Menteri Sandi Pastikan Ratusan Peserta dari 33 Negara Bakal Ramaikan Ironman 70.3 di Lombok

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 September 2022 - 08:40 WIB

Ilustrasi Kejuaraan triathlon Ironman 70.3
Ilustrasi Kejuaraan triathlon Ironman 70.3

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia akan segera menggelar ajang wisata olahraga kejuaraan triathlon Ironman 70.3 di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Event yang akan digelar pada tanggal 8 Oktober 2022 tersebut mengambil lokasi di tiga wilayah kabupaten/kota di NTB yaitu, Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, dan Lombok Tengah.

Perhelatan ini merupakan acara kejuaraan triathlon yang menggabungkan beberapa cabang olahraga, seperti renang, balap sepeda, dan lari dalam satu waktu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi dan mendukung terselenggaranya event internasional ini.

"Kalau dilihat, Ironman ini adalah brand yang sangat dikenal untuk cabang olahraga triathlon. Dan mereka (Ironman) juga memiliki reputasi terhadap profesionalisme penyelengaraan," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Rabu (28/9) malam.

Dijelaskan Sandi, kejuaraan Ironman 70.3 Lombok akan diikuti 401 peserta dari 33 negara. Paling banyak peserta berasal dari Jepang, Singapura, Malaysia, dan Australia.

"Atlet-atlet kita juga akan turut serta mengharumkan nama bangsa dalam event berkelas dunia ini," terangnya.

Tidak hanya kejuaraan olahraga, Ironman 70.3 Lombok akan diikuti side event, yakni pameran yang melibatkan UMKM setempat.

Sandiaga memastikan Lombok siap menjadi tuan rumah agenda olahraga internasional. Apalagi sebelumnya, pulau di Nusa Tenggara Barat itu telah menjadi tuan rumah balap motor MotoGP.

Dalam kejuaraan triathlon ini, ada tiga jenis kategori yang harus dilalui, yakni renang, sepeda serta lari yang bisa dilakukan secara individu atau secara tim yang terdiri dari 2-3 orang. Peserta akan akan menempuh jarak sejauh 113,1 kilometer atau 70,3 miles.

Rute dimulai dari renang satu putaran di pantai seputaran Holiday Resort sejauh 1,9 kilometer. Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90,1 kilometer dari Holiday Resort Senggigi melewati Kota Tua Ampenan hingga seputaran wilayah Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) di Lombok Tengah. Kemudian para peserta kembali lagi ke venue utama di Holiday Resort. 

Terakhir, peserta akan lari sejauh 21,1 kilometer dari Area Transisi di Holiday Resort ke seputaran Hotel Montana Premier lalu kembali lagi ke venue utama sebanyak dua putaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…