27 Tahun MRAT Listing di Bursa, Sebuah Pencapaian Luar Biasa Untuk Perusahaan Lokal Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 16 September 2022 - 11:01 WIB

Ilustrasi saham dilantai bursa (ist)
Ilustrasi saham dilantai bursa (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bila ada perusahaan lokal yang sudah puluhan tahun menjalankan usahanya dan mampu bertahan hingga saat ini maka hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan. Ditambah lagi bila perusahaan tersebut menjadi perusahaan publik yang bertahan hingga puluhan tahun melantai di bursa saham.

Tepatnya 27 tahun. Ya, selama itulah perusahaan lokal kebanggaan bangsa Indonesia, PT Mustika Ratu Tbk dengan kode emiten MRAT telah menjadi perusahaan publik.

PT Mustika Ratu Tbk pertama kali mencatatkan saham di Bursa pada tanggal tahun 1995. Dalam perkembangannya tahun ke tahun, saham Mustika Ratu mengalami fluktuasi pergerakan nilai saham yang dinamis. Hal ini merupakan sebuah hal yang wajar bagi entitas bisnis yang telah go public dimana fluktuasi saham adalah keniscayaan. Namun, peningkatan nilai saham MRAT dari tahun ke tahun semakin menunjukkan tren positif.

Mengapa harus memilih saham MRAT? Tentunya dengan memiliki saham MRAT, para investor akan berkontribusi pada dampak sosial bagi perusahaan lokal yang telah dianggap menjadi pionir dalam industri kecantikan dan kesehatan di Indonesia. Investor juga turut berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kerakyatan yang digagas oleh MRAT sejak didirikan. MRAT telah memberdayakan ribuan pedagang jamu, pemasok bahan baku jamu dan belum terhitung ratusan usaha kecil yang telah puluhan tahun bersinergi bersama Perseroan membangun industri jamu di Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan lokal yang melantai di bursa, 27 tahun perjalanan di bursa bukanlah waktu yang singkat. Ditengah-tengah kondisi ekonomi yang belum stabil, MRAT masih konsisten menjadi perusahaan dengan reputasi terpercaya yang layak mendapat tempat di hati investor.

Seperti dituturkan Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang,”Eksistensi MRAT diakui tidak hanya di domestik, namun diakui hingga mancanegara. Jika berbicara produk di mancanegara, sudah tidak terhitung lagi berapa jumlah produk MRAT yang beredar di pasar global. Yang lebih membanggakan lagi adalah keberhasilan produk Jamu Ready To Drink (RTD) menembus pasar Jepang yang dikenal menerapkan regulasi ketat pada produk asing,” tuturnya.

Bingar menambahkan “Menjadikan produk Mustika Ratu dapat digunakan oleh seluruh konsumen di dunia adalah bagian dari visi strategis MRAT. Hingga tahun ini sebanyak 32 negara sudah menjadi negara destinasi ekspor kami,” tambahnya.

Di bulan September 2022 ini MRAT juga diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amerika Serikat menghadiri Indonesian Night di Kantor KBRI di Washinton DC, Amerika Serikat. Acara yang menghadirkan sesi perkenalan pariwisata dan budaya juga business matching dengan calon pembeli potensial sebagai bentuk apresiasi yang diberikan kepada MRAT sebagai perusahaan lokal yang mampu go global. 

Dengan berada di industri yang semakin kompetitif, MRAT telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Rencana divestasi aset berupa tanah di Cibitung akan digunakan untuk memperkuat struktur modal dalam rangka mempercepat growth plan Perseroan.

Dengan pengalaman selama 27 listing di bursa, MRAT yang kini telah banyak berbenah dengan jajaran direksi yang agile siap menyongsong tantangan industri health and wellness yang semakin tech savvy.

              

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:42 WIB

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Mendekati akhir tahun, Invest Islands, perusahaan real estate terkemuka di Lombok, membuahkan 12 bulan yang produktif setelah meluncurkan proyek paling spektakuler hingga saat ini, Gran Meliá…

Robert C. Hauck

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:33 WIB

Mondrian Duxton Singapore Luncurkan Gerakan Bertumpu pada Sumber Daya Manusia

Sebuah keramah-tamahan, tetapi tidak seperti yang Anda ketahui pada umumnya di Mondrian Duxton Singapore, di mana seorang General Manager yang berani, cerdas dan kreatif, Robert C. Hauck membentuk…

Ketum IMI bambang Soesatyo

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Buka Jambore Nasional IMI 2022, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holdiny Company Ajik Krisna membuka Jambore Nasional IMI 2022…

CoinEx

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:23 WIB

Pengguna CoinEx Berpeluang Diundang ke Inggris dan Negara Lain, Begini Caranya

Pada tanggal 24 Desember mendatang, crypto exchange CoinEx akan merayakan hari jadinya yang kelima, merayakan perkembangan platform bersama dengan para pengguna setianya.

OPPO di INNO DAY 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:48 WIB

OPPO Komitmen Ungkap Teknologi Mutakhir Baru dan Komitmen Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik

OPPO mengkonfirmasi bahwa acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Bertemakan "Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik",…