Menperin Agus Siap Tingkatkan Kerja Sama RI - UNIDO Dongkrak Daya Saing & Transformasi Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 September 2022 - 13:00 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Direktur Jenderal UNIDO, Gerd Muller
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Direktur Jenderal UNIDO, Gerd Muller

INDUSTRY.co.id - Bali - Indonesia dan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dalam pengembangan sektor industri manufaktur. 

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan kedua belah pihak, yang juga bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Indonesia bergabung menjadi anggota UNIDO sejak tahun 1980, dan kerangka kerja sama melalui Indonesia  UNIDO Country Program (IUCP) sudah berjalan sejak tahun 2004. 

"Kerja sama Indonesia dan UNIDO yang saat ini berjalan di bawah IUCP 2021-2025, telah ditandatangani oleh saya dan Bapak Li Yong, Dirjen UNIDO sebelumnya, pada Konferensi Regional ke-2 tentang Pengembangan Industri (RCID) bulan November 2021," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Bali, Kamis (22/9).

Pada pertemuan bilateral di sela acara Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) dalam rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia di Bali, Menperin mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan perbicangan dengan Direktur Jenderal UNIDO, Gerd Muller beserta jajarannya.

“IUCP 2021-2025 menjadi dasar pelaksanaan proyek-proyek kami saat ini," ujar Agus. 

Proyek-proyek tersebut sejalan dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, United Nations Sustainable Development Cooperation Framework (UNSDCF) 2021-2025 serta untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Cooperation Framework (UNSDCF) 2021-2025. 

Proyek-proyek dalam IUCP 2021-2025 fokus pada empat komponen, yaitu penguatan daya saing industri dan akses pasar, penerapan energi berkelanjutan dan bersih, menjaga lingkungan, serta memperkuat kemitraan dengan fokus pada inovasi, digitalisasi, dan industri 4.0.

“Saya percaya bahwa krisis saat ini di sektor kesehatan, sosial dan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi dan konflik di Rusia-Ukraina membawa tantangan dan peluang bagi negara-negara di seluruh dunia untuk meningkatkan kerja sama mereka," ungkap Agus.

Di samping itu, saat ini Kementerian Perindustrian menjadi Main Counterpart Program Global Eco Industrial Parks (GEIPP). Tujuan proyek ini adalah untuk mendukung pilot project implementasi Program Eco Indonesia Park di kawasan industri di Indonesia. 

“Saya berharap proyek ini dapat membantu kita dalam membangun kawasan industri yang ramah lingkungan dengan dampak yang bernilai tinggi terhadap pembangunan ekonomi dan sosial," imbuhnya.

Menurut Menperin, pelaksanaan proyek-proyek kerja sama tersebut telah memberikan banyak dampak positif dalam meningkatkan pembangunan industri di Indonesia untuk mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan kapasitas perdagangan nasional, dan membangun lingkungan yang berkelanjutan.

“Saya juga berharap UNIDO melanjutkan dukungan kuatnya kepada Indonesia dalam mempercepat implementasi industri 4.0, dan dalam meningkatkan kapasitas industri nasional sehingga kita dapat meningkatkan daya saing kita di pasar global," tuturnya.

Menperin menambahkan, pihaknya menyampaikan apresiasi atas dukungan dari UNIDO sebagai mitra penting Presidensi G20 Indonesia pada tahun ini. 

"Untuk itu, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan UNIDO yang kuat," ujarnya. 

UNIDO merupakan salah satu pihak yang aktif mengawal diskusi dalam kegiatan Trade, Industry, and Investment Working Group (TIIWG) G20 sejak pertemuan putaran pertama, khususnya mengenai isu di sektor industri.

"Kami akan terus berkomitmen dalam mendukung Indonesia melalui program-program yang telah dicanangkan, termasuk pengembangan di sektor industri," kata Dirjen UNIDO, Gerd Müller.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…