Satgas TNI AL Peduli Cianjur Laksanakan Trauma Healing Kepada Anak2 Terdampak Bencana Gempa

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 November 2022 - 05:15 WIB

Satgas TNI AL Peduli Cianjur Laksanakan Trauma Healing Kepada Anak2 Terdampak Bencana Gempa
Satgas TNI AL Peduli Cianjur Laksanakan Trauma Healing Kepada Anak2 Terdampak Bencana Gempa

INDUSTRY.co.id - Cianjur- Satgas TNI AL Peduli Cianjur Laksanakan Trauma Healing Kepada Anak2 Terdampak Bencana Gempa menyempatkan waktu untuk memberikan hiburan dan pelajaran bagi anak-anak SD korban gempa di Taman Purwatasari, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kamis (24/11/2022).

Letda Laut (K) dr. Ady Prasojo bersama Serda APM Vina yang merupakan tim evakuasi dari Yonkes 1 Pasmar 1 Korps Marinir  di wilayah sektor Cianjur, telah berbagi keceriaan dengan murid SD.  Demikian keterangan dari Dispen Kormar.

Komandan Satgas Kesehatan TNI AL Peduli Gempa Cianjur Kolonel Laut (K) dr. Sujoko Purnomo, Sp.B mengatakan tim kesehatan kita melaksanakan trauma healing kepada anak anak pengungsi bersama sama dengan BPBD DKI  anak-anak tidak dapat mengikuti proses belajar di sekolah seperti biasanya.

“Karena sekolah mereka hancur rata dengan tanah akibat gempa data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur menyebutkan, terdapat 162 korban tewas, per Senin 21 November 2022 pukul 21:00 WIB.

Kisah haru semakin menyeruak saat diketahui mayoritas korban tewas Gempa Cianjur adalah anak-anak yang masih berada di dalam sekolah. Terangnya.

Dengan kesabaran dan keihlasan, kedua prajurit itu memberikan hiburan kepada anak-anak dengan cerita dongeng sambil belajar, membuat anak-anak tersebut tersenyum lepas.

Sesekali tertawa terbahak-bahak, sehingga mereka terlihat seolah-olah tidak memiliki duka dan beban akibat bencana.

“Kegiatan hiburan kepada anak-anak korban gempa disela-sela proses evakuasi ini merupakan salah satu bentuk trauma healing,” Jelas Dansatgas

Agar anak-anak tidak larut dalam kesedihan dan dapat menatap masa depan yang labih baik dan menjadi pribadi yang kuat.

“Kami juga menekankan kepada anggota tim evakuasi, dikala waktu istirahat dapat juga berinteraksi dengan anak-anak di pengungsian, agar mereka tidak larut dalam kesedihan sekaligus memberikan penghiburan kepada mereka dan memotivasi semangat mereka,” tambahnya.

Segala keterbatasan yang ada, Letda Ady bersama Serda Vina berharap kegiatan yang dilakukannya dapat mengobati rasa trauma mental bagi anak-anak SD di Cianjur.

Selain itu juga bertujuan untuk membangkitkan semangat dan niat belajar bagi anak-anak pasca gempa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Selasa, 06 Desember 2022 - 03:57 WIB

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 Tahun 2022. Acara pembukaan dipusatkan di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…