VRiB Permudah Wisatawan Dapatkan Tempat Tinggal di Bali bagi para Digital Nomad

Oleh : Ridwan | Jumat, 25 November 2022 - 11:15 WIB

Villa Rentals in Bali
Villa Rentals in Bali

INDUSTRY.co.id - Bali - Bali sudah lama menjadi magnet bagi kaum digital nomad. Daerah Canggu dan Ubud selalu masuk destinasi teratas yang masuk radar dan direkomendasikan sebagai tujuan nomad. 

Menurut indeks Nomadlist, situs yang me-ranking kota-kota di dunia yang banyak dipilih sebagai tempat nomad, selain karena biaya hidup yang relatif murah, dua daerah tersebut juga dianggap layak dan nyaman sebagai tempat kerja jarak jauh (remote work) karena menyediakan internet kecepatan tinggi, lingkungannya aman, dan ramah terhadap orang asing.

Fakta ini direspon oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KemenParekraf). Menteri Parekraf Sandiaga Uno menargetkan Bali sebagai tempat bekerja sekaligus berlibur atau workcation, bagi para digital nomad (pekerja jarak jauh). 

Dengan menjadikan Bali sebagai “top of mind” atau pilihan paling utama bagi para wisatawan mancanegara, diharapkan workcation untuk para digital nomad melahirkan durasi tinggal yang panjang dan berkualitas. 

Kemudahan dalam memperoleh visa pekerjaan maupun visa lainnya yang berkaitan dengan kegiatan digital nomad, menjadi prioritas program yang didorong oleh Kementerian Parekraf. 

Kalangan digital nomad pada umumnya lebih senang berlama-lama di suatu tempat untuk menikmati alam serta budaya masyarakat setempat. Dibandingkan turis biasa, para digital nomad menghabiskan waktu tinggal yang lebih lama di sebuah destinasi. 

Oleh karena itu, hal penting yang perlu menjadi perhatian adalah pilihan tempat tinggal bagi para digital nomad. 

Seperti yang kita ketahui, begitu banyak opsi tempat tinggal di Bali, dari mulai losmen hingga hotel berbintang lima. Namun fasilitas dan kenyamanan hotel berbintang bertentangan dengan pertimbangan ekonomis para digital nomad. 

Dalam hal ini, villa lahir sebagi destinasi alternatif untuk tempat tinggal digital nomad. Kendala yang selanjutnya muncul adalah dimana mayoritas pihak penyewa villa cenderung untuk memilih durasi sewa yang cukup lama, dari durasi tahunan bahkan lebih panjang. 

Menyiasati kendala itu, Villa Rentals in Bali (VRiB) menawarkan alternatif solusi berupa platform penyewaan villa berbasis web yang menawarkan fleksibilitas durasi penyewaan hingga periode harian dengan mensubsidi durasi penyewaan dengan rentang yang lebih lama sesuai dengan keinginan pemilik properti. 

“Kami menyadari bahwa banyak ekspatriat di Indonesia, termasuk para digital nomad, yang belum memiliki pemahaman cukup terkait praktek umum penyewaan properti, khususnya di Bali. Mereka memiliki kekhawatiran untuk melakukan transfer di muka dengan jumlah besar untuk penyewaan villa dalam periode yang panjang akibat keterbatasan pemahaman mereka mengenai hukum di Indonesia,” kata Bence Schmatovich, inisiator dari VRiB. 

Diharapkan kedepannya kendala yang dapat dijembatani oleh VRiB ini dapat meningkatkan animo ekspatriat atau digital nomad untuk tetap memilih Bali sebagai destinasi utama dalam kegiatan workcation yang direncanakan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…