Timur Berbicara Kisah dari Akar Rumput Melalui Konferensi Pendidikan di Timur Indonesia

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 24 September 2022 - 20:15 WIB

Konferensi Pendidikan di Timur Indonesia
Konferensi Pendidikan di Timur Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebanyak 15 penggerak pendidikan, didatangkan langsung dari Timur Indonesia untuk mengajak kita mengenal lebih jauh pendidikan di Timur Indonesia. Melalui empat ruang yakni Kebijakan, Budaya dan Pendidikan, Inisiatif, dan Dampak Berkelanjutan, ke 15 penggerak pendidikan tersebut duduk bersama untuk berbincang dan menyaksikan bagaimana pendidikan di akar rumput bekerja.

“Menyampaikan salam hormat kepada seluruh penggerak pendidikan yang sudah 12 tahun bekerja bersama Indonesia Mengajar, bahkan lebih jauh lagi, untuk pendidikan di Timur Indonesia”, kata Hikmat Hardono Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar saat membuka Konferensi: Pendidikan di Timur Indonesia di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Sabtu (24/9/2022)

Diiringi lantunan tembang-tembang khas Indonesia Timur yang turut memeriahkan acara pembukaan, para peserta dengan antusias ikut menyampaikan perspektif awal mereka tentang pendidikan di Timur Indonesia.

Maria Regina Jaga, Kristuisno M. Kapiluka dan Sherwin Ufi, menjadi pembuka sesi diskusi di Ruang Bersama. Maria menceritakan bagaimana kisahnya mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak secara kontekstual: menggunakan permainan tradisional. Maria melihat penggunaan permainan tradisional sebagai peluang untuk lebih mudah mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak didiknya. 

Senada dengan Maria, Kristuisno juga berpendapat bahwa penting untuk melihat apa yang kita miliki alih-alih sibuk dengan apa yang kita tidak miliki. “Kita mulai dari apa yang kita punya”, kata Kristuisno.

Kristuisno juga mengamini pentingnya melihat apa yang bisa dilakukan dengan sumber daya yang ada. “Saya dulu belajar memakai pelita, dan membuat saya percaya bahwa satu sumber cahaya cukup untuk membuat lilin-lilin lain menyala, untuk itu kita semua harus bergerak untuk pendidikan, agar lebih banyak cahaya di Indonesia,” ujarnya.

Bergerak ke ruang-ruang diskusi, para narasumber sudah bersiap untuk membuka dialog sesuai berbagai tema: Kebijakan, Pendidikan dan Budaya, Inisiatif dan Dampak Berkelanjutan. Amus Atkana, penggerak pendidikan dari Kabupaten Maybrat yang mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) mengatakan, “Jika kita ingin melangkah 1000 langkah, selalu diawali dengan 1 langkah pertama” tuturnya ketika bercerita tentang awal mula upayanya untuk mendirikan PKBM guna menjawab tantangan pendidikan di Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

“Seru banget, metodenya menyenangkan, gak bikin bosen, apalagi narasumbernya yang inspiratif dan elaborasinya keren”, ucap Regita salah satu peserta konferensi yang datang dari Bekasi. 

“Banyak dapet informasi menarik tentang pendidikan di Indonesia Timur, khususnya Papua. Informasi seputar Papua  yang tidak disajikan oleh media, apalagi narasumbernya adalah mereka yang memang bergerak dan terjun langsung, seperti kepala sekolah, komunitas atau yayasan dan bahkan orang yang bekerja di pemerintahan. Selain tentang gambaran tantangan dan potensi, kami juga diberikan contoh solusi yang sudah mereka terapkan”, ucap Syarifa salah satu peserta dari Jakarta.

Konferensi: Pendidikan di Timur Indonesia masih akan berlangsung hingga 25 September 2022 besok. Akan dihadirkan pula ruang interaksi yang berisi permainan tradisional serta  makanan-makanan asli Timur Indonesia. Acara ini nantinya akan ditutup dengan pesta dansa, sebagaimana budaya teman-teman di Timur Indonesia menciptakan riuh menyenangkan di acara-acara mereka. Datang, saksikan, dengarkan dan turut terlibat langsung dalam sebuah cerita dari akar rumput yang terlalu sayang jika dibiarkan luput.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…