Clean Creatives Umumkan Kampanye untuk Mengakhiri Dukungan Industri PR pada Perusahaan Bahan Bakar Fosil

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 September 2022 - 14:43 WIB

Clean Creatives
Clean Creatives

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Clean Creatives merupakan himpunan praktisi PR dan periklanan yang berkomitmen untuk mengkomunikasikan secara terbuka mengenai perubahan iklim, baru-baru ini mengumumkan sebuah kampanye untuk menghimpun dukungan lebih banyak dari profesional PR dan periklanan di Asia Pasifik.

Tujuan dari kampanye ini adalah agar 500 agensi dan atau profesional di Asia melakukan Clean Creative Pledge. Komitmen tersebut merupakan perjanjian yang dilakukan oleh agensi dan praktisi PR dan periklanan untuk tidak menerima kontrak baru dari perusahaan yang berasal dari industri bahan bakar fosil. Clean Creatives, adalah organisasi non-profit, yang diluncurkan pada tahun 2019 oleh Duncan Meisel.

Vero merupakan konsultan PR dan digital pemenang penghargaan dengan lebih dari 200 konsultan pada bidang PR, digital, media sosial dan kampanye pemasaran influencer yang tersebar di Indonesia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Vero juga merupakan konsultan komunikasi pertama di Asia Tenggara yang mengikuti Clean Creative Pledge dan bersedia untuk tidak bekerja sama  dengan brand bahan bakar fosil.

Guna mendorong lebih banyak agensi untuk melakukan komitmen serupa, Clean Creatives bekerja sama dengan PRCA, organisasi perdagangan terbesar di industri PR.
Pada 27 September pukul 09.00 WIB, PRCA mengadakan diskusi panel berjudul, “Should PR Cancel or Counsel?”  untuk mengatasi persimpangan antara kampanye PR dan brand bahan bakar fosil.

Diskusi panel ini dirancang untuk menginisiasi percakapan terkait melayani brand bahan bakar fosil, dan pada akhirnya, berbagi gagasan tentang bagaimana industri PR dapat memimpin perubahan untuk menginspirasi industri energi yang lebih bersih. Diskusi panel ini tidak dipungut biaya dan dapat diakses secara online.

Termasuk upaya untuk meningkatkan kesadaran di kalangan profesional agensi, akademisi, mahasiswa, dan para pengambil keputusan klien yang berkomitmen dalam memenuhi tujuan keberlanjutan. Meisel menargetkan untuk menjangkau setidaknya 1.000 profesional PR di Asia Pasifik pada akhir tahun 2022 melalui pertemuan, kampanye media, pemasaran langsung, dan pemberian edukasi yang berfokus pada industri komunikasi di Asia Tenggara.

“Banyak brand menetapkan tujuan ambisius untuk mengurangi jejak karbon mereka, namun banyak dari konsultan PR yang terus bekerja dengan brand bahan bakar fosil – tujuan kami adalah menyadarkan para pengambil keputusan bisnis terhadap konflik ini dan mengajak lebih banyak agensi di Asia, dan di seluruh dunia untuk melakukan komitmen tersebut,” kata Meisel yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (19/9/2022).

“Dalam skenario yang ideal, brand yang berfokus pada tujuan keberlanjutan akan turun tangan dan menuntut agensi untuk mengakhiri hubungan dengan perusahaan bahan bakar fosil.” katanya.

Setelah melakukan analisis menyeluruh terhadap daftar kliennya, Vero menandatangani Clean Creative Pledge pada Januari 2022 – dan menjadikan ini sebagai langkah awal perusahaan dalam meningkatkan upaya keberlanjutan.

“Masih banyak hal lainnya yang dapat kami lakukan di Vero untuk meningkatkan dampak konsultasi kami terhadap lingkungan, dan kami juga akan meninjau kebijakan internal kami untuk melihat dimana kami dapat berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon dan memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan,” kata Raphael Lachkar, Chief Operations Officer, Vero.

“Namun, menandatangani Clean Creative Pledge merupakan langkah awal yang penting bagi kami untuk dapat lebih berhati-hati dan tidakmenggunakan keahlian dan kemampuan kami untuk membantu menciptakan kampanye untuk industri yang kami yakini membahayakan lingkungan dimasa depan.” imbuhnya.

Para profesional industri yang akan turut bergabung dalam panel PRCA “Should PR Cancel or Counsel?”, yaitu Arun Sudhaman, Editor-in-Chief, PRovoke Media; Duncan Meisel, Executive Director, Clean Creatives; Anish Daryani, Founder & President, M&C Saatchi; Sasha Alwani, VP, Growth, Vero; Raphael Lachkar, COO, Vero; dan Vu Quan Masse-Nguyen, VP, Culture & Brand, Vero.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…