Saka Wira Kartika Kodim 1714 Puncak Jaya Kegiatan Pramuka Bagi Siswa SD

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 26 November 2022 - 04:30 WIB

Saka Wira Kartika Kodim 1714 Puncak Jaya Kegiatan Pramuka Bagi Siswa SD
Saka Wira Kartika Kodim 1714 Puncak Jaya Kegiatan Pramuka Bagi Siswa SD

INDUSTRY.co.id - Puncak Jaya- Dalam rangka memeriahkan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dan Hari Guru Nasional Tahun 2022, Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya melaksanakan kegiatan Pramuka bagi siswa dan siswi SD Inpres Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.

Kegiatan Pramuka yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 23 dan 24 November 2022 dibimbing oleh Kaka Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan upacara pembukaan dipimpin oleh Pasiter Kodim 1714/Puncak Jaya Letda Inf Hermansyah mewakili Dandim 1714/Puncak Jaya selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika, bertempat di halaman sekolah SD Inpres Mulia.

Dalam upacara tersebut, Pasiter Kodim 1714/Puncak Jaya Letda Inf Hermansyah didampingi oleh Kepala Sekolah SD Inpres Mulia selaku Mabigus dan Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya serta para Guru SD Inpres Mulia yang terlibat dalam Pramuka Siaga. Demikian keterangan dari Dispen TNi dan Pen Kodim 1714/Puncak Jaya.

Pasiter Kodim 1714/Puncak Jaya Letda Inf Hermansyah menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka para adik-adik hendaknya tetap selalu menjaga faktor keamanan dan kesehatan. Dan bagi para pembina dan guru agar selalu melaksanakan pengawasan melekat kepada adik-adik, terutama pada kegiatan di luar atau lapangan.

Pada kegiatan hari pertama perkemahan, Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya Serda Timisela mengajarkan berbagai materi bagi adik-adik Pramuka Siaga seperti materi Pramuka dan Kepramukaan, Struktur Organisasi Gerakan Pramuka, Implementasi Kode Kehormatan Pramuka Siaga dan Penggalang, Teknik Kepramukaan dan dilanjutkan dengan renungan/refleksi diri.

Di hari kedua, Serda Marselino Sayuai selaku Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya memimpin senam pagi bagi adik-adik Pramuka Siaga kemudian melaksanakan kegiatan longmarch berjarak 2,5 Km, karya bakti membersihkan lingkungan sekolah SD Inpres Mulia dan kegiatan pentas seni.

Kegiatan karya bakti membersihkan lingkungan sekolah bertujuan supaya adik-adik Pramuka selalu menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar dari usia dini.

Kepala Sekolah SD Inpres Mulia Ibu Oncelina Tekege,S.Pd atau disebut dengan Kaka Mabigus mengucapkan  terima kasih kepada Bapak Dandim 1714/Puncak Jaya serta kakak-kakak pembina dari Saka Wira Kartika yang telah meluangkan waktu untuk membantu para guru dan telah mengajarkan materi-materi Pramuka bagi siswa dan siswi kami. “Kiranya Tuhan senantiasa memberkati kakak pembina dalam tugas dan pengabdiannya,” ucapnya.

“Bagi  para guru dan para siswa/siswi, ilmu yang telah diberikan dari kakak pembina kiranya bisa menjadi bekal untuk nanti bisa dilanjutkan sampai tingkatan yang lebih tinggi lagi,” kata Ibu Oncelina.

Kaka Mabigus juga meminta agar kakak pembina dari Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya selalu membatu guru-guru kami untuk mengajarkan kegiatan Pramuka dikarenakan banyak guru-guru kami yang belum begitu paham tentang materi-materi Pramuka, serta bisa bisa berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kampanye tutup botol berhadiah Private Fan Meeting bersama Bright Vachirawit ke Thailand.

Minggu, 29 Januari 2023 - 19:21 WIB

Bawa Bright Vachirawit Ke Indonesia, Ichitan Bikin Kejutan Tutup Botol Berhadiah Ratusan Juta Dan Fan Meeting Ke Thailand

Ichitan hadirkan kejutan dengan datangkan Bright Vachirawit ke Indonesia dan adakan tutup botol berhadiah Private Fan Meeting serta hadiah ratusan juta rupiah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:32 WIB

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Buka Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Hari Bebas Kendaraan…

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:24 WIB

Elpala Rayakan Hari Jadi dengan Mendayung di Ancol Jakarta

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala punya cara tersendiri dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke 37. Mereka merayakannya dengan mendayung bersama di Pantai Jimbaran, Taman Impian Jaya Ancol,…

BTN Pastikan Hasil Rights Issue Tepat Sasaran Untuk Masyarakat Punya Rumah

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:16 WIB

Menteri Keuangan Mendukung Langkah BTN Menjadi Kebanggaan Indonesia

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memulai tahun 2023 dengan optimisme, terlebih setelah mendapatkan suntikan dana segar senilai total Rp 4,13 triliun dari hasil penyelenggaraan Rights…

Mahasiswa Digital Bisnis UNM

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:15 WIB

Kampus Digital Bisnis UNM, akan Hadirkan Digital Bisnis Festival 2023

Digital Bisnis Festival 2023 merupakan pagelaran kompetensi mahasiswa nasional bidang teknologi informasi, ekonomi dan bisnis. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia…