FSP-TIM Melalui Manifesto Cikini 73 Serukan Lindungi Ruang Ekspresi Kesenian

Oleh : Herry Barus | Senin, 26 September 2022 - 13:46 WIB

FSP-TIM Melalui Manifesto Cikini 73 Serukan Lindungi Ruang Ekspresi Kesenian
FSP-TIM Melalui Manifesto Cikini 73 Serukan Lindungi Ruang Ekspresi Kesenian

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Forum Seniman Peduli - Taman Ismail Marzuki (FSP-TIM) menyerukan agar para pihak ikut menyelamatkan dan melindungi ruang-ruang ekspresi kesenian, seperti Taman Ismail Marzuki (TIM), dan ruang ekspresi lainnya.

Termasuk melindungi Gelanggang Remaja, Taman Budaya, dan Gedung Kesenian di Jakarta, dari penggerusan nilai, marwah, sejarah, kedudukan, tujuan, dan fungsinya, oleh kehendak kapitalistik baik dalam pikiran maupun tindakan.

Demikian antara lain butir “Manifesto Cikini 73” yang diserukan Tatan Daniel atas nama Forum Seniman Peduli TIM, di acara hajatan "Panjang Umur Perjuangan - Menjaga Marwah Taman Ismail Marzuki" di Jakarta, Jumat lalu (23/09/2022).

“Berikan dan lindungi hak-hak sosial, kultural, dan konstitusional para seniman untuk hidup layak dan berkarya dengan aman, nyaman, mudah, dan merdeka,” tegasnya melanjutkan lima butir pernyataan dan seruan yang dirumuskan oleh Forum Seniman Peduli TIM.

‘Manifesto Cikini 73,’ lanjut Tatan, sebagai respon atas permasalahan yang ditemukan dan dirasakan selama hampir tiga tahun mengawal kebijakan revitalisasi TIM yang dilancarkan oleh Gubernur Jakarta, dan PT Jakarta Propertindo.

Pihaknya juga meminta para pemangku kepentingan melaksanakan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan secara tegas, dan bertanggung jawab.  Dengan segera menerbitkan perangkat ketentuan pelaksanaan yang komprehensif, untuk dapat dipedomani dan dilaksanakan, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Mendesak Pemerintah agar membentuk Kementerian Kebudayaan yang memiliki  kewenangan dan tanggung jawab penuh dalam upaya pemajuan kebudayaan nasional.

“Berdayakan Dewan Kesenian sebagai perwakilan seniman yang independen. Tidak diarahkan menjadi subordinasi pemerintah. Tidak dikooptasi oleh kekuasaan yang tidak memihak pada kepentingan seniman dan kemaslahatan kesenian,” ujar Tatan, seperti diinformasikan kepada Wartawan Budaya Eddie Karsito.

Manifesto yang disusun bersama pada dini hari di Posko FSP-TIM ini, akan segera disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, dan para pemangku kepentingan.

Hajatan "Panjang Umur Perjuangan - Menjaga Marwah Taman Ismail Marzuki" berlangsung hikmat dan meriah. Dipandu aktor Teuku Rifnu Wikana dan seniman Rini Kreet, acara dibuka Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana.

 

Prosesi hajatan diisi persembahan tari Bali dari Lembaga Kesenian Bali Saraswati pimpinan I Gusti Kompiang Raka. Maestro seni musik tradisional (gamelan) dan tari Bali ini juga turut hadir di Posko #saveTIM.

Acara dilanjutkan dengan penampilan para seniman tradisi dari kelompok Serunai Sumbawa, yang membacakan mantra-mantra mistis, dan memimpin perarakan ke pelataran Teater Besar TIM.

Hajatan terus bergulir hampir tanpa jeda. Diawali penayangan film pendek tentang perjalanan gerakan moral #saveTIM. Diiringi narasi menggugah oleh Mogan Pasaribu. Dengan gambar dan potongan video kesaksian para tokoh, antara lain Sutardji Calzoum Bachri, Ayip Rosidi, Radhar Panca Dahana, Afrizal Malna, Syahnagra, Maria Darmaningsih, dan lain-lain.

Puisi teaterikal bertajuk "Perjalanan" digelar oleh Exan Zen, dan kawan-kawan. Berlanjut pentas monolog satire yang jenaka, tapi panas oleh Joind Bayuwinanda dengan menaburkan gepokan duit jutaan 'rupiah' di pelataran.

Cilay Dance Theater melanjutkan pertunjukan dengan bermain bayang-bayang di atas kanvas yang terentang di depan jamban umum melintang di halaman Teater Besar. Tarian bersatu dengan kesibukan Edy Bonetsky yang menoreh-noreh kuas di bentangan kanvas.

Pertunjukan dilanjutkan dengan kelompok musik "Pandai Api" pimpinan Ibob Su Su, yang juga dikenal sebagai perupa. Lalu Willy Fwi dan kawan-kawan, menggelar dramatisasi puisi “Pada Cikini Raya 73.”

Buyung Surya, aktor teater dan film, yang sezaman dengan Alex Komang, Cok Simbara, dulu, membacakan puisi panjang “Pada Cikini Raya 73” dengan ekspresi yang seakan Buyung Surya ketika muda dulu. Keras, berapi, dan mengejutkan.

Kritik keras lewat pertunjukan teater hikayat disampaikan Agus Nur Amal, atau biasa dikenal sebagai Agus PMTOH. Seniman yang baru pulang dari Jerman, mengisi even “Dokumenta” di sana, mengecam keras penanganan TIM, yang sejak ia kenal di zaman Bang Ali dulu, hingga TIM yang direvitalisasi hari ini.

Usai Agus Nur Amal, hajatan dipanaskan lagi oleh penampilan kelompok musik Lokal Ambience, pimpinan Mogan Pasaribu. Dalam balutan irama reggae yang indah, kelompok musik ini melantunkan lagu dengan lirik puisi Chairil Anwar, dan puisi Sutardji Calzoum Bachri.

Di malam kedua Sabtu (24/09/2022), FSP-TIM menghadirkan kelompok seni tradisi Komunitas Ronggeng Deli (KRD).

“Tampilnya kelompok musik yang sudah berusia 7 tahun ini, diharapkan dapat mengantarkan pesan kuat tentang urgensi merawat dan melindungi kesenian tradisi, di segenap penjuru negeri ini,” terang Tatan Daniel.

Komunitas Ronggeng Deli (KRD) sebelumnya pernah menggoyang panggung musik di Festival Ronggeng Nusantara di Kuningan (Jawa Barat), Festival Kesenian Yogyakarta, Festival Musik Tembi, Festival Payung di Borobudur, dan di Festival Sanur Bali.

“Bahkan ketika KRD tampil di Gedung Kesenian Jakarta, pernah membuat Anies Baswedan semasa menjadi Menteri Kebudayaan ikut berjoget di panggung,” terang Tatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…