Musim Hujan, Waspadai Mobil Kena Banjir Biayanya Tak Sedikit!

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 21 September 2022 - 21:48 WIB

Ilustrasi perbaikan mobil terendam banjir - Dok Duitpintar
Ilustrasi perbaikan mobil terendam banjir - Dok Duitpintar

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Setiap pemilik kendaraan roda empat harus mewaspadai musim hujan yang seringkali berpotensi banjir. Pasalnya, jika sudah terendam banjir, mobil bisa langsung rusak akibat terendam air dan harus mendapatkan penanganan khusus dengan biaya tak sedikit.

Genangan banjir dapat mengakibatkan banyak sekali kerugian, terutama secara finansial dan material. Biaya perbaikan mobil yang terendam banjir harus dihitung berdasarkan kerusakan dan jasa servis lain, harga komponen yang rusak karena banjir pun beragam sesuai dengan merek kendaraan yang dimiliki.

Karena itu, penting bagi pemilik kendaraan memiliki asuransi mobil agar terhindar dari membengkaknya biaya perbaikan akibat banjir. Dengan memiliki proteksi tersebut, maka segala hal yang berhubungan dengan kerugian-kerugian finansial akibat mobil terendam banjir akan ditanggung asuransi kendaraan.

Untuk itu, Duitpintar.com selaku broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, memberikan informasi mengenai biaya servis mobil karena banjir, hingga pengecekan bagian-bagian kendaraan yang terendam banjir.

Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir serta Rinciannya

Adapun biaya perbaikan mobil terendam banjir di bengkel mengikuti kondisi kerusakannya, apakah ringan, sedang atau berat.

Untuk biaya perbaikan dengan kerusakan ringan seperti pembersihan interior, pembersihan dan pemeriksaan mesin, maka Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp5 juta.

Untuk perbaikan dalam kategori sedang dengan kondisi elektrik masih bisa digunakan mulai dari Rp8 juta hingga belasan juta rupiah. Sementara itu, kalau sudah masuk ruang bakar sudah beda harga karena beli ring seher dan sebagainya.

Berbeda dengan EBA, CARfix, bengkel umum yang melayani semua jenis servis mobil hingga perbaikan karena terendam banjir, memberikan kisaran biaya perbaikan mobil banjir mulai dari Rp2,2 juta hingga Rp6,7 juta.

Berikut ini adalah rincian harga perbaikan sesuai dengan tipe masing-masing kendaraan roda empat:

Tipe A

Untuk mobil-mobil mewah seperti Alphard, Land Cruiser, Mercedes-Benz dan sebagainya biayanya sesuai kategori. Dengan kategori Lite = Rp3,5 juta; Medium = Rp5,8 juta; Hard = Rp6,7 juta.

Tipe B

Untuk mobil-mobil kelas menengah seperti Accord, Camry, Fortuner, Pajero Sport dan lainnya. Dengan kategori Lite = Rp2,9 juta; Medium = Rp5 juta; Hard = Rp5,9 juta.

Tipe C

Untuk mobil-mobil MPV dan city car seperti Avanza, Innova, Xpander, Calya, Ayla, Brio, Vios, Jazz, dan sebagainya dengan kategori Lite = Rp2,2 juta; Medium = Rp3,6 juta; Hard = Rp4,5 juta.

Biaya Servis Mobil Banjir di Bengkel Resmi

Untuk biaya perbaikan mobil terendam banjir juga berbeda-beda antara bengkel resmi dan bengkel umum. Untuk biaya perbaikan mobil yang terendam banjir di bengkel resmi, misalnya Auto2000 maka kisaran harga mulai dari Rp700 ribu hingga Rp16 juta tergantung jenis mobil yang dimiliki.

Kategori ringan dengan jenis mobil low cost green car (LCGC) seperti Agya dan Calya, maka Anda bisa dikenakan biaya jasa Rp3 juta, jenis ekonomi seperti Avanza Rp3,7 juta, jenis standar seperti Sienta, Yaris, dan Vios Rp4,5 juta, sedangkan untuk jenis medium dengan mobil seperti Innova dan Altis dikenakan biaya Rp6,5 juta, hingga CBU Rp8,5 juta.

Adapun jenis-jenis perbaikan di kategori medium meliputi pelepasan jok untuk dibersihkan dan dikeringkan, pemeriksaan motor power window, AC, audio, bahan bakar, dan lainnya. Untuk estimasi biaya jasanya mulai dari Rp6 juta sampai Rp16 juta.

Sementara itu, untuk kategori plafon, tinggal ditambahkan biaya bongkar dan pergantian plafon, dengan estimasi dana sebesar Rp700 ribu sampai Rp1 juta.

Sedangkan untuk PT Toyota Astra Motor memberikan kisaran harga mulai dari ratusan ribu rupiah, Rp1 juta hingga ke atas untuk biaya perbaikan mobil terendam banjir. Biaya tersebut tergantung dari kendaraan roda empat terendam banjir.

Misalnya, genangan air sampai karpet, otomatis harus dibersihkan dan dikeringkan dengan biaya di atas Rp1 juta. Tapi kalau Engine Control Unit (ECU) yang terendam banjir, biaya yang dikeluarkan lebih banyak.

Untuk kendaraan dari memakan biaya banyak salah satunya komponen kelistrikan karena seperti kabel dan fitur-fitur elektrik lainnya tidak bisa dibersihkan, harus diganti.

Biaya Servis Mobil Banjir di Bengkel Umum

Biaya servis mobil banjir di bengkel resmi berada di kisaran ratusan ribu rupiah hingga Rp8,5 juta.

Lain halnya untuk biaya di bengkel umum, salah satunya Bengkel Engine Block Autowork (EBA) di Pondok Aren, Bintaro.

Pilih Asuransi Mobil dengan Perlindungan Menyeluruh

Agar tidak pusing lagi dengan tagihan bengkel yang membengkak, maka Anda bisa memanfaatkan asuransi mobil All Risk karena akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Itulah informasi mengenai perbaikan kendaraan roda empat yang terendam banjir, berikut rincian biaya perbaikan mobil terendam banjir.

Karena itu, akan lebih bijaksana melengkapi kendaraanmu dengan fitur perlindungan yang cukup luas. Termasuk perlindungan karena bencana banjir. Catatan PenulisTips ini dibuat oleh Tim Konten Redaksi Duitpintar.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono: Program Kerja TNI AL Harus Sesuai Prioritas Nasional

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan dan Anggaran Keuangan (Renaku) II UO TNI Angkatan Laut (TNI AL) tahun anggaran 2023…

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:48 WIB

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holding Company Ajik Krisna memberikan bantuan 800 paket sembako…

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:30 WIB

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Dalam mendampingi Pemerintah Distrik melaksanakan pembangunan, Koramil 1710-03/Kuala Kencana bersama-sama dengan jajaran melaksanakan musyawarah kepada masyarakat, Jumat (09/12/2022). Hal tersebut…

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:00 WIB

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Di Balai Kampung Aparuka, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao dipimpin Serka Hendrik Renyaan turut menghadiri kegiatan monitoring program kerja Distrik Mimika…

Oreo X Blackpink

Sabtu, 10 Desember 2022 - 01:04 WIB

Kolaborasi OREO X BLACKPINK, Indonesia Jadi Negara Pertama

OREO, salah satu brand biskuit ikonik dari Mondelez International, berkolaborasi dengan mega grup girlband asal Korea Selatan BLACKPINK menghadirkan produk terbaru OREO X BLACKPINK.