Pentingnya Strategi Bisnis Berkelanjutan, Sicepat Ekspres Beberkan Rahasianya dalam Olahkarsa CSR Outlook 2022

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 29 November 2022 - 19:19 WIB

Direktur Sumber Daya Manusia PT Kimia Farma Tbk Dharma Syahputra (kiri), Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati (tengah), dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo Terminal Petikemas Edi Priyanto (kanan) dalam roundtable discussion Olahkarsa: CSR Outlook 2022 pada Jumat (25/11).
Direktur Sumber Daya Manusia PT Kimia Farma Tbk Dharma Syahputra (kiri), Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati (tengah), dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo Terminal Petikemas Edi Priyanto (kanan) dalam roundtable discussion Olahkarsa: CSR Outlook 2022 pada Jumat (25/11).

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Menyadari pentingnya konsep sustainable business (bisnis berkelanjutan), SiCepat Ekspres turut terlibat dalam roundtable discussion CSR Outlook 2022 yang diselenggarakan oleh Olahkarsa. Bertajuk Creating Shared Value: A New Way of Doing Business, diskusi tersebut berlangsung secara offline di Jatiluhur Valley and Resort, Purwakarta, Jawa Barat pada Jumat (25/11).

Dalam pembahasan mengenai usaha membangun narasi positif tentang pentingnya peran Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai langkah maju bisnis yang berkelanjutan, Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres, Wiwin Dewi Herawati turut membagikan upaya yang telah dilakukan oleh SiCepat dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia secara eksklusif. Menurut Wiwin, bekerjasama dalam mendukung seller di Indonesia hingga saat ini masih menjadi fokus utama SiCepat dalam menjalankan bisnis.

“Meningkatnya jumlah rintisan usaha lokal terutama saat pagelaran KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu, membuat kami kembali menyadari adanya potensi besar dalam pertumbuhan UMKM. Memanfaatkan momentum tersebut, SiCepat melalui program CSR: UMKM Sanubari (Siap Bangkit Untuk Negeri) membina total lebih dari 3000 pelaku UMKM dalam webinar online selama 4 bulan sejak Juli hingga November,” tutur Wiwin.

Komitmen dukungan SiCepat kepada pelaku UMKM melalui program Sanubari tak hanya ditunjukkan melalui 12 sesi webinar dan Business Plan Competition saja, tapi juga melalui pembentukan komunitas Sanubari Network. SiCepat menyediakan wadah bagi UMKM yang telah berpartisipasi dalam program Sanubari untuk selanjutnya dibimbing dan dikelola melalui program pelatihan khusus dan program lanjutan yang memberikan benefit bagi rekan UMKM.

Dukungan lainnya juga ditunjukkan oleh SiCepat melalui adanya loyalty program bagi seller yang telah setia menggunakan layanan pengiriman SiCepat Ekspres. Program ini memberikan benefit bagi seller untuk mendukung aktivitas promosi digital melalui benefit seperti di antaranya foto dan video promosi produk. Tak hanya itu, SiCepat juga memberikan dukungan kepada seller berupa kebutuhan packaging melalui program loyalty program ini.

Sejalan dengan konsep ide bisnis berkelanjutan yang terus diterapkan, SiCepat telah menandatangani komitmen bersama dalam penerapan prinsip green corporate pada Selasa (22/11) lalu. Melalui komitmen ini, SiCepat menargetkan dapat menjadi perusahaan green Corporate dengan menjalankan konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dari hulu hingga hilir roda bisnisnya sesuai dengan standarisasi ISO 14000:2015.

Sebelumnya, komitmen green corporate tersebut sudah lebih dulu diimplementasikan dengan penggunaan motor listrik Volta sebagai kendaraan operasional SiCepat Ekspres. Peresmian kerjasama dengan pemesanan 10.000 unit motor listrik dengan sistem ganti baterai telah dilakukan pada Desember 2021 lalu. Melalui kerjasama tersebut, diharapkan dapat dapat memberi kontribusi positif terhadap perekonomian nasional berbasis ramah lingkungan.

Sejalan dengan tagline ‘Ketika Semua Jadi Mudah,’ melalui komitmen green corporate ini SiCepat Ekspres berharap dapat terus memberikan kontribusi nyata dalam membantu pemerintah untuk pelestarian lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…