Sediakan Ribuan Paket Sembako Murah, PPI Dukung Pasar Rakyat dan UMKM BUMN di Purwakarta

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 23 September 2022 - 17:37 WIB

 PPI Dukung Pasar Rakyat dan UMKM BUMN di Purwakarta
PPI Dukung Pasar Rakyat dan UMKM BUMN di Purwakarta

INDUSTRY.co.id, Purwakarta-PT Perusahaan Perdagangan Indonesia/PPI member of ID Food kembali menyediakan paket pangan murah dalam kegiatan Pasar Murah dan Bazar UMKM BUMN, bertempat di area Stadion Purnawarman, Purwakarta, pada (23/9/2023).

Warga Purwakarta antusias menunjukkan kupon belanja paket sembako murah dan partisipasi PPI yang kesekian kalinya pada kegiatan Pasar Murah BUMN ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam keterjangkauan dan ketersediaan pangan yang berkualitas di masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, PPI menyediakan 2500 paket sembako murah yang berkolaborasi dengan BUMN sponsor yakni Biofarma dan Perum Jasa Tirta II, yang terdiri dari 5 kg beras, 1 kg gula, dan 1 liter minyak goreng yang dijual seharga Rp 55 ribu untuk warga prasejahtera.

Salah satu warga Purwakarta, Ipah, bersyukur bisa mendapatkan sembako murah meski harus mengantre sejak pukul 08.00 WIB.

“Perasaan senang karena ada beras murah buat kebutuhan sehari hari buat anak-anak saya,“ katanya.

Warga lain bernama Anis juga menyatakan hal yang sama. Bahkan ia berharap pemerintah terus mengadakan pasar murah.

"Semoga pasar murah ada terus, biar ekonomi cukup. Kalau ada pasar murah terus jadi bisa meringankan beban kita," ucap Anis.

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir dalam kegiatan tersebut bersama Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, menegaskan paket sembako murah itu disediakan untuk membantu masyarakat agar bisa menikmati sembako dengan harga terjangkau, sebagai bagian untuk meringankan beban masyarakat.

Kegiatan ini juga menjadi sarana yang baik bagi UMKM Purwakarta untuk memperkenalkan produk-produk mereka kepada masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan omzet.

"Saat ini roda perekonomian sudah mulai bergerak ke arah yang lebih baik. Jadi kegiatan ini menjadi salah satu cara yang dilakukan BUMN dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan UMKM pascapandemi sekaligus menjadi bagian dari implementasi prinsip ESG (Environmental, Social and Governance," tutur Rifki Steovany, Kepala Divisi Retail & E-Commerce PPI.

PPI dalam pendistribusian pangan di masyarakat didukung oleh 52 cabang terdiri dari 32 cabang dan 20 depo anak perusahaan BGR Logistik Indonesia. Portofolio bisnis trading logistik terdigitalisasi PPI pada rantai ekosistem Holding BUMN Pangan dapat menjalankan fungsi ketersediaan di seluruh Indonesia.

PPI sendiri di hilir pangan sektor perdagangan, melalui Warung Pangan terus mengembangkan jaringannya dengan banyaknya tawaran kerja sama dari berbagai organisasi mulai dari koperasi hingga UMKM.

Upaya-upaya untuk menjaga ketahanan pangan terus PPI lakukan, salah satunya lewat UMKM yang menjadi mitra Warung Pangan, yang mendapatkan layanan dengan menjadi saluran distribusi pangan bagi produk BUMN holding pangan di bawah ID Food kepada masyarakat dan menciptakan ekosistem pangan yang terdigitalisasi dari hulu hingga hilir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BKSJI Kemenperin Doddy Rahadi

Senin, 26 September 2022 - 18:40 WIB

Keren! Balai Besar Kemenperin Ciptakan Sistem Monitoring Kualitas Udara & Air Limbah Industri Terintegrasi Digital

Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Pencegahan Pencemaran Industri (BBSPJPPI) Semarang telah menciptakan sistem monitoring kualitas udara maupun air limbah industri yang terintegrasi…

Mitsubishi Xpander

Senin, 26 September 2022 - 18:30 WIB

Mitsubishi Sematkan Fitur 'Ajaib' yang Bikin Mobil Irit BBM

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melengkapi mobil Mitsubishi dengan fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Fitur ini sangat…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 18:15 WIB

Ini Fitur yang Bikin New Xpander Cross Makin Sempurna

Mitsubishi New Xpander Cross tampil dengan peningkatan kualitas di berbagai fitur, keamanan dan kenyamanan, menghadirkan kombinasi sempurna antara keagresifan sebuah SUV dan pengalaman berkendara…

Presiden Jokowi

Senin, 26 September 2022 - 17:10 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Semua Sama di Mata Hukum Terkait Sejumlah Kasus Korupsi

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa proses hukum yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus dihormati oleh semua pihak karena semua warga negara sama di mata hukum. Hal tersebut…

Pelepasan produk IKM

Senin, 26 September 2022 - 15:44 WIB

Produk Singkong Beku IKM Binaan Ditjen IKMA Kemenperin Tembus Hingga Pasar Dunia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya agar Industri Kecil Menengah (IKM) tanah air mampu berkontribusi dan berperan aktif dalam memperkuat ketahanan pangan dengan menghasilkan…