Ratusan Warga Aceh Tenggara Ikuti Bimtek Sawit Baik

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 September 2022 - 14:51 WIB

Bimtek Sawit di Aceh
Bimtek Sawit di Aceh

INDUSTRY.co.id-Aceh Tenggara-Sebanyak 700 petani sawit Aceh Tenggara mengikuti Bimtek dan Expo Sawit Baik Indonesia 2022, di Desa Muara Lawe Bulan Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara, Sabtu (17/9/2022).

Sumber dana untuk pelaksanaan Bimtek ini, dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan Komisi IV DPR- RI diwakili M.Salim Fakhry yang berasal dari pemilihan Aceh.

Salim Fakhry dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama Bimtek adalah agar petani sawit lebih memahami fungsi dari penataan kebun sawit.

Di samping itu, kata Salim Fakhry, saat ini program pemerintah fokus pada peremajaan sawit di Aceh khususnya Aceh Tenggara. Untuk itu pembinaan dan pemberdayaan petani sawit penting dilakukan, ujarnya.

Sementara ini luas lahan yang ada di Aceh Tenggara mencapai 8.000 hektare, dengan jumlah petani 700 orang. Dengan luas lahan yang ada saat ini, perlu dilakukan penataan dan pengelolaan dengan baik oleh petani, katanya.

Acara bimtek ini adalah salah satu gagasannya, untuk meningkatkan penghasilan bagi petani kebun sawit, narasumber bimtek sengaja dihadirkan dari orang-orang berkompeten dengan tujuan, untuk meningkatkan penghasilan dari kelapa sawit. Dengan adanya bimtek ini, paling tidak petani sawit bisa mencoba untuk menerapkan pengelolaan keuangan, dari penghasilan kebun sawit, ujarnya.

Untuk pengelolaan keuangan rumah tangga, wanita melebihi segalanya. Maka dengan dasar itu, bimtek expo sawit baik Indonesia di tahun 2022, sengaja didominasi kaum ibu. Selain nanti mendapat ilmu tentang pengelolaan keuangan, peserta juga mendapatkan uang transportasi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Aceh Tenggara, Bukhari membuka acara Bimtek yang dilaksanakan di Aceh Tenggara tersebut. Kepada peserta dia berharap agar serius mengikuti bimbingan teknis yang disampaikan para narasumber.

Menurut Bukhari, saat ini sawit adalah salah satu komoditas yang diidolakan oleh banyak negara, karena sawit menjadi bahan baku produk pangan dan menjadi sumber utama produk lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizky Billar foto by Ig Pribadi RB

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:31 WIB

Dampak Dugaan KDRT, Rizky Billar Diputus Kontrak Sebagai Host D Academy 5 Indosiar

Analisa Sutrisno Buyil sebagai wartawan hiburan seniro yang dimuat dibeberapa media, tentang karier Rizky Billar bakal tamat. Mulai jadi kenyataan, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dengan…

Pabrik TACO di Cikande

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:56 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

TACO sebagai solusi produk interior mengumumkan pencapaiannya atas sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, Singapore Green…

Head of Community PINTU Jonathan Hartono

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:55 WIB

Aplikasi PINTU Berikan Edukasi Crypto dan Blockchain Kepada Tiga Kampus Besar Indonesia di ICMF 2022

PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU, platform jual beli dan investasi aset crypto terus bergerilya memberikan edukasi tentang investasi aset crypto dan teknologi blockchain. PINTU mendapatkan…

FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:10 WIB

12.000 Pengunjung, FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 telah resmi berakhir pada 24 September lalu. Tiga hari gelaran ini berlangsung bersama Retail Indonesia sukses menggaet 12,000 pengunjung, 300…

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:46 WIB

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim mencanangkan ‘Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis’. Salah satu programnya adalah…