PUPR Goes to Campus, Menteri Basuki Ajak Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Nusa Cendana Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

Oleh : Hariyanto | Minggu, 02 Oktober 2022 - 17:17 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

INDUSTRY.co.id - Kupang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2022 kembali melaksanakan agenda menyapa mahasiswa dan mahasiswi dalam acara PUPR Goes To Campus di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/10/2022).

Acara yang bertajuk "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dengan Generasi Muda yang Tangguh dan Adaptif" tersebut juga menyajikan Bincang Seru Kisah Inspiratif bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Staf Khusus Milenial Presiden RI Billy Mambrasar,  Rektor Undana Maxs U. E. Sanam. 

Di depan lebih dari 1500 civitas akademika Undana, Menteri Basuki menyampaikan motivasinya agar dapat menjadi generasi muda yang tangguh dan adaptif. "PUPR Goes to Campus ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada generasi muda agar bisa menjadi petarung yang kuat karena kompeten dan profesional, berani karena berintegritas, dan berjiwa seni untuk berinovasi," kata Menteri Basuki. 

Ditambahkan Menteri Basuki, untuk menjadi petarung yang tangguh maka jangan pernah berhenti belajar untuk dapat terus beradaptasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat. Namun ditambahkan Menteri Basuki, pintar saja tidak cukup namun juga harus memiliki akhlakul karimah sehingga keberadaan kita memberikan rasa aman, nyaman dan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

"Semua bisa mencapai prestasi tertinggi. Jadilah petarung untuk bisa mendapatkan beasiswa sekolah sampai setinggi-tingginya. Sekolah mengubah jalan hidup, jadi jangan lelah sekolah. Yakinlah anda bisa bersaing unuk terus mendapatkan beasiswa sekolah bahkan hingga ke mancanegara," pesan Menteri Basuki. 

Dikatakan Menteri Basuki bahwa Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini berfokus untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, di samping terus melanjutkan pembangunan infrastruktur. Sejumlah infrastruktur telah dibangun untuk pengembangan NTT diantaranya yang telah selesai yakni Bendungan Raknamo, Bendungan Rotiklot, Bendungan Napun Gete, Jalan Sabuk Merah Kawasan Perbatasan NTT, Jembatan Petuk Kupang, PLBN Wini, PLBN Motaain, dan Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Labuan Bajo.

Dalam acara tersebut, Menteri Basuki juga meresmikan Rumah Susun Undana yang telah selesai pada 2021 dengan anggaran Rp16,04 miliar dan saat ini sudah dihuni. Rusun setinggi 3 lantai dengan kapasitas 43 unit untuk 172 orang tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas meubelair seperti  lemari, tempat tidur, kursi, dan meja belajar.

Rektor Universitas Nusa Cendana Maxs U. E. Sanam dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas acara yang digagas oleh Kementerian PUPR. Menurutnya tema acara ini sangat beririsan dengan program kampus Merdeka Belajar dan program kampus Undana untuk menciptakan mahasiswa yang unggul yang dapat beradaptasi di tengah era teknologi digital. 

"Kami mendukung sekali tema ini, para mahasiswa sangat antusias, mahasiswa yang hadir memenuhi ruangan auditorium Undana. Terima kasih telah memilih Undana untuk program PUPR Goes to Campus kali ini," kata Maxs.

Acara Bincang Seru yang digelar di Auditorium Undana Kupang, diikuti dengan antusias oleh peserta. Hangatnya topik pembahasan membuat semua mahasiswa yang hadir enggan untuk beranjak dari kursi dan mengikuti acara hingga selesai. Selain acara Bincang Seru, PUPR Goes To Campus 2022 juga menyuguhkan aneka perlombaan dan hiburan band oleh Obi and friends. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…