Saksikan Defile Alutsista, Presiden Jokowi: Bentuk Kesiapan TNI Hadapi Perubahan Geopolitik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:11 WIB

Presiden Jokowi memimpin Upacara HUT ke-77 TNI, Rabu (05/10/2022), di halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Jay)
Presiden Jokowi memimpin Upacara HUT ke-77 TNI, Rabu (05/10/2022), di halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Jay)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menyaksikan defile pasukan dan pawai alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang digelar di jalan sekitar Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu, 5 Oktober 2022. Defile dan pawai alutsista tersebut digelar selepas upacara peringatan ke-77 Hari TNI.

Dalam keterangannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa alutsista yang ditampilkan dalam defile tersebut merupakan bentuk kesiapan Indonesia dalam menghadapi tantangan geopolitik global.

“Ini adalah sebagian kecil dari alutsista yang kita miliki dan kesiapan dalam kita menghadapi ancaman dan tantangan di dalam perubahan geopolitik global. Ini harus betul-betul siap,” ujar Presiden kepada awak media.  Demikian informasi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Defile pasukan dan pawai alutsista diawali dengan persembahan keterampilan kolone senapan oleh prajurit TNI AL. Presiden Jokowi tampak bertepuk tangan sebagai bentuk apresiasi terhadap keahlian dan kekompakan yang ditampilkan oleh para prajurit.

Setelah itu, Presiden dan Ibu Iriana disuguhkan dengan penampilan drumben dari Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD). Dengan iringan tabuhan musik dari drumben, selanjutnya sejumlah kendaraan alutsista melintas di hadapan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam defile tersebut, ditampilkan beberapa jenis alutsista yang berasal dari tiga matra TNI. TNI Angkatan Darat menampilkan 15 jenis alutsista, mulai dari kendaraan Komodo, Astros, hingga V-150.

TNI Angkatan Laut mempersiapkan 8 jenis alutsista yang dapat disaksikan oleh masyarakat seperti Sea Reader RIB Marine, Howitzer 105 mm, hingga kendaraan penjinak bom. Sedangkan, TNI Angkatan Udara menampilkan 11 jenis alutsista yaitu kendaraan P6 ATAV, DMV 30, Oerlikon Sky Shield, hingga Smart Hunter SH 711.

Pada kesempatan terpisah, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan bahwa alutsista yang dipamerkan oleh TNI merupakan alutsista tercanggih yang dimiliki negara hingga saat ini.

“Total ada 72 (unit), 9 (unit) diantaranya digelar di depan Istana persis. Mereka adalah alutsista yang tercanggih hingga saat ini, walaupun usianya juga sebetulnya tidak baru,” kata Panglima TNI.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…