaborasi gotong-royong untuk bergerak secara konkrit dalam isu keberlanjutan. 

Sesuai dengan tema yang diusung #PercayaEcopreneur, Indonesia Sustainability Fest (ISF) menghadirkan 7 sesi yang terdiri dari talkshow, workshop, kompetisi standup comedy, hingga ecopreneurs gallery dan berkolaborasi dengan 45 pembicara, 22 mitra kolaborasi yang terdiri dari perwakilan pemerintah, korporasi, NGO/CSO, venture capital, akademisi, dan think thank; serta 26 startup/ecopreneur yang ikut terlibat.

Dr. Frans Teguh M.A.,Che. (Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menjelaskan bahwa program pengembangan inovasi bisnis seperti UMKM dan startup juga menjadi salah satu fokus dalam Peta Jalan Penguatan Ekosistem Ekonomi Digital oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Melalui Baparekraf for Startup (BEKUP), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19, sekaligus dalam rangka mendukung pertumbuhan startup digital di Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

“Kami terus mendorong peran dari UMKM & startup dengan peningkatan kapasitas pelaku yang telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Terutama dengan adanya gerakan startup hijau atau ecopreneur, hal ini akan membantu tugas kami jauh lebih dekat kepada misi kementerian kami untuk mendorong pembangunan yang berkelanjutan”, ujar Frans yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (2/12/2022).

Indonesia Sustainability Fest (ISF) yang diselenggarakan mulai dari tanggal 1 Desember 2022 diawali dengan Demo Day Startup Showcase di Soehannal Hall, The Energy Building hingga 2-3 Desember 2022 di Senayan Park (SPARK) Mall, Jakarta. Pada Demo Day Startup Showcase yang digagas oleh Medco Foundation berkolaborasi dengan Ecoxyztem, telah terpilih 10 startup yang melakukan pitching di depan para juri. 

Demo Day tersebut akan menyeleksi 5 pemenang utama yang akan diumumkan di akhir rangkaian kegiatan Indonesia Sustainability Fest (ISF). Roni Pramaditia, Ketua Medco Foundation, mengungkapkan alasan kerja sama penyelenggaraan dua event, yaitu Startup Showcase dan Indonesia Sustainability Fest 2022. 

“Kita ingin berkolaborasi dengan Indonesia Sustainability Fest (ISF) karena banyak peserta Startup Showcase yang merupakan startup yang sangat inovatif di bidang energi terbarukan, lingkungan, termasuk pengelolaan limbah. Ide-ide ini selaras dengan Indonesia Sustainability Fest (ISF) dalam kampanye mitigasi perubahan iklim,” kata Roni.

Mulai dari isu efisiensi energi dan penggunaan plastik sekali pakai hingga solusi permasalahan lingkungan melalui pendekatan desain produk dan kompetisi standup comedy sebagai media komunikasi yang dinikmati oleh masyarakat luas, Indonesia Sustainability Fest (ISF) diharapkan mampu menjadi panggung aspirasi bagi siapapun yang ikut berkontribusi mengatasi tantangan perubahan iklim melalui pengembangan inovasi bisnis di Indonesia. 

“Sejalan dengan apa yang sedang diusahakan oleh Pemerintah, pada tahun 2022 ini, Ecoxyztem sudah menjalankan berbagai program dan usaha untuk memperkuat jaringan wirahusaha lingkungan (ecopreneurs) di Indonesia. Mulai dari program eskalasi startup—Climate Innovation League, program akselerasi solusi akar rumput—Urban Innovation Challenge, dan juga rangkaian talkshow dan diskusi panel dalam beragam spefisik isu lingkungan. 

Di penghujung tahun 2022, kami mengundang seluruh stakeholders yang memiliki visi yang sama untuk menumbuhkan lebih banyak ecopreneurs di Indonesia. Melalui Indonesia Sustainability Fest (ISF) untuk memperkenalkan solusi bisnis lingkungan kepada masyarakat sekaligus menggaungkan kembali kampanye #PercayaEcopreneur,” tandas Jonathan Davy, CEO Ecoxyztem.

Di kesempatan yang sama, Muhammad Yusrizki (Ketua Tim Kerja KADIN Net Zero Hub) mengungkapkan bahwa semakin banyak penggunaan teknologi digital dapat mendorong solusi inovatif rendah atau bahkan netral karbon di Indonesia. Hal tersebut akan mendukung target pembangunan ekosistem nol emisi karbon di Indonesia. 

Dalam mencapai emisi nol bersih, diperlukan kerja sama antar sektor swasta dengan membangun sebuah ekosistem yang inklusif, dari perusahaan besar hingga startup, dari entitas bisnis hingga akademisi dan media. Komitmen tersebut tertuang melalui Program Net Zero Hub (NZH) yang diinisiasi oleh KADIN yang bertujuan untuk menjadi aggregator ekosistem, technical enabler, dan wadah bagi semua stakeholders yang bersedia untuk berkontribusi dalam perjalanan nol emisi karbon ini. 

“Untuk mencapai target net zero diperlukan kerjasama lintas institusi dan sektor. Kami sangat menyambut semua inisiatif baik untuk bersama-sama membangun ekosistem ini untuk mencapai target net zero di Indonesia.” jelasnya.

Selain dihadiri oleh keempat tokoh di atas, pembukaan Indonesia Sustainability Fest (ISF) yang dilaksanakan pada hari Jumat (02/12) juga turut dihadiri oleh Novrizal Tahar (Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Aris Mustafa (Koordinator Program Inisiatif Medco Foundation), dan Lishia Erza (Koalisi Ekonomi Membumi). 

ISF dilaksanakan hingga tanggal 3 Desember 2022 di Atrium Senayan Park Mall dan ditutup dengan adanya pemberian penghargaan terhadap 5 startup terbaik peserta Startup Showcase, dan 3 Komika terbaik yang dapat membawakan materi standup comedy dengan isu lingkungan.

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…