Fans Bola Indonesia Dibikin Kaget, Pengusaha Malaysia Jadi Investor Terbaru di Sepakbola Inggris

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 11 November 2022 - 08:09 WIB

 Ananth also helms new position as International President for AFC Wimbledon
Ananth also helms new position as International President for AFC Wimbledon

INDUSTRY.co.id, Kuala Lumpur-Pengusaha Malaysia Dato' Ananth S. Nathan menanamkan investasi pada Klub Liga Premier Inggris Wimbledon FC yang berganti nama menjadi AFC Wimbledon pada 2002. Lewat investasi ini, Ananth menjadi pemegang saham individual kedua terbesar, serta salah satu dari beberapa pemilik klub sepakbola Eropa asal Asia.

Pada tahun yang luar biasa ini, tepatnya ketika sosok yang berlatar belakang Asia menduduki jabatan terkemuka di Inggris—Perdana Menteri Rishi Sunak baru saja memegang jabatan pada Diawali—Ananth kini juga menyandang jabatan baru sebagai International President, AFC Wimbledon.

AFC Wimbledon (dijuluki "the Dons"), dan Stadion Plough Lane yang ternama, mencatat sejarah jatuh bangun dalam dunia olahraga. Klub sepakbola ini secara kontroversial terpisah dari komunitasnya setelah dijatuhi sebuah keputusan dari komisi Perserikatan Sepakbola pada 2002. AFC Wimbledon harus mengalami relokasi, serta mengubah nama dan struktur kepemilikan.

Klub ini pun lalu berinkarnasi lewat kampanye yang digerakkan penggemar, serta penggalangan dana bernilai jutaan pound untuk merenovasi stadionnya.

Meski belum pernah menyaksikan tim ini bermain di kandang ternamanya Plough Lane, Ananth mengalami sendiri kisah perjuangan dan kejayaan, serta segera terhubung dengan kegigihan AFC Wimbledon. "Pada 2010, saya menjalani kesulitan dalam kehidupan pribadi dan profesional. Dengan dukungan keluarga dan teman dekat, saya berhasil bertahan. Seperti burung phoenix, saya bangkit dari debu dan terbang ke atas," ujarnya.

Ananth berkata, "Semangat komunitas yang kuat dan romantika sejarah klub merupakan unsur penggerak penting di balik investasi tersebut. Kisah AFC Wimbledon akan menyentuh Malaysia dan seluruh Asia."

Mencatat pertumbuhan selanjutnya di Asia

Di negara asalnya, Malaysia, Ananth menjabat President, Malaysia Esports Federation, serta menjadi pionir komunitas Esports di Asia Tenggara. Sukses merevitalisasi bisnis dalam naungan perusahaannya AIRMARINE, bergerak di bidang logistik dan rantai pasok terintegrasi, Ananth menilai dirinya akan menggerakkan masa depan baru bagi AFC Wimbledon.

Dia pun ingin memadukan perspektif dan koneksi di Asia dengan pengalaman luasnya di bidang Esports untuk membangun prestasi dan basis penggemar the Dons yang luar biasa.

Sederet rencana yang penuh terobosan telah disusun, termasuk pertandingan the Dons melawan tim nasional Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia, serta mengembangkan Wimbledon Academy di Asia guna membina keahlian dan pengalaman pemain, serta membangun clubhouse lokal sebagai tempat penggemar menonton pertandingan langsung.

Ananth juga bervisi untuk menjadikan stadion Plough Lane sebagai basis Esports terkemuka, serta merintis perkembangan besar di industri inovatif tersebut.

"Saya ingin meningkatkan nilai tambah lewat Wimbledon Esports Division. Menurut laporan, pasar gaming global mencapai nilai US$ 173 miliar pada 2021, serta segera menembus US$ 314 miliar pada 2027. Potensi ini harus dimanfaatkan," tutup Ananth.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…