Dukung Pengendalian Inflasi di Jakarta, Food Station Gelar MoU dengan 2 Gapoktan Jabar

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 20 September 2022 - 21:11 WIB

Dukung Pengendalian Inflasi di Jakarta, Food Station Gelar MoU dengan 2 Gapoktan Jabar
Dukung Pengendalian Inflasi di Jakarta, Food Station Gelar MoU dengan 2 Gapoktan Jabar

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan DKI Jakarta menggelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Standby Buyer (Pembeli Siaga) Komoditas Beras dengan Mitra di beberapa wilayah yang diantaranya PT Mitra Desa Bersama Tempuran Karawang, Jawa Barat dan Koperasi Produsen Rumpun Padi Berkah Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 19 September 2022.

Acara penandatangan kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo dengan perwakilan dari kedua mitra tersebut di sela-sela acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan DKI Jakarta tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia DKI Jakarta di Gedung Heritage Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama disaksikan langsung oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Wijanarko, Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati, Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta Fitria Rahadiani, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Suharini Eliawati, Direktur Operasional dan Bisnis Andre Maulana, serta Direktur Keuangan dan Umum Budi Santoso.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengatakan dalam kerjasama tersebut, Food Station berperan sebagai Standby Buyer (Pembeli Siaga) Komoditas Beras dengan Mitra di beberapa wilayah yang diantaranya PT Mitra Desa Bersama Tempuran Karawang, Jawa Barat dan Koperasi Produsen Rumpun Padi Berkah Cirebon, Jawa Barat.

“Kerjasama ini, sebagai langkah mendukung Ketahanan Pangan DKI Jakarta dan Aktivasi dari Pengendalian Inflasi DKI Jakarta. Melalui kerjasama ini juga kami berperan sebagai Standby Buyer (Pembeli Siaga)” ujar Pamrihadi.

Dengan adanya Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ini, lanjut Pamrihadi, Food Station akan terus bekerjasama dengan stakeholder, mitra-mitra petani/gapoktan/koperasi, Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memastikan ketersediaan pasokan sehingga mampu menjaga ketahanan pangan, memberikan keterjangkauan harga, dan membantu pengendalian Inflasi Daerah.

Selain itu Food Station akan terus melakukan perluasan kerjasama, peningkatan sinergi antar Daerah dan terus berinovasi dalam Menjaga Kehatan Pangan di DKI Jakarta.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta, Sri Haryati mengatakan adanya gejolak inflasi serta demi menjaga ketahanan pangan DKI Jakarta, Pemerintah DKI Jakarta mengajak seluruh pihak yang berkepentingan, baik TPID Provinsi DKI Jakarta, TPIP, Pemerintah Pusat, Bank Indonesia, Kelompok Tani, serta segenap lapisan masyarakat untuk mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan dan Pengendalian Inflasi Jakarta dan Nasional dengan Turut mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan.

Kepala Kantor Wilayah BI Jakarta Onny Wijanarko menyampaikan bahwa "TPID DKI Jakarta telah melakukan 7 program unggulan GNPIP" antara lain: Optimalisasi Anggaran untuk Program Pangan Bersubsidi, Operasi Pasar dan KPSH serta untuk menjaga Daya Beli, Perluasan Kerjasama Antar Daerah, Optimalisasi Fasilitasi Distribusi Pangan Strategis, Penguatan Infrastruktur Teknologi Informasi, Digitalisasi Data, dan Informasi Pangan, Penguatan Ketahanan Komoditas Hortikultura dan Penguatan Pasokan Pangan Strategis Lainnya, Peningkatan Pemanfaatan Alsintan dan Saprotan dan Penguatan Koordinasi dan Komunikasi

"Dengan kerjasama dan sinergi yang telah terjalin dengan baik ini, kami yakin harapan kita untuk senantiasa menjaga Inflasi DKI Jakarta dapat tercapai" ujar Onny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:12 WIB

Menteri Erick Thohir: BUMN Siap Jadi Pembeli Siaga Bahan Pangan Pokok, Antisipasi Krisis 2023

Kondisi rantai pasok dunia diperkirakan masih terganggu pada tahun depan. Karena itu, salah satu kunci agar bisa bertahan, Indonesia harus mampu menjaga kondisi supply change atau rantai pasok…

Presiden Jokowi dan Wapres Amin

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:00 WIB

Pemerintah Proyeksikan Perekonomian Nasional 2023 Tumbuh 5,3 Persen

Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional sampai akhir tahun 2022 berada pada angka 5,2 persen secara tahunan (year on year). Sedangkan pada tahun 2023, pemerintah memperkirakan…

Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Apel Gelar Kesiapan Latihan Bersama Carat Ta 2022

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Yonif 5 Marinir Ikuti Apel Gelar Kesiapan Latihan Bersama Carat Ta 2022

Dalam rangka mempersiapkan Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2022, Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan Apel Gelar Kesiapan yang dipimpin oleh Asops…

Ilustrasi Obligasi (dok sindo)

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:34 WIB

Seperti Apa Perkiraan Pefindo Nilai Penerbitan Obligasi Tahun Depan ?

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan nilai total penerbitan obligasi pada 2023 akan turun dibanding nilai penerbitan pada tahun ini yang telah mencapai Rp157 triliun.

Prajurit Korps Marinir Binsik Lari Guna Meningkatkan Stamina Dan Kebugaran

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:30 WIB

Prajurit Korps Marinir Binsik Lari Guna Meningkatkan Stamina Dan Kebugaran

Prajurit Mako Kormar laksanakan pembinaan fisik lari pagi pada route ring Luar Monumen Nasional (Monas). Jakarta Pusat. Selasa (06/12/2022). Alasan Pembinaan fisik dengan menggunakan ring luar…