Dorong Efisiensi Energi, ABB Dukung Pertumbuhan Pusat Data Indonesia Melalui ABB ULH Drive Regeneratif ACH580

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 September 2022 - 14:45 WIB

ABB ltd
ABB ltd

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai pemimpin pasar di teknologi listrik dan automasi, ABB berkomitmen melayani pelanggan industri dan utilitas, termasuk pusat data, melalui optimasi performa, sekaligus memperkecil dampak lingkungan melalui solusi efisiensi energi.

Saat ini pangsa pasar pusat data Indonesia cukup menjanjikan atau sebesar USD 1.7 miliar dan diproyeksikan akan mencapai USD 2.4 miliar pada tahun 2027. Ditambah lagi, selama pandemi Covid-19, adopsi cloud meningkat tajam di berbagai sektor industri, edukasi, layanan kesehatan termasuk badan usaha, kantor pemerintah, dan lembaga.

Untuk itu ABB berupaya mempenetrasi industri pusat data, dengan memperkenalkan solusi tata udara (HVAC), melalui ABB drive ACH580, drive regeneratif dengan harmonisa ultra rendah untuk mendukung sistem tata udara pada pusat data melalui mekanisme yang mampu meningkatkan efisiensi energi. Hal ini memposisikan ABB ACH580 sebagai pilihan terbaik untuk meningkatkan efisiensi proses dan sistem pada pusat data.

Chen Kang Tan, Vice President, Head of Local Business Area, Motion, ABB Indonesia mengatakan bahwa dengan meningkatnya permintaan pasar akan internet dan media sosial, yang diestimasikan sebesar 29 juta pengguna, serta meledaknya sector e-commerce yang diperkirakan tumbuh 37%, penyedia pusat data tentunya sangat membutuhkan solusi bagi optimalisasi sistem tata udaranya, dalam bentuk efisiensi energi dan proteksi daya.

"Sistem tata kelola udara menjalankan fungsi yang sangat esensial bagi penyedia pusat data karena berperan dalam mengendalikan udara, temperature, dan kelembaban yang dibutuhkan dalam operasional server computer untuk memberi daya pada internet," kata Chen Kang Tan yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (23/9/2022).

Peralatan listrik termasuk yang terdapat pada pusat data, bekerja lebih baik dan efisien jika suplai daya listriknya bersih dan tanpa gangguan. Sementara, jaringan daya listrik sangat rentan dipengaruhi oleh gangguan elektromagnet yang berkesinambungan maupun transien. Gangguan berkesinambungan yang paling umum terjadi dalam jaringan daya listrik adalah harmonisa.

Harmonisa adalah polusi elektromagnetik yang kerap terjadi pada jaringan daya listrik, yang jika dibiarkan akan berujung pada distorsi pada gelombang tegangan. Keberadaan harmonisa berdampak buruk pada jaringan daya dan peralatan yang terkoneksi.

Semakin tinggi harmonisa, semakin tinggi juga kebocoran yang akan terjadi pada jaringan, begitu pula dengan kemungkinan kerusakan pada peralatan yang terhubung. Dampak ini berpotensi memiliki implikasi serius pada jaringan listrik, terutama pada peralatan pada fasilitas seperti pusat data.

Lebih lanjut Chen-Kang menjelaskan bagaimana drive dengan harmonisa ultra rendah terbaru ini dapat mendukung operasional yang andal dan meningkatkan efisiensi energi. Alat ini mengusung teknologi front-end dengan kapasitor bus DC (arus searah) sehingga dapat mereduksi harmonisa sebanyak 97% dengan total distorsi harmonik <3% pada situasi normal dan jaringan tidak terdistorsi.

Hal ini melampaui standar persyaratan harmonisa, seperti IEEE 519, IEC61000-3-2, IEC61000-3-12, IEC61000-3-4 and G5/4. Reduksi harmonisa menjadi sangat krusial karena memberikan dampak positif pada efisiensi yang menyeluruh dan berkontribusi pada keandalan proses.

“Selama setengah abad, ABB telah menjadi pemimpin pasar dalam mengoptimalisasikan sistem tata udara melalui drive yang berkualitas, dapat diandalkan, dan hemat energi untuk memenuhi permintaan industri serta ramah lingkungan. Seri ABB ACH580 adalah bagian dari rangkaian produk variable speed drives (VSD) bertegangan rendah yang mengusung karakteristik regenerative dengan harmonisa ultra rendah yang mampu memberikan suplai jaringan yang bersih, meminimalisir downtime, optimalisasi biaya dan ruang, memaksimalkan efisiensi dan performa motor, serta menggunakan energi secara efisien,” lanjut Chen-Kang.

Selain itu, drive ABB dengan harmonisa ultra rendah juga tersedia dengan varian yang memiliki kemampuan untuk meregenerasi energi. Hal ini memampukan drive untuk memulihkan energi dari sebuah sistem mekanik. Karena energi dapat dipulihkan dan digunakan kembali, mekanisme ini dapat mengurangi konsumsi energi dan biaya, serta meningkatkan efisiensi energi.

Variable Speed Drives (VSDs) ACH580 ini juga terintegrasi dengan layanan pemantauan ABB Ability – layanan digital lintas industry ABB, yang menyediakan data realtime mengenai status dan performa drive dari lokasi manapun. Parameter pemantauan ini termasuk ketersediaan drive, kondisi lingkungan, dan gangguan tegangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.