Ketua MPR RI Dukung Siswa Labschool Kebayoran Ciptakan Game Edukasi 4D Trash Game

Oleh : Herry Barus | Rabu, 30 November 2022 - 04:58 WIB

Ketua MPR RI Dukung Siswa Labschool Kebayoran Ciptakan Game Edukasi 4D Trash Game
Ketua MPR RI Dukung Siswa Labschool Kebayoran Ciptakan Game Edukasi 4D Trash Game

INDUSTRY.co.id - Jakarta- - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menerima Tim 4D Trash Game, siswa Kelas VIII SMP Labschool Kebayoran, Jakarta. Terdiri dari Darren Akbar Fibisono, Daffa Muhammad Hidayat, Daffi Muhammad Hidayat, dan Danish Ahmad Satria. Mereka menciptakan game online bernama '4D Trash Game: Save The Ocean'. 4D merupakan inisial nama Darren, Daffa, Daffi, dan Danish.

"Permainan tersebut ditujukan untuk siswa TK dan SD agar menumbuhkan kepedulian anak-anak pada lingkungan hidup. Khususnya, kebersihan laut seperti yang ada pada Sustainable Development Goals UNESCO. Pada game ini pemain diminta mengumpulkan sampah yang ada di laut. Permainan ini dibuat untuk kampanye mereka dalam science competition bulan Desember di Institute Teknologi Surabaya bekerjasama dengam IYSA - Indonesian Young Scientist Association," ujar Bamsoet usai menerima Tim 4D Trash Game, di Jakarta, Selasa (29/11/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, game yang edukatif menjadi sarana yang efektif bagi generasi muda dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Disisi lain, menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada tahun 2020 saja industri game menempati posisi ke-7 penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia. Sekaligus menyumbang sekitar Rp 24,88 triliun atau sekitar 2,19 persen sumbangan subsektor aplikasi dan game developer untuk PDB Nasional.

"Presiden Joko Widodo juga memiliki concern yang besar dalam pengembangan e-Sport dan industri gaming Indonesia agar bisa menjadi kekuatan ekonomi bangsa. Salah satu wujudnya, pemerintah terus mendukung agar kecepatan internet di Indonesia semakin meningkat, mengingat keberadaannya sangat penting sebagai salah satu infrastruktur krusial dalam industri game," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, dari laporan hasil Speedtest Global Index pada September 2021, terlihat kecepatan internet di Indonesia sudah naik empat peringkat di urutan ke-108 dari 138 negara dunia, dengan kecepatan download internet mobile rata-rata 23.12 Mbps dan upload 12.56 Mbps.

"Visi menjadikan Indonesia sebagai pemimpin e-Sports di kawasan Asia bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Karena sesungguhnya kita memiliki potensi yang dapat dieksplorasi dan dioptimalkan, sebagaimana telah ditunjukan oleh Tim 4D Trash Game," pungkas Bamsoet. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…