Ratusan Warga Aceh Tenggara Ikuti Bimtek Sawit Baik

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 September 2022 - 14:51 WIB

Bimtek Sawit di Aceh
Bimtek Sawit di Aceh

INDUSTRY.co.id-Aceh Tenggara-Sebanyak 700 petani sawit Aceh Tenggara mengikuti Bimtek dan Expo Sawit Baik Indonesia 2022, di Desa Muara Lawe Bulan Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara, Sabtu (17/9/2022).

Sumber dana untuk pelaksanaan Bimtek ini, dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan Komisi IV DPR- RI diwakili M.Salim Fakhry yang berasal dari pemilihan Aceh.

Salim Fakhry dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama Bimtek adalah agar petani sawit lebih memahami fungsi dari penataan kebun sawit.

Di samping itu, kata Salim Fakhry, saat ini program pemerintah fokus pada peremajaan sawit di Aceh khususnya Aceh Tenggara. Untuk itu pembinaan dan pemberdayaan petani sawit penting dilakukan, ujarnya.

Sementara ini luas lahan yang ada di Aceh Tenggara mencapai 8.000 hektare, dengan jumlah petani 700 orang. Dengan luas lahan yang ada saat ini, perlu dilakukan penataan dan pengelolaan dengan baik oleh petani, katanya.

Acara bimtek ini adalah salah satu gagasannya, untuk meningkatkan penghasilan bagi petani kebun sawit, narasumber bimtek sengaja dihadirkan dari orang-orang berkompeten dengan tujuan, untuk meningkatkan penghasilan dari kelapa sawit. Dengan adanya bimtek ini, paling tidak petani sawit bisa mencoba untuk menerapkan pengelolaan keuangan, dari penghasilan kebun sawit, ujarnya.

Untuk pengelolaan keuangan rumah tangga, wanita melebihi segalanya. Maka dengan dasar itu, bimtek expo sawit baik Indonesia di tahun 2022, sengaja didominasi kaum ibu. Selain nanti mendapat ilmu tentang pengelolaan keuangan, peserta juga mendapatkan uang transportasi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Aceh Tenggara, Bukhari membuka acara Bimtek yang dilaksanakan di Aceh Tenggara tersebut. Kepada peserta dia berharap agar serius mengikuti bimbingan teknis yang disampaikan para narasumber.

Menurut Bukhari, saat ini sawit adalah salah satu komoditas yang diidolakan oleh banyak negara, karena sawit menjadi bahan baku produk pangan dan menjadi sumber utama produk lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…