Ini Kata Dede Yusuf Soal Investasi Asing di Perguruan Tinggi

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 22 November 2022 - 15:48 WIB

Ketua Komisi IX DPR RI bidang Kesehatan Dede Yusuf
Ketua Komisi IX DPR RI bidang Kesehatan Dede Yusuf

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menyoroti investasi asing yang terjadi di perguruan tinggi di Indonesia. Pasalnya, ia mengaku menemukan hal semacam itu di beberapa daerah seperti di Serpong (Banten), Bandung (Jawa Barat), Singosari (Jawa Timur) dan Kura Kura (Bali). Oleh karena, menurutnya, izin investasi asing di perguruan tinggi hanya diperuntukkan untuk wilayah yang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Tapi, Bandung ini bukan KEK setahu saya. Jadi, apakah ini ada kaitannya dengan kebebasan investasi asing masuk dalam dunia pendidikan?” ungkap pria yang kerap disapa Kang Dede itu dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panja Perguruan Tinggi Komisi X dengan beberapa rektor yang menyelenggarakan Unit Pendidikan di Luar Kampus Utama seperti UB, ITB, UI, UGM dan UT, di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2022), seperti ikutip industry.co.id.

Investasi asing ini, menurutnya, sama seperti di rumah sakit. Ia menerangkan bahwa dulu ada anggapan bahwa kalau ada rumah sakit asing yang masuk investasi ke Indonesia tanpa ada kerjasama dengan rumah sakit di Indonesia, itu berpotensi terjadi satu pendanaan yang juga lari keluar.

“Yang kedua tidak terjadi transfer of knowledge. Jadi saya perlu masukan nih terutama dari UI,” lanjutnya.

Hal lainnya yang disoroti Dede Yusuf terkait masukan dari Rektor Universitas Terbuka (UT). Rektor Universitas Terbuka sampaikan bahwa selama ini lebih banyak menerima mahasiswa yang sudah bekerja. Padahal, secara data, banyak para siswa lulusan SMA yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi karena terkendala masalah biaya.

“Harapan kami, jangan hanya (menerima mahasiswa) yang bekerja saja. Justru mahasiswa-mahasiswa yang saat ini masih banyak (putus sekolah tidak melanjutkan ke perguruan tinggi). Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah itu kan kita harus nambah terus,” terang Politisi Fraksi Partai Demokrat itu.

Menanggapi itu, Rektor UT menyampaikan prinsip dasar yang melekat pada UT, yakni aksesibel. Di mana setiap warga negara Indonesia yang telah lulus SMA dapat menempuh pendidikan di UT tanpa batasan  tahun kelulusan ijazah, usia, jarak domisili, dan limitasi ekonomi keluarga.

Selain itu, UT memiliki karakteristik fleksibel. Seperti tidak adanya tes masuk kuliah di UT dan dibebaskan untuk menentukan sendiri masa penyelesaian studinya. Selain itu, sistem pembelajaran di UT memungkinkan setiap siswanya mengikuti kuliah tanpa harus berpisah atau lepas dari kampung halaman maupun pekerjaannya.

Karena itu, Dede pun menilai perlu ada penjelasan lebih komprehensif biaya pendidikan. Hal itu guna semakin banyak orang yang akhirnya bisa meneruskan dari SMA kepada perguruan tinggi.

“Jadi jangan hanya yang masuk kampus (UT) itu nanti lebih banyak orang yang kerja, yang ingin meningkatkan grade-nya. Jadi yang kita butuhkan saat ini adalah lebih banyak sumber daya manusia yang sampai pada level perguruan tinggi,” tutup Dede. Parlementaria.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Personel Korem 174/ATWyang dipimpin oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih TA. 2022 oleh Kakumdam…

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Selasa, 06 Desember 2022 - 03:57 WIB

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 Tahun 2022. Acara pembukaan dipusatkan di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…