Perpustakaan Bengkulu Diresmikan, Gubernur Rohidin Mersyah Janji Akan Kelola Secara Mandiri Dan Produktif

Oleh : Nina Karlita | Senin, 28 November 2022 - 20:09 WIB

Kepala Perpusnas, M. Syarif Bandi bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, resmikan Perpustakaan Provinsi Bengkulu.
Kepala Perpusnas, M. Syarif Bandi bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, resmikan Perpustakaan Provinsi Bengkulu.

INDUSTRY.co.id - Bengkulu  — Pemerintah Provinsi Bengkulu berkomitmen mengembangkan perpustakaan menjadi lebih inklusif serta mandiri. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyatakan pengelolaan perpustakaan harus dikelola secara mandiri dan produktif.

Hal ini disampaikan Gubernur Rohidin Mersyah usai meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Provinsi Bengkulu. Dia menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat atas bantuan yang diberikan dalam pembangunan perpustakaan.

“Dari sisi kemandirian ekonomi, sebuah perpustakaan harus mampu dikelola secara mandiri. Akan menjadi masalah apabila kita selalu mengharapkan APBD yang teralokasi untuk operasional perpustakaan atau menunggu suntikan dana dari pemerintah pusat,” ungkap Rohidin Mersyah, pada Senin (28/11/2022).

Gubernur Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa perpustakaan merupakan variabel penting untuk mendorong dan meningkatkan daya baca dalam mendalami ilmu pengetahuan.

“Dengan bahasa lain, tidak hanya sekedar merangkai huruf vokal dan konsonan. Namun, seseorang apabila literasinya baik, maka orang akan paham, kalau dia paham pola pikirnya akan terbentuk, kalau pola pikirnya terbentuk sikap perilakunya juga akan positif,” lanjut Gubernur Mehidin Mersyah.

Peresmian gedung perpustakaan dilakukan Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, bersama Gubernur Rohidin Mersyah.

Pemerintah Provinsi Bengkulu mendapat anggaran perluasan gedung perpustakaan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Subbidang Perpustakaan tahun anggaran 2021 sebesar Rp4,5 miliar.

Fasilitas tersebut kini sudah dapat dimanfaatkan oleh pelajar hingga masyarakat umum untuk mengakses informasi dan pengetahuan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas menyerahkan dokumen akreditasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Tahun 2022 yang mendapatkan nilai 94,30 dengan kategori A.

Syarif Bando mengatakan hasil akreditasi merupakan bentuk nyata komitmen yang ditunjukkan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mengimplementasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2022-2024 yang disampaikan Presiden Joko Widodo terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Kami juga mengapresiasi seluruh hasil pembangunan yang telah dicapai Bapak Gubernur Bengkulu dan jajarannya. Hari ini kita berada di sebuah institusi peradaban yang akan menjadi ruang belajar terbuka. Tinggal kebijakan Bapak Gubernur bersama Bupati dan Walikota agar gedung ini tidak pernah sepi karena setiap hari dikunjungi pelajar dari seluruh tingkat pendidikan,” terangnya.

Acara peresmian gedung perpustakaan dirangkaikan dengan acara Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarat di Provinsi Bengkulu.

Legislator Komisi X DPR RI, Dewi Coryati, menjelaskan bahwa Perpusnas telah aktif melakukan kajian terhadap tingkat kegemaran membaca yang menjadi salah satu tolok ukur tingkat literasi masyarakat Indonesia.

“Kabar baiknya, tingkat kegemaran memebaca Provinsi Bengkulu berada pada nilai 62,4 dari skala 0-100 dan masuk kategori baik menurut Perpusnas. Dengan rata-rata membaca 1 jam 40 menit per hari dan berada pada peringkat 12, tepat di bawah DKI Jakarta,” sebutnya.

Dewi juga menekankan pada era digital ini, pengembangan perpustakaan digital menjadi hal sangat penting sehingga bahan bacaan mudah diakses oleh masyarakat. Hal ini juga membuat kehadiran Perpusnas sangat dibutuhkan untuk memperluas pengetahuan dan fasilitas layanan perpustakaan digital.

“Perpusnas Republik Indonesia hadir di Bengkulu untuk memberikan dukungan kepada kita masyarakat Bengkulu agar akses terhadap sarana penunjang literasi di Bengkulu bertambah, salah satunya melalui diresmikannya gedung fasilitas layanan perpustakaan Provinsi Bengkulu ini ,” pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…