Bertemu Mendag AS Gina Raimondo, Dubes Rosan: Amerika Serikat Dukung Penuh Presidensi G20 Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Oktober 2022 - 10:54 WIB

Dubes Rosan Bertemu Mendag AS Gina Raimondo
Dubes Rosan Bertemu Mendag AS Gina Raimondo

INDUSTRY.co.id - Washington DC - Setelah tidak terselenggara selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, KBRI Washington DC kembali menggelar acara Resepsi Diplomatik merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 beberapa waktu lalu.

Bertempat di Hotel Willard yang terletak di sisi timur Gedung Putih, resepsi dihadiri lebih dari 500 tamu undangan. Para undangan berasal dari kalangan pejabat pemerintah, anggota parlemen dan senat, korps diplomatik negara sahabat, pebisnis, lembaga think-tanks, tokoh masyarakat, hingga organisasi internasional di Amerika Serikat.

Mewakili Pemerintah AS, Menteri Perdagangan Gina Raimondo hadir sebagai Tamu Kehormatan. Resepsi juga dihadiri oleh tamu-tamu VVIP yaitu Anggota Kongres AS Eric Swalwell (Demokrat-California), Ted Deutch (Demokrat-Florida), Daniel J. Krittenbrink (Assistant Secretary of State for East Asian and Pacific Affairs), Raymond Duda (Assistant Director, International Operations Division, FBI), LTG Laura A. Potter (Deputy Chief of Staff, G-2 U.S. Army), Mari Elka Pangestu (Direktur Utama Pengembangan Kebijakan dan Kerjasama, Bank Dunia, serta Jedidiah P. Royal (Principal Deputy Assistance Secretary of Defense for Indo-Pacific Affairs).

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan P. Roeslani menggarisbawahi kedekatan sejarah serta hubungan Indonesia dan AS yang sama-sama menganut prinsip demokrasi dalam bernegara. “Semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia hidup dalam konstitusi 1945, dan E. Pluribus Unum milik Amerika Serikat, “out of many, one”, identik dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu persatuan dalam keberagaman” kata Rosan dalam keterangan resmi yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu (5/10/2022).

Menanggapi situasi global yang kini penuh dengan ketidakpastian, Dubes Rosan tekankan pentingnya untuk mengedepankan kolaborasi dan kerja sama guna mengatasi berbagai tantangan global.

“Pada masa krisis, orang bijak memilih untuk membangun jembatan, bukan membangun penghalang. Kita harus menemukan cara untuk menjaga satu sama lain, seolah-olah kita adalah satu suku” ujar Dubes Rosan yang meminjam kalimat bijak dari film Marvel, Black Panther, yang kemudian disambut dengan tepuk tangan meriah dari para tamu undangan.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh pemerintah AS terhadap kesuksesan presidensi Indonesia di G20, serta berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan kerjasama dan kolaborasi dengan Indonesia.

“Indonesia merupakan mitra AS yang sangat penting di kawasan. Saya sepakat dengan Dubes Rosan, bahwa melalui kerja sama yang baik antara AS dan Indonesia, kita pasti dapat meraih pencapaian yang luar biasa bagi kedua negara” ucap Menteri Raimondo yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur wanita pertama di negara bagian Rhode Island (2015-2021).

Ia menambahkan, Kementerian Perdagangan AS dalam waktu dekat akan mengadakan tiga misi  besar ke Indonesia, yaitu Advanced Manufacturing Business Development Mission (Oktober 2022), Aerospace and Defense Trade Mission (November 2022), dan Trade Winds (Maret 2023).

Selepas penyampaian sambutan, Dubes Rosan pun mengundang Menteri Raimondo bersama tamu VVIP lainnya pada prosesi pemotongan Tumpeng sebagai bentuk penghormatan dan harapan terhadap hubungan Indonesia-AS yang lebih erat di masa mendatang.

Selain mencicipi aneka kuliner khas Indonesia seperti gado-gado, rendang, dan bakso, tamu undangan juga disuguhkan dengan penampilan musik gamelan dan tarian Bali.

Pada penghujung acara, resepsi menghadirkan penampilan khusus dari musisi dan komposer legendaris David Foster, yang diiringi oleh penyanyi dan aktris Katharine McPhee, finalis kompetisi American Idol tahun 2006.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.