Gandeng Pertagas Niaga, Kawasan Industri Kendal Siap Mengoperasikan Cluster Pipa Gas dalam Kawasan

Oleh : Hariyanto | Senin, 26 September 2022 - 13:38 WIB

Penandatanganan Kerjasama PT Pertagas Niaga (PTGN) dan Kawasan Industri Kendal (KIK)
Penandatanganan Kerjasama PT Pertagas Niaga (PTGN) dan Kawasan Industri Kendal (KIK)

INDUSTRY.co.id - Kendal – PT Pertagas Niaga (PTGN) dan Kawasan Industri Kendal (KIK) menandatangani perjanjian kerjasama penyediaan gas bumi melalui clustering pipa dalam kawasan. Adapun gas yang akan dialirkan pada clustering pipa ini adalah Compressed Natural Gas (CNG). Nantinya pelaku usaha atau pabrik-pabrik di dalam kawasan KIK akan menerima suplai CNG dari PGN melalui metode clustering pipa tersebut.

Aminuddin, President Director PT Pertagas Niaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina, kerjasama ini dilakukan Pertagas Niaga dalam langkah untuk mendukung kemajuan industri di Jawa Tengah dengan menjamin suplai energi bersih yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap melalui metode ini, penyaluran gas kepada konsumen industri, khususnya para pelaku usaha di dalam KIK akan menjadi lebih efisien dan ekonomis. Adapaun total volume CNG yang akan dipasok oleh PTGN pada tahap awal adalah 250 mmbtud. Selanjutnya di 2023 adalah 500 mmbtud” ungkap Aminuddin yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (26/9/2022)

Saat ini para pelaku usaha di KIK yang membutuhkan gas untuk produksinya masih menggunakan CNG yang didistribusikan melalui mobil tangki. Oleh karena itu keberadaan Clustering Pipa CNG dan CNG station ini tentu akan memberikan kemudahan dan rasa aman dalam hal ketersediaan volume gas. Adapun CNG Cluster ini direncanakan dapat segera beroperasi dan siap digunakan pada Desember 2022 dengan total panjang pipa 2,9 Km yang tersambung di dalam kawasan.

Menurut Stanley Ang selaku President Director KIK, selain CNG Cluster yang akan segera dibangun tersebut, KIK juga sudah direncanakan akan menerima suplai natural gas pada Q3 2023 mendatang. Sehingga CNG Cluster ini akan digunakan para pelaku usaha di KIK selama proses migrasi ke natural gas yang dalam waktu tidak lama lagi juga akan tersedia di dalam kawasan.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap, para pelaku industri di KIK dapat memanfaatkan energi bersih yang terjaga akan ketersediaan volume suplainya. Hal ini tentu menjadi kunci penting bagi industri dalam kelancaran operasional pabrik mereka. Kami juga berharap proses pembangunan CNG Cluster akan berjalan dengan lancar dan beroperasi sesuai waktu yang direncanakan” tutup Stanley.

Didik Purbadi, Direktur Eksekutif KIK dalam kesempatan yang sama juga turut menyampaikan rasa terima kasih kepada beberapa pihak yang berperan penting dalam pembangunan Clustering Pipa tersebut, seperti PT Pertagas Niaga, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, serta Pemerintah Kabupaten Kendal.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Kusnanto Saidi

Rabu, 24 April 2024 - 12:05 WIB

Salah Sebut Data LHKPN Kusnanto Saidi, Ini Kata Pengamat

Muncul pemberitaan Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS yang tidak melaporkan harta kekayaan dalam 2 tahun terakhir. Menyikapi hal tersebut, pengamat…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…