Janji Dirut PD Pasar Jaya Tentang Revitalisasi Pasar Blok A Segera di Realisasikan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:49 WIB

Andrian Lame Muhar, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas
Andrian Lame Muhar, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Giat kerja Gubernur DKI Jakarta mengenai pasar yang berada di bawah naungan PD Pasar Jaya sebagai salah satu BUMD mendapat tanggapan positif dari para pedagang pasar. Para pedagang pasar sebagai salah satu komponen rakyat DKI,  merasa nasib usahanya diperhatikan pimpinan dari DKI tersebut.

Andrian Lame Muhar, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas mengatakan, pihaknya sudah mendengar kabar bahwa tanggapan Inkoppas direspon baik oleh Gubernur DKI Jakarta.

"Saya sudah dengar berita, tanggapan kita di respon baik oleh Gubernur, Alhamdullilah kemarin Dirut PD Pasar Jaya sudah datang ke Koppas Blok A. Kita sudah terbantu, kita sudah berdiskusi banyak tentang pasar blok A, dan memang harus ada gebrakan oleh koppas blok A agar Dirut PD pasar jaya datang," ungkap Andrian yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (2/10/2022).

Pihaknya juga menyatakan bahwa beberapa pasar sudah terbangun. Menurutnya, pada kesempatan tersebut Gubernur Anis juga mengingatkan agar tidak ada permainan di pasar. "Seperti yang pernah saya kutip, semua surga dan dosa ada di pasar. Jadi tinggal bagaimana pengelola pasar itu bisa berkiprah bertindak adil kepada pedagang," cetusnya.

Sehinggga, kata Andrian, pedagang nyaman berada di pasar yang mereka kelola. Selainitu, keamanan, ketentraman, juga harus di bentuk secara baik dan konfrehensif, sehingga pedagang pasar itu tidak berfikir macam- macam kepada pengelola, apabila ada retribusi mereka juga akan membayar dengan ontime, apabila ada kendala- kendala dengan pengelola pasar bisa di selesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat.

" Saya rasa itu teguran yang sangat baik untuk BUMD di DKI supaya mereka berbenah diri, dan menjadikan PD pasar Jaya menjadi BUMD yang lebih baik lagi, di bandingkan sebelumnya" ungkap Andrian

PD Pasar Jaya salah satu BUMD yang menjadi Eksekutor di bidang pasar dalam hal pengelolaan pasar, baik segi keamanan, kebersihan, ketentraman, bahkan penghasilan dari DKI di dapat dari retribusi  dari PD Pasar Jaya, yang di pungut dari pedagang pasar

Mengenai Management dari semua BUMD, kata Andrian, seperti diketahui hampir semua management pasti ada permasalahan- permasalahan yang perlu di selesaikan dengan baik, "Terutama BUMD yang terkait pasar, pasti banyak menemui kendala- kendala, saya rasa tinggal menyikapinya saja," ujarnya.

"Paling banyak friksi ada pedagang dan kepala pasar, masalah keamanan, masalah musyawarah dan mufakat, contoh penetapkan retribusi, penetapan harga parkir yang di dalam, pungli- pungli yang ada selalu menjadi simpang siur yang terjadi di pasar. Makanya pedagang jika pengelolanya tidak aware terhadap itu mereka akan berontak, jika berontak maka terjadi demo- demo, sampai terjadi pembakaran pasar, dan lainnya," inbuhnya.

Mengenai hasil pertemuan Dirut PD Pasar Jaya dengan padagang, Andrian menyebut bahwa dari kepala koppas blok A belum ada laporan ke Inkoppas, "Insya Allah selasa depan,  kemarin info sementara yang saya terima dari kepala koppas blok A, Dirut PD Pasar Jaya ingin cepat- cepat merealisasikan revitalisasi yang ada di pasar Blok A," terangnya.

"Mereka sedang menunggu proses PKS antara Developer yang di tunjuk, mungkin BUMD juga dengan pa Gubernur, kami mendorong supaya sebelum masa Gubernur habis yaitu tanggal 16 oktober apabila ada PKS yang di tandatangani harus cepat di selesaikan, supaya tidak terkendala kembali, karena nanti ada Pltnya,  dan  nanti Plt mundur lagi sampai pemilihan Gubernur yang baru itu yang kita dorong, jadi jika ada PKS, surat- menyurat  yang harus ditandatangani oleh Gubernur DKI selaku pemimpin tertinggi atasannya dari BUMD Pasar Jaya," ungkapnya.

Jadi, menurut Andrian, harus di lakukan sebelum pergantian atau pemberhentian Gubernur tanggal 16 oktober 2022. Dia juga menerangkan, PD Pasar Jaya hanya memberikan informasi secara verbal terhadap pedagang blok A, yang dilakukan pertemuannya di kantor Koppas Blok A, dan realisasinya belum. "Tapi pihak PD sudah memberikan informasi ABC sampai Z penanganan permasalahan pasar blok A, mudah- mudahan kita terus mendorong, agar minggu- minggu ini cepat terealisasi," ujarnya

"Timeline nya cepat di kasih tau ke kami sehingga kami bisa melihat berapa lama untuk proses PKS, sehingga proses administrasi proses revitalisasi pasar blok A cepat terlaksana dengan baik. Kawan- kawan pedagang kemarin hanya mendengar janji- janji verbal dari pihak PD Pasar Jaya dan jika terealisasi maka pedagang akan murka kembali," ucap Andrian.

Andrian menyebut para pedagang saat ini benar- benar memantau perkembangan PD Pasar Jaya mengenai revitalisasi blok A, "Jadi saya rasa senin besok perwakilan pasar Blok A juga akan menanya kembali kepada PD Pasar Jaya sudah sampai mana prosesnya. Saya belum mendapat secara rinci mengenai hasil pembicaraan kemarin, mungkin dari koppas blok A akan Report apa yang terjadi kemarin dengan PD Pasar Jaya," ujarnya.

Andrian mengatakan, datangnya PD Pasar Jaya juga dadakan ketika kawan- kawan pedagang sudah marah, kemudia. besoknya Dirut PD Pasar hadir ke pasar blok A, "Makanya kita dari Inkoppas kaget juga, reaksi mereka sangat cepat, mudah- mudahan bisa di realisasi karena jika tidak pedagang akan murka kembali," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…