Kunci Sukses dr Robby Hermawan Dalam Memberikan Diagnosis Melalui Aplikasi Alodokter

Oleh : Herry Barus | Selasa, 04 Oktober 2022 - 15:50 WIB

dr. Robby Hermawan, SpOG
dr. Robby Hermawan, SpOG

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Perkembangan teknologi di bidang kesehatan membawa manfaat terhadap masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dengan munculnya telemedicine, dimana pasien dapat dengan mudah mengakses beragam layanan kesehatan melalui smartphone-nya di mana saja dan kapan saja, termasuk berkonsultasi mengenai keluhan penyakitnya kepada dokter tepercaya untuk mendapatkan diagnosis akurat.

Hal ini menjadi tugas Alodokter untuk membangun rasa percaya bahwa konsultasi antara dokter dan pasien melalui aplikasi kesehatan juga sama efektifnya, yang mana terbukti dengan dr. Robby Hermawan, SpOG, yang berhasil memperoleh review sempurna dari 10,000 lebih pengguna Alodokter.

dr. Robby mendapatkan gelar kedokterannya setelah menamatkan pendidikannya di Universitas Diponegoro, Semarang. Berpraktik di RSIA Hermina Mutiara Bunda di Salatiga, Jawa Tengah, tidak menghentikan beliau untuk membantu pasien dari seluruh Indonesia melalui Alodokter. Sejak bergabung dengan Alodokter 3 tahun silam, kemampuan dr. Robby dalam menenangkan pasiennya sangat membantu ia untuk mendapatkan kepercayaan dari para pasiennya. Hal ini terbukti dari banyaknya tuaian pujian yang datang ke arahnya dari berbagai penjuru Indonesia.

Dalam menangani kasus melalui telemedicine, dr. Robby Hermawan, SpOG, atau yang biasa dipanggil dr. Robby, sangat menekankan pentingnya bagi dokter untuk bisa mendapatkan dan menjaga kepercayaan pasien. Saat pasien memberikan keluhannya, langkah pertama yang ia lakukan adalah memastikan pasiennya tenang secara psikologis. Dengan psikis yang tenang, pasien cenderung lebih percaya dan menerima diagnosis dan anjuran dari dokter.

“Penting untuk dokter bisa memberikan konsultasi online dengan maksimal dan memberikan analisa yang tepat rasa kepada pasien. Yang esensial adalah tangani emergency, berikan pasien ketenangan psikologis, dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahami pasien supaya mereka merasa tenang dan aman.” ujar dr. Robby Hermawan, SpOG.

Memang dengan konsultasi lewat aplikasi Alodokter, dokter tidak bisa melihat langsung reaksi pasien sehingga tidak bisa menambahkan penilaian kenyamanan pasien, namun hal ini justru mendorong dr. Robby untuk menanyakan pertanyaan anamnesis dengan lebih jeli dan menyeluruh. Tak hanya itu, hasil USG atau Pap smear pasien sebelumnya selalu diminta olehnya untuk mendukung hasil konsultasi lewat fitur chat dokter.

Meskipun terdapat beberapa hambatan yang ditemukan dalam menangangi konsultasi via telemedicine, dr. Robby menyiasatinya dengan memberikan artikel yang mudah dimengerti kepada para pasien untuk mereka baca, dan dr. Robby juga selalu siap menjawab pertanyaan yang diberikan apabila pasien membutuhkan panduan.

 

“Dari awal, dr. Robby selalu memberikan perpaduan yang tepat antara pendidikan dan pengetahuan klinis terbaik dengan semangat yang kuat untuk memberikan perawatan yang terbaik bagi para pasiennya. Dokter seperti dr. Robby ini lah mengapa kami bisa memberikan layanan kesehatan terlengkap dan unggul di setiap langkah perjalanan medis masyarakat Indonesia” kata Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter.

dr. Robby selalu percaya bahwa telemedicine dapat meningkatkan pemberian layanan medis mudah, terjangkau, dan berkualitas di seluruh pelosok Indonesia. Ia percaya bahwa pemerintah perlu memperluas jaringan internet sehingga masyarakat Indonesia di pelosok manapun bisa mengakses layanan kesehatan dari mana pun dan kapan pun dengan biaya yang rendah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…