Janji Dirut PD Pasar Jaya Tentang Revitalisasi Pasar Blok A Segera di Realisasikan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:49 WIB

Andrian Lame Muhar, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas
Andrian Lame Muhar, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Giat kerja Gubernur DKI Jakarta mengenai pasar yang berada di bawah naungan PD Pasar Jaya sebagai salah satu BUMD mendapat tanggapan positif dari para pedagang pasar. Para pedagang pasar sebagai salah satu komponen rakyat DKI,  merasa nasib usahanya diperhatikan pimpinan dari DKI tersebut.

Andrian Lame Muhar, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas mengatakan, pihaknya sudah mendengar kabar bahwa tanggapan Inkoppas direspon baik oleh Gubernur DKI Jakarta.

"Saya sudah dengar berita, tanggapan kita di respon baik oleh Gubernur, Alhamdullilah kemarin Dirut PD Pasar Jaya sudah datang ke Koppas Blok A. Kita sudah terbantu, kita sudah berdiskusi banyak tentang pasar blok A, dan memang harus ada gebrakan oleh koppas blok A agar Dirut PD pasar jaya datang," ungkap Andrian yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (2/10/2022).

Pihaknya juga menyatakan bahwa beberapa pasar sudah terbangun. Menurutnya, pada kesempatan tersebut Gubernur Anis juga mengingatkan agar tidak ada permainan di pasar. "Seperti yang pernah saya kutip, semua surga dan dosa ada di pasar. Jadi tinggal bagaimana pengelola pasar itu bisa berkiprah bertindak adil kepada pedagang," cetusnya.

Sehinggga, kata Andrian, pedagang nyaman berada di pasar yang mereka kelola. Selainitu, keamanan, ketentraman, juga harus di bentuk secara baik dan konfrehensif, sehingga pedagang pasar itu tidak berfikir macam- macam kepada pengelola, apabila ada retribusi mereka juga akan membayar dengan ontime, apabila ada kendala- kendala dengan pengelola pasar bisa di selesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat.

" Saya rasa itu teguran yang sangat baik untuk BUMD di DKI supaya mereka berbenah diri, dan menjadikan PD pasar Jaya menjadi BUMD yang lebih baik lagi, di bandingkan sebelumnya" ungkap Andrian

PD Pasar Jaya salah satu BUMD yang menjadi Eksekutor di bidang pasar dalam hal pengelolaan pasar, baik segi keamanan, kebersihan, ketentraman, bahkan penghasilan dari DKI di dapat dari retribusi  dari PD Pasar Jaya, yang di pungut dari pedagang pasar

Mengenai Management dari semua BUMD, kata Andrian, seperti diketahui hampir semua management pasti ada permasalahan- permasalahan yang perlu di selesaikan dengan baik, "Terutama BUMD yang terkait pasar, pasti banyak menemui kendala- kendala, saya rasa tinggal menyikapinya saja," ujarnya.

"Paling banyak friksi ada pedagang dan kepala pasar, masalah keamanan, masalah musyawarah dan mufakat, contoh penetapkan retribusi, penetapan harga parkir yang di dalam, pungli- pungli yang ada selalu menjadi simpang siur yang terjadi di pasar. Makanya pedagang jika pengelolanya tidak aware terhadap itu mereka akan berontak, jika berontak maka terjadi demo- demo, sampai terjadi pembakaran pasar, dan lainnya," inbuhnya.

Mengenai hasil pertemuan Dirut PD Pasar Jaya dengan padagang, Andrian menyebut bahwa dari kepala koppas blok A belum ada laporan ke Inkoppas, "Insya Allah selasa depan,  kemarin info sementara yang saya terima dari kepala koppas blok A, Dirut PD Pasar Jaya ingin cepat- cepat merealisasikan revitalisasi yang ada di pasar Blok A," terangnya.

"Mereka sedang menunggu proses PKS antara Developer yang di tunjuk, mungkin BUMD juga dengan pa Gubernur, kami mendorong supaya sebelum masa Gubernur habis yaitu tanggal 16 oktober apabila ada PKS yang di tandatangani harus cepat di selesaikan, supaya tidak terkendala kembali, karena nanti ada Pltnya,  dan  nanti Plt mundur lagi sampai pemilihan Gubernur yang baru itu yang kita dorong, jadi jika ada PKS, surat- menyurat  yang harus ditandatangani oleh Gubernur DKI selaku pemimpin tertinggi atasannya dari BUMD Pasar Jaya," ungkapnya.

Jadi, menurut Andrian, harus di lakukan sebelum pergantian atau pemberhentian Gubernur tanggal 16 oktober 2022. Dia juga menerangkan, PD Pasar Jaya hanya memberikan informasi secara verbal terhadap pedagang blok A, yang dilakukan pertemuannya di kantor Koppas Blok A, dan realisasinya belum. "Tapi pihak PD sudah memberikan informasi ABC sampai Z penanganan permasalahan pasar blok A, mudah- mudahan kita terus mendorong, agar minggu- minggu ini cepat terealisasi," ujarnya

"Timeline nya cepat di kasih tau ke kami sehingga kami bisa melihat berapa lama untuk proses PKS, sehingga proses administrasi proses revitalisasi pasar blok A cepat terlaksana dengan baik. Kawan- kawan pedagang kemarin hanya mendengar janji- janji verbal dari pihak PD Pasar Jaya dan jika terealisasi maka pedagang akan murka kembali," ucap Andrian.

Andrian menyebut para pedagang saat ini benar- benar memantau perkembangan PD Pasar Jaya mengenai revitalisasi blok A, "Jadi saya rasa senin besok perwakilan pasar Blok A juga akan menanya kembali kepada PD Pasar Jaya sudah sampai mana prosesnya. Saya belum mendapat secara rinci mengenai hasil pembicaraan kemarin, mungkin dari koppas blok A akan Report apa yang terjadi kemarin dengan PD Pasar Jaya," ujarnya.

Andrian mengatakan, datangnya PD Pasar Jaya juga dadakan ketika kawan- kawan pedagang sudah marah, kemudia. besoknya Dirut PD Pasar hadir ke pasar blok A, "Makanya kita dari Inkoppas kaget juga, reaksi mereka sangat cepat, mudah- mudahan bisa di realisasi karena jika tidak pedagang akan murka kembali," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…

Silaturahmi Senior PUPR

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:13 WIB

Silaturahmi Senior PUPR, Menteri Basuki: Kerja Sama, Kekompakan, dan Solidaritas is a Must

Dalam rangka merayakan Hari Bakti PU ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Silaturahmi Senior dengan tema "Membangun Insan PUPR Masa Depan" di…

Presiden Jokowi (Sumber: Tangkapan Layar)

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:08 WIB

Pidato Presiden Jokowi di Kompas100 CEO Forum Tahun 2022,.

Saya tidak ingin berbicara mengenai problem dunia, karena nanti ada yang menyampaikan, Presiden itu menakut-nakuti saja setiap sambutan. Oleh sebab itu, saya ingin menyampaikan optimisme yang…

IFG Group Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:00 WIB

IFG Group Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

Indonesia Financial Group (IFG) Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi bersama anak usaha antara lain Jasa Raharja, Jamkrindo, Askrindo, Jasindo dan IFG Life melalui Tim kolaborasi Tanggung…