Menteri Sandi Pastikan Ratusan Peserta dari 33 Negara Bakal Ramaikan Ironman 70.3 di Lombok

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 September 2022 - 08:40 WIB

Ilustrasi Kejuaraan triathlon Ironman 70.3
Ilustrasi Kejuaraan triathlon Ironman 70.3

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia akan segera menggelar ajang wisata olahraga kejuaraan triathlon Ironman 70.3 di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Event yang akan digelar pada tanggal 8 Oktober 2022 tersebut mengambil lokasi di tiga wilayah kabupaten/kota di NTB yaitu, Kabupaten Lombok Barat, Kota Mataram, dan Lombok Tengah.

Perhelatan ini merupakan acara kejuaraan triathlon yang menggabungkan beberapa cabang olahraga, seperti renang, balap sepeda, dan lari dalam satu waktu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi dan mendukung terselenggaranya event internasional ini.

"Kalau dilihat, Ironman ini adalah brand yang sangat dikenal untuk cabang olahraga triathlon. Dan mereka (Ironman) juga memiliki reputasi terhadap profesionalisme penyelengaraan," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Rabu (28/9) malam.

Dijelaskan Sandi, kejuaraan Ironman 70.3 Lombok akan diikuti 401 peserta dari 33 negara. Paling banyak peserta berasal dari Jepang, Singapura, Malaysia, dan Australia.

"Atlet-atlet kita juga akan turut serta mengharumkan nama bangsa dalam event berkelas dunia ini," terangnya.

Tidak hanya kejuaraan olahraga, Ironman 70.3 Lombok akan diikuti side event, yakni pameran yang melibatkan UMKM setempat.

Sandiaga memastikan Lombok siap menjadi tuan rumah agenda olahraga internasional. Apalagi sebelumnya, pulau di Nusa Tenggara Barat itu telah menjadi tuan rumah balap motor MotoGP.

Dalam kejuaraan triathlon ini, ada tiga jenis kategori yang harus dilalui, yakni renang, sepeda serta lari yang bisa dilakukan secara individu atau secara tim yang terdiri dari 2-3 orang. Peserta akan akan menempuh jarak sejauh 113,1 kilometer atau 70,3 miles.

Rute dimulai dari renang satu putaran di pantai seputaran Holiday Resort sejauh 1,9 kilometer. Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90,1 kilometer dari Holiday Resort Senggigi melewati Kota Tua Ampenan hingga seputaran wilayah Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) di Lombok Tengah. Kemudian para peserta kembali lagi ke venue utama di Holiday Resort. 

Terakhir, peserta akan lari sejauh 21,1 kilometer dari Area Transisi di Holiday Resort ke seputaran Hotel Montana Premier lalu kembali lagi ke venue utama sebanyak dua putaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:17 WIB

Upacara Hari Bakti PUPR ke-77, Menteri Basuki: Jaga Kepercayaan Publik dan Kredibilitas

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 dengan tema, “77…

Minyak makan merah

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

MenKopUKM Pastikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut Bakal Beroperasi Awal Tahun

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) memastikan kesiapan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang direncanakan akan beroperasi pada awal 2023.

Founder Helwa Beautycare Nabila Attamimi

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

Helwa Beautycare Berikan Apresiasi Khusus Bagi Pelanggan Setianya

Saat ini skincare menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang peduli dengan kecantikan dan perawatan. Selain itu, skincare juga sudah menjadi gaya hidup yang menunjang…

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…