Tragedi Kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Kornas Jokowi Desak Presiden Segera Bentuk TGPF

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Oktober 2022 - 07:54 WIB

Suasana kerusakan di Stadion Kanjuruhan. (Foto: detikJatim)
Suasana kerusakan di Stadion Kanjuruhan. (Foto: detikJatim)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pertandingan sepakbola yang berakhir dengan menelan ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang Jawa Timur, 1 Oktober 2022 berhasil menyita perhatian publik baik dalam dan dari luar negri. 

Demikian reaksi tersebut juga datang dari loyalis Presiden Joko Widodo. Kornas Jokowi menilai bahwa hilangnya ratusan korban jiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan perlu dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF), pasalnya hilangnya ratusan nyawa tersebut harus dilihat dari kacamata yang lebih objektif. Sehingga peristiwa tersebut semakin terang benderang. 

"Pertama-tama kami turut berduka cita atas meninggalnya ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang kemarin Sabtu, 1 Oktober 2022. Semoga pihak keluarga diberikan kekuatan dan ketegaran oleh Tuhan Yang Maha Esa. Tentu dengan adanya tragedi kemanusiaan ini sangat kita sesalkan kenapa bisa terjadi. Tapi bukan berarti kita langsung dapat menyimpulkan dan memvonis siapa yang salah," ujar Ketua Umum Kornas Jokowi Abdul Havid Permana, Senin (3/10/2022).   

Saat ini lanjut Havid, bukan waktunya untuk mencari siapa yang bersalah dan bertanggungjawab atas terjadinya tragedi kemanusiaan tersebut, namun saat ini lanjut dia, sebaiknya semua pihak dapat meringankan terlebih dahulu keluarga korban yang ditinggalkan dan fokus dengan kemungkinan jatuhnya lagi korban jiwa.

"Menurut hemat kami, saat ini belum waktunya kita menyalahkan dan menghakimi salah satu pihak siapa yang bertanggungjawab. Oleh karena itu, ada baiknya kita fokus aja dulu dengan kemungkinan adanya lagi korban jiwa, atau paling tidak kita bersama dapat meringankan keluarga korban lebih dulu. Dibandingkan kita saling tuding," papar Havid. 

Untuk itu pihaknya meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk segera membentuk TGPF untuk mengungkap apa penyebab peristiwa tersebut dapat terjadi agar menjadi lebih terang benderang.

"TGPF dibentuk, diharapkan tim ini nantinya bisa menemukan fakta-fakta lapangan. Dan hasilnya dilaporkan kepada presiden secara langsung. Apakah ada salah satu pihak yang menyalahi SOP atau justru ada unsur lainnya?" terang Havid.

Selain itu, pihaknya juga memaklumi kemarahan publik dengan adanya kemungkinan kesalahan prosedur dalam pengendalian massa, akan tetapi ia meminta kepada publik untuk dapat menahan diri agar tidak menyudutkan salah satu pihak yang justru akan mengaburkan subtansi masalah yang sebenarnya.

 "Tentunya kami sangat memaklumi kemarahan publik yang menganggap salah satu pihak menyalahi prosedur dan aturan sehingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Tapi pula kita harus hati-hati dalam menyimpulkan yang bukan domain kita, akibatnya bisa terbentuk opini publik yang justru akan mengaburkan subtansi masalah siapa yang sebenarnya bertanggunjawab atas terjadinya tragedi kemanusiaan itu," tutup Havid.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…