Pendapatan The LEGO Group Bertambah Sebesar 17% di Semester 1 2022 Berkat Penerapan Pertumbuhan yang Strategis

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Oktober 2022 - 10:27 WIB

The LEGO Group
The LEGO Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta - The LEGO Group mencatat pendapatan bertambah 17 persen di semester pertama 2022 menjadi 27,0 miliar krone Denmark dibanding dengan periode yang sama di tahun 2021. Penambahan pendapatan tersebut didukung oleh permintaan yang kuat.

Berkontribusi pada pertumbuhan pangsa pasar global, pembelian konsumen pun tumbuh sebesar 13 persen yang menjadikan The LEGO Group yang terdepan di industri permainan. 
 
“Kami memulai awal yang kuat pada tahun 2022 dan kami sangat puas dengan kinerja yang berada di luar ekspektasi setelah tahun  2021 yang luar biasa. Terlepas dari ketidakpastian yang terjadi di dunia, kami terus memberikan penjualan konsumen yang tinggi dan pertumbuhan laba sampai sebesar dua digit," kata Niels B. Christiansen selaku, CEO the LEGO Group yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (3/10/2022).

Christiansen juga menyebut, pertumbuhan ini didorong dengan permintaan yang tinggi terhadap rangkaian produk yang luas dan beragam didukung dengan eksekusi oleh tim yang luar biasa. “Di seluruh dunia, kita merayakan ulang tahun yang ke-90 dari the LEGO Group dan kami sangat senang setelah hampir satu abad LEGO® play tetap relevan dan terus menginspirasi banyak keluarga dan anak-anak.” katanya.
 
Pertumbuhan pendapatan yang kuat dan arus kas bebas memungkinan the LEGO Group untuk mempercepat inisiatif strategis secara strategis dan mengimbangi inflasi biaya bahan baku, energi dan pengangkutan dengan tetap menjaga angka laba operasi tetap stabil di 7,9 miliar krone Denmark. 
 
Di setengah tahun pertama 2022, the LEGO Group berfokus pada perluasan kapasitas produksi dan pembangunan tingkat inventaris yang lebih sehat seraya meningkatkan produktivitas setelah periode yang diperpanjang dengan tingkat pertumbuhan yang luar biasa dan kapasitas maksimal pada tahun 2021.

Karena percepatan investasi ini, arus kas bebas adalah 3,8 miliar krone Denmark, dibandingkan dengan 5,8 miliar krone Denmark pada periode yang sama tahun lalu. Laba bersih tetap kuat di 6,2 miliar krone Denmark, menyamai hasil luar biasa pada periode yang sama di tahun lalu. 
 
“Kami kerap melihat permintaan yang kuat dalam produk kami. Dalam jangka panjang, kami memperkirakan pertumbuhan pesat akan menyesuaikan ke tingkat yang lebih berkelanjutan. The LEGO Group juga akan terus berinvestasi kembali dalam bisnisnya dan mempercepat inisiatif dalam inovasi produk, digitalisasi, kapasitas produksi, jaringan ritel dan sustainability untuk mempertahankan momentum dan memberikan pertumbuhan berkelanjutan dengan waktu yang lama. Investasi yang signifikan ini akan memposisikan brand dengan baik di masa depan dan membawa pembelajaran melalui permainan kepada lebih banyak anak di seluruh dunia.” kata Christiansen
 
Di enam bulan pertama dari tahun 2022, penjualan konsumen tumbuh di seluruh kelompok pasar dengan hasil kinerja yang sangat kuat terutama di benua Amerika, Eropa Barat, dan Asia Pasifik. Pertumbuhan ini didukung oleh permintaan yang kuat terhadap rangkaian produk yang luas dan beragam. Rangkaian produk terlaris di semester pertama termasuk LEGO® Star Wars™, LEGO® Technic, LEGO® Icons (sebelumnya Creator Expert), LEGO® City, LEGO Harry Potter™ dan LEGO® Friends.
 
Rangkaian produk tahun ini merupakan rangkaian terbesar yang pernah dan tersedia berbagai set dengan tingkat kesulitan yang beragam untuk seluruh usia, termasuk produk LEGO yang lengkap untuk berbagai minat dan hobi yang disukai para pelanggan kami, mulai dari seni, desain, mobil hingga musik, sekaligus olahraga dan ruang angkasa.
 
Di bulan April, the LEGO Group mengumumkan kemitraan jangka panjang bersama Epic Games. Kedua perusahaan akan bergabung untuk menciptakan pengalaman digital yang seru dan aman untuk anak-anak di metaverse. Ini terinspirasi dari kemungkinan tanpa batas melalui LEGO brick. 
 
The LEGO Group telah memperluas jaringan toko globalnya di enam bulan pertama, membuka 66 toko LEGO baru diantaranya ada 46 toko di Tiongkok. Ini menjadikan jumlah toko menjadi 833 secara global. Kemampuan e-commerce juga telah diperkuat di seluruh platform online milik the LEGO Group dan para mitra. 
 
Pada bulan Juni, the LEGO Group secara resmi juga telah membuka Digital Hub di Kopenhagen juga dengan meluaskan tim digital global hampir 40 persen dalam enam bulan pertama tahun 2022. Selama periode tiga tahun kedepan, the LEGO Group berkomitmen untuk memperbesar angka koleganya sampai sebesar 1.800 kolega secara global. Melalui penguatan e-commerce, peningkatan infrastruktur digital dan mendorong transformasi digital di seluruh perusahaan. 
 
The LEGO Group telah membuat kemajuan terhadap ambisinya untuk membuat kemasan dari bahan yang sustainable pada akhir tahun 2025. Di setengah tahun 2022, akan mulai meluncurkan kemasan yang berbasi kertas dalam kotak LEGO di Eropa. 
 
Dalam bulan Juni, the LEGO Group juga telah mengumumkan rencana untuk membuka pabrik yang dijalankan dengan netral karbon di Virginia, Amerika Serikat (menjadikan pabrik kedua setelah di Vietnam). Kebutuhan energi di kedua lokasi akan diimbangi dengan energi dari onsite renewable sources. 
 
The LEGO Foundation menerima 25 persen dividen dari the LEGO Group, mereka telah menjanjikan donasi dengan nominal lebih dari 1 miliar krone dari 6 bulan pertama 2022. Donasi ini bertujuan untuk mendukung keluarga yang membutuhkan dan juga perkembangan anak kecil. Beberapa program yang didanai termasuk juga kompetisi global yang bertujuan untuk memberikan: anak-anak di seluruh dunia awal hidup yang terbaik, dukungan untuk anak-anak dengan neurodivergent, dan untuk keluarga dan anak kecil yang terdampak perang di Ukraina. 
 
“Kami beruntung kinerja keuangan the LEGO Group sangat baik sehingga kami dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan berinvestasi di masa depan perusahaan. Kami pun ingin mengenalkan konsep belajar melalui bermain kepada anak-anak dimanapun mereka berada.” pungkas Christiansen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…