Aleg Golkar Dukung Presiden Jokowi Jadikan RI Produsen Utama Produk Berbasis Nikel

Oleh : Candra Mata | Minggu, 18 September 2022 - 13:04 WIB

Mukhtarudin Anggota Komisi VII DPR RRI (Fraksi Golkar)
Mukhtarudin Anggota Komisi VII DPR RRI (Fraksi Golkar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi VII DPR RI mendukung Presiden Jokowi Mukhtarudin mendukung rencana Presiden Jokowi menjadikan RI sebagai produsen utama produk berbasis Nikel tanah air.

Pasalnya, menurut Mukhtarudin Indonesia merupakan negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia.

"Saya kira potensi ini bisa menjadikan Indonesia sebagai produsen utama kendaraan listrik dan baterai di dunia," tutur Mukhtarudin, Minggu, (28/9/2022).

Baru baru ini Presiden Jokowi telah meninjau pembangunan proyek grand package konsorsium LG di kawasan Industri terpadu Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini bilang kawasan industri baterai terintegrasi di Batang tersebut merupakan industri yang end to end mengolah nikel dari penambangan hingga menjadi mobil listrik.

Diketahui, pada tahun 2021 Indonesia ditetapkan sebagai produsen nikel terbesar di dunia. Menurut data badan survei geologis Amerika Serikat (AS) atau US Geological Survey, produksi nikel Tanah Air mencapai 1 juta metrik ton pada 2021 atau menyumbang 37,04% nikel dunia.

"Dengan potensi yang luar biasa itu saya yakin lewat manajemen pengelolaan yang baik, Indonesia akan bisa menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel dan baterai kendaraan listrik," tandas Mukhtarudin.

Untuk itu, Mukhtarudin melanjutkan merujuk pada Inpres nomor 7 tahun 2022 tentang kendaraan motor listrik, dirinya berharap indonesia bisa terus menjadi produsen nomor 1 terbesar nikel di dunia.

"Karena dengan maraknya campaign kendaraan listrik berbasis baterai di dunia saat ini akan membuat permintaan nikel ke Indonesia semakin banyak ,dan hal ini akan bagus untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia dan untuk membangun ekonomi hijau ke depan," pungkas Mukhtarudin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:42 WIB

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Mendekati akhir tahun, Invest Islands, perusahaan real estate terkemuka di Lombok, membuahkan 12 bulan yang produktif setelah meluncurkan proyek paling spektakuler hingga saat ini, Gran Meliá…

Robert C. Hauck

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:33 WIB

Mondrian Duxton Singapore Luncurkan Gerakan Bertumpu pada Sumber Daya Manusia

Sebuah keramah-tamahan, tetapi tidak seperti yang Anda ketahui pada umumnya di Mondrian Duxton Singapore, di mana seorang General Manager yang berani, cerdas dan kreatif, Robert C. Hauck membentuk…

Ketum IMI bambang Soesatyo

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Buka Jambore Nasional IMI 2022, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holdiny Company Ajik Krisna membuka Jambore Nasional IMI 2022…

CoinEx

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:23 WIB

Pengguna CoinEx Berpeluang Diundang ke Inggris dan Negara Lain, Begini Caranya

Pada tanggal 24 Desember mendatang, crypto exchange CoinEx akan merayakan hari jadinya yang kelima, merayakan perkembangan platform bersama dengan para pengguna setianya.

OPPO di INNO DAY 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:48 WIB

OPPO Komitmen Ungkap Teknologi Mutakhir Baru dan Komitmen Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik

OPPO mengkonfirmasi bahwa acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Bertemakan "Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik",…