Pentingnya Strategi Bisnis Berkelanjutan, Sicepat Ekspres Beberkan Rahasianya dalam Olahkarsa CSR Outlook 2022

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 29 November 2022 - 19:19 WIB

Direktur Sumber Daya Manusia PT Kimia Farma Tbk Dharma Syahputra (kiri), Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati (tengah), dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo Terminal Petikemas Edi Priyanto (kanan) dalam roundtable discussion Olahkarsa: CSR Outlook 2022 pada Jumat (25/11).
Direktur Sumber Daya Manusia PT Kimia Farma Tbk Dharma Syahputra (kiri), Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati (tengah), dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo Terminal Petikemas Edi Priyanto (kanan) dalam roundtable discussion Olahkarsa: CSR Outlook 2022 pada Jumat (25/11).

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Menyadari pentingnya konsep sustainable business (bisnis berkelanjutan), SiCepat Ekspres turut terlibat dalam roundtable discussion CSR Outlook 2022 yang diselenggarakan oleh Olahkarsa. Bertajuk Creating Shared Value: A New Way of Doing Business, diskusi tersebut berlangsung secara offline di Jatiluhur Valley and Resort, Purwakarta, Jawa Barat pada Jumat (25/11).

Dalam pembahasan mengenai usaha membangun narasi positif tentang pentingnya peran Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai langkah maju bisnis yang berkelanjutan, Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres, Wiwin Dewi Herawati turut membagikan upaya yang telah dilakukan oleh SiCepat dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia secara eksklusif. Menurut Wiwin, bekerjasama dalam mendukung seller di Indonesia hingga saat ini masih menjadi fokus utama SiCepat dalam menjalankan bisnis.

“Meningkatnya jumlah rintisan usaha lokal terutama saat pagelaran KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu, membuat kami kembali menyadari adanya potensi besar dalam pertumbuhan UMKM. Memanfaatkan momentum tersebut, SiCepat melalui program CSR: UMKM Sanubari (Siap Bangkit Untuk Negeri) membina total lebih dari 3000 pelaku UMKM dalam webinar online selama 4 bulan sejak Juli hingga November,” tutur Wiwin.

Komitmen dukungan SiCepat kepada pelaku UMKM melalui program Sanubari tak hanya ditunjukkan melalui 12 sesi webinar dan Business Plan Competition saja, tapi juga melalui pembentukan komunitas Sanubari Network. SiCepat menyediakan wadah bagi UMKM yang telah berpartisipasi dalam program Sanubari untuk selanjutnya dibimbing dan dikelola melalui program pelatihan khusus dan program lanjutan yang memberikan benefit bagi rekan UMKM.

Dukungan lainnya juga ditunjukkan oleh SiCepat melalui adanya loyalty program bagi seller yang telah setia menggunakan layanan pengiriman SiCepat Ekspres. Program ini memberikan benefit bagi seller untuk mendukung aktivitas promosi digital melalui benefit seperti di antaranya foto dan video promosi produk. Tak hanya itu, SiCepat juga memberikan dukungan kepada seller berupa kebutuhan packaging melalui program loyalty program ini.

Sejalan dengan konsep ide bisnis berkelanjutan yang terus diterapkan, SiCepat telah menandatangani komitmen bersama dalam penerapan prinsip green corporate pada Selasa (22/11) lalu. Melalui komitmen ini, SiCepat menargetkan dapat menjadi perusahaan green Corporate dengan menjalankan konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dari hulu hingga hilir roda bisnisnya sesuai dengan standarisasi ISO 14000:2015.

Sebelumnya, komitmen green corporate tersebut sudah lebih dulu diimplementasikan dengan penggunaan motor listrik Volta sebagai kendaraan operasional SiCepat Ekspres. Peresmian kerjasama dengan pemesanan 10.000 unit motor listrik dengan sistem ganti baterai telah dilakukan pada Desember 2021 lalu. Melalui kerjasama tersebut, diharapkan dapat dapat memberi kontribusi positif terhadap perekonomian nasional berbasis ramah lingkungan.

Sejalan dengan tagline ‘Ketika Semua Jadi Mudah,’ melalui komitmen green corporate ini SiCepat Ekspres berharap dapat terus memberikan kontribusi nyata dalam membantu pemerintah untuk pelestarian lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:48 WIB

Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Mengawali kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma'ruf Amin, serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)…

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:15 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pupuk Subsidi Capai 16.770 Ton untuk Banten

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk bersubsisidi sebesar 16.770 ton untuk Provinsi Banten per tanggal 25 Januari 2022. Angka tersebut cukup memenuhi kebutuhan petani dalam beberapa…

SKIN+

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:36 WIB

Perawatan Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Tahun baru selalu diiringi dengan resolusi baru, mencapai kulit yang sehat dan glowing adalah salah satunya. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya.…

Menko Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismik Isolator PT Magdatama Multi Industri (MMI) di Karawang, Jawa Barat

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:30 WIB

Kemenperin Pacu Substitusi Impor Industri Pengolahan Karet

Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan kemandirian industri dalam negeri dengan upaya aktif meningkatkan investasi dan mendorong program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…