Hari Kopi Sedunia 2022: Nespresso Soroti Urgensi Lindungi Perkebunan Kopi dari Dampak Perubahan Iklim

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Oktober 2022 - 11:25 WIB

George Clooney
George Clooney

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam memperingati Hari Kopi Sedunia pada tanggal 1 Oktober 2022, Nespresso, perusahaan mesin dan kapsul kopi  secara global mengambil langkah yang lebih tegas dan berani dengan menyoroti ancaman dari perubahan iklim terhadap produksi kopi secara global dan menilik upaya untuk melindunginya.

Kampanye global terbaru yang bertajuk The Empty Cup ini menampilkan duta merek George Clooney dengan cangkir kosong sebagai simbol dari risiko dan tantangan yang dihadapi banyak petani kopi di seluruh dunia, termasuk 140.000 orang yang bermitra dengan Nespresso.

Saat ini, 60 persen dari spesies kopi liar terancam punah dan 50 persen dari lahan yang saat ini digunakan untuk menanam kopi berpotensi menjadi tidak layak untuk digunakan pada tahun 2025. Kopi Arabika berkualitas tinggi juga menjadi salah satu jenis kopi yang rentan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Selama 20 tahun, melestarikan dan melindungi perkebunan kopi berkualitas tinggi telah menjadi hal yang hakiki dalam strategi Nespresso. Diluncurkan pada tahun 2003 dengan Rainforest Alliance, AAA Sustainability QualityTM Program milik Nespresso kian bantu tingkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen kopi sembari melindungi lingkungan seerta meningkatkan kesejahteraan komunitas petani.

Rangkaian pelatihan dan dukungan teknologi dari program tersebut bertujuan untuk mendukung petani berskala kecil guna menghasilkan biji kopi pilihan bermutu tinggi dengan metode pertanian berkelanjutan.

Selain memberdayakan komunitas petani dengan melindungi lahan dari perubahan cuaca ekstrim, memerangi penyebab perubahan iklim juga perlu perhatian tinggi untuk memastikan produksi kopi berkualitas yang berkelanjutan. Hal ini telah diwujudkan oleh Nespresso melalui pertanian regeneratif: sebuah pendekatan yang tak hanya mengurangi emisi dari sektor pangan berbasis pertanian atau agri-food, namun juga meningkatkan ketangguhan para petani dalam menanggulangi dampak perubahan iklim.

Kampanye The Empty Cup ini menjadi kali pertama bagi duta merek Nepresso George Clooney untuk diabadikan dengan pose khasnya yang menyesap kopi espresso, hanya saja dengan cangkir yang kosong.

George Clooney mengatakan, ancaman perubahan iklim adalah hal yang nyata dan petani kopi menjadi kelompok yang paling terdampak. Untuk itu, komunitas kopi perlu memiliki ketahanan terhadap lingkungan dan finansial yang tinggi agar mereka dapat terus berkembang dan hidup dengan makmur, yang telah menjadi komitmen dari pendekatan Nespresso.

"Akan tetapi, semua ini tidak hanya tentang kopi saja. Permasalahan perubahan iklim tidak dapat diperbaiki hanya dengan satu perusahaan atau industri tertentu, namun dibutuhkan urgensi dan aksi yang lebih tegas secara mendunia untuk masa depan yang lebih baik.” kata George Clooney yang dikutip INDUSTRY.co.id  Selasa (4/10/2022).

Guillaume Le Cunff, CEO dari Nespresso mengungkapkan bahwa kopi dengan rasa istimewa, kualitas tinggi, dan paduan spesial yang lekat dengan para penggemarnya saat ini menjadi terancam. Secara serentak, perkebunan dan komunitas kopi dari ancaman perubahan iklim harus dilindungi.

"Ini telah menjadi dasar prinsip pendekatan Nespresso selama 20 tahun, dan kami berkomitmen untuk semakin melangkah lebih maju. Pertanian regeneratif dapat menjadi solusi untuk melawan krisis iklim karena dapat menyembuhkan alam dan mengembalikan keseimbangan. Saya bangga bahwa Nespresso telah menjadi pelopor dalam transisi ini, namun kita tetap mesti melakukan hal yang lebih baik lagi. Kami memanggil seluruh institusi - pemerintah maupun swasta - untuk mengambil keputusan dan aksi dalam membuat perubahan yang nyata," katanya.

Menurut Santiago Gowland, CEO dari Rainforest Alliance, lebih dari seperempat emisi gas dihasilkan dari sektor pertanian, kehutanan dan penggunaan lahan lainnya. "Dalam mengambil tindakan yang lebih cepat dan tanggap untuk mengatasi perubahan iklim, cara kita menghasilkan pangan juga perlu diprioritaskan. Kabar baiknya, transisi ke pertanian regeneratif dapat menurunkan dampak emisi gas yang dihasilkan dari sektor pertanian dan dapat menjaga sistem pangan global untuk generasi yang akan datang," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan