Dibayangi Inflasi & Resesi, Ini Jurus Jitu Menteri Sandi Jaga Sektor Pariwisata Tetap Tumbuh

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 September 2022 - 06:15 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan laju ekspektasi inflasi tahun ini bisa mencapai 6,5% (year on year/yoy). Melonjaknya inflasi salah satunya disebabkan karena kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sektor pariwisata dapat membawa Indonesia terhindar dari ancaman inflasi dan resesi.

"Kita terus menyiapkan sektor pariwisata untuk tetap tangguh, dan terbukti sektor pariwisata tumbuh hampir dua kali lipat lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi," kata Sandiaga Uno saat "The Weekly Brif with Sandi Uno" di Jakarta, Rabu (28/9) malam.

Ditambahkan Menparekraf, dirinya telah mempersiapakan berbagai program untuk meredam gejolak inflasi dan resesi bagi sektor pariwisata. Salah satu upayanya adalah dengan memperkuat UMKM dan desa wisata.

"Kita akan terus melalukan upaya yang menyentuh langsung kepada para pelaku UMKM, karena meraka lah yang memang memerlukan bantuan dari pemerintah dalam kondisi yang relatif sangat berat," paparnya.

Selanjutnya, dirinya pun akan terus berfokus pada program digitalisasi. "Program digitalisasi tetap kita dorong. Daya beli masyarakat juga tetap kita dorong dan pertahankan melalui sentuhan program-program peningkatan UMKM," kata Sandiaga Uno.

Dirinya pun berkomitmen akan terus menggenjot ptogram reskillinh dsn upskilling serta kolaborasi berkelanjutan antara sektor publik dan swasta untuk masa depan industri pariwisata.

"Kami telah merumuskan dan melaksanakan program untuk reskilling untuk SDM pariwisata. Diharapkan program ini akan membawa sektor pariwisata Tanah Air lebih cerah," ucapnya.

Dengan begitu, Menteri Sandi optimis walaupun ada perlambatan di tahun depan, sektor pariwisata dapat terus berkembang.

"Saya optimis sektor ini akan terus bertumbuh jika kita fokus terhadap sumber daya manusia (SDM) nya," tambahnya.

Dijelaskan Sandi, kunjungan pariwisata di Indonesia sudah meningkat 30 persen pasca pandemi COVID-19. Hal itupun diklaim menjadi bukti model kebangkitan.

"Tadi saya cek di Bandara Soekarno-Hatta, ada kurang lebih 3 juta orang yang telah memesan tiket penerbangan. Ini membuktikan bahwa sektor pariwisata kita sudah kembali rebound," tutur Sandi.

Lebih lanjut, Menparekraf Sandi mengungkapkan bahwa sektor pariwisata juga dapat mengambil peran dalam target penyediaan 1,1 juta lapangan pekerjaan, dengan menggenjot penataan desa wisata.

“Saya juga optimis desa wisata bisa mengambil peran dalam membuka 1,1 juta lapangan kerja baru,” tutup Sandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press conference di Gedung Perpustakaan Nasional terkait Rakornas dan HUT ke-44 Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:21 WIB

Rayakan HUT Ke-44 Perpusnas, Ini Rangkaian Acara Yang Dilaksanakan Tanggal 7-31 Mei 2024

Rayakan HUT ke-44, Perpusnas menggelar sebanyak 27 rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai 7-31 Mei 2024.

Sekretaris Utama Perpusnas (jas hitam, dua kanan) paparkan rencana Rakornas yang akan digelar Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:10 WIB

Gelar Rakornas, Perpusnas Akan Bahas Tiga Program Besar di 2024

Di Rakornas 2024 yang akna digelar tanggal 14-15 Mei 2024, Perpusnas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.

(Ki-Ka) Jonathan Walbridge, Komisaris Utama Indonet; Donauly Situmorang, Direktur Indonet; Andy Rigoli, Direktur Utama Indonet pada acara Public Expose PT Indointernet Tbk (Indonet) 2024 yang digelar hari ini, Rabu, 8 Mei 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:21 WIB

Top! 3 Dekade Beroperasi, Indointernet (Indonet), Konsisten Mengembangkan Infrastruktur Digital dan Sukses Raih Laba Bersih Tertinggi

Jakarta- PT Indointernet Tbk (Indonet), penyedia infrastruktur digital terkemuka dan terpercaya di Indonesia, berhasil meraih laba bersih sebesar Rp253,26 miliar di tahun 2023, lebih tinggi…

Karyawan Gunarso diangkat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda)

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:03 WIB

Food Station Siapkan Strategi Dukung Ketahanan Pangan di Jakarta

Jakarta-Karyawan Gunarso diangkat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menggantikan Pamrihadi Wiraryo. Keputusan itu disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham…

BTN MENGAJAK NASABAH TEMPUH JALUR HUKUM

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:54 WIB

BTN Mengajak Nasabah Tempuh Jalur Hukum

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. membuka ruang bagi para nasabahnya untuk menempuh jalur hukum sehingga seluruh keputusan yang diambil berlandaskan hukum yang berlaku.