Dari Pasar Baru Menuju Hari Balet Sedunia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 30 September 2022 - 12:12 WIB

Rusdy Rukmarata
Rusdy Rukmarata

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Yayasan Bina Ballet Indonesia (Ballet.id), EKI Dance Company, bekerja sama dengan Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta menyelenggarakan “Road to World Ballet Day” di Great Hall, Pos Bloc, (Pos Pasar Baru, Jakarta Pusat) pada tanggal 2 Oktober 2022, pk. 10.00 - 13.00 WIB.

Hari Balet Sedunia atau World Ballet Day (WBD) adalah pesta bagi pecinta tari Balet yang rutin digelar setiap tahun sejak 2014. Dan tahun ini perayaan WBD menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya Indonesia berpartisipasi secara kolektif merayakan World Ballet Day.

Mariska Febriani, co-founder Ballet.id menyatakan, "Acara ini digelar untuk merayakan kebersamaan dan kembalinya komunitas-komunitas tari, khususnya balet, sejak pandemi berlangsung.” Mariska juga menambahkan bahwa “Road to World Ballet Day” juga menjadi ajang perayaan dan silaturahmi bagi komunitas balet, serta wujud konkrit untuk semakin memperkenalkan balet pada masyarakat.

Berkembangnya balet di Indonesia tentu akan mewarnai dunia tari Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Rusdy Rukmarata, Direktur Artistik dan pendiri EKI Dance Company menyambut baik kegiatan yang mempertemukan para penari balet muda Indonesia. "Tak ada satu negara, atau seseorang yang bisa mengklaim balet sebagai budaya khasnya. Karena balet telah menjadi bagian dari budaya dunia. Jadi saat ada seniman tari Indonesia memilih balet sebagai bagian dalam koreografi tarinya, maka karya tari itu akan masuk ke dalam budaya global," ujar Rusdy.  

Dalam kegiatan ini komunitas balet yang ikut serta adalah Cicilia Ballet, EKI Dance Company, Flamingo Studio, Lucy Ballet School, Mainstream School of Art, Marlupi Dance Academy, Namarina Dance Academy, Namarina Youth Dance, Natalenta Ballet School, dan Speranza Indonesia. Acara diawali dengan open ballet class untuk awam, kemudian latihan balet bersama antara komunitas-komunitas balet di Jakarta, lalu ditutup dengan pertunjukan balet dari empat komunitas. Salah satu yang istimewa juga dalam acara ini adalah untuk kelas balet akan diiringi lagu-lagu karya Ismail Marzuki yang dimainkan langsung pada piano oleh pianis Astrid Lea.

Kegiatan ini akan disiarkan dalam website www.worldballetday.com yang menampilkan latihan balet bersama dari berbagai perusahaan tari balet terkemuka di dunia seperti  The Royal Opera House, The Australian Ballet, American Ballet Theatre dan lainnya pada 2 November 2022. Sebagai perwakilan “Balet Indonesia” –selain komunitas-komunitas di atas yang berbasis di Jakarta—komunitas balet dari berbagai kota di Indonesia juga ikut mengirimkan video latihan balet mereka. 

Yola Yulianti, Ketua Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta merasa gembira dengan keikutsertaan Indonesia dalam World Ballet Day tahun ini. "Balet merupakan genre tari yang besar pengaruhnya dalam perkembangan tari di Indonesia." Pihak Dewan Kesenian Jakarta berharap agar acara semacam WBD bisa rutin digelar setiap tahunnya, sehingga akan membuat ekosistem tari di Indonesia lebih berkembang.

Acara “Road to World Ballet Day” terbuka untuk umum dan gratis. Penonton dapat langsung hadir di Pos Bloc, memeriahkan perayaan hari balet dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…

Ilustrasi pabrik Aqua

Senin, 05 Desember 2022 - 19:15 WIB

Buruh Aqua di Solok Mogok Kerja, Ini Respon Cepat Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pabrik Danone Aqua di Solok, Sumatra Barat, kembali beroperasi setelah terganggu oleh masalah hubungan industrial dalam beberapa waktu terakhir.