Diversifikasi Bisnis, Hakaastonn Sediakan Jas Layanan Operasi (JLO) di Jalan Tol Trans Sumatera

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 September 2022 - 17:31 WIB

PT Hakaaston (HKA) Sediakan Jasa Layanan Operasi di Jalan Tol Trans Sumatera
PT Hakaaston (HKA) Sediakan Jasa Layanan Operasi di Jalan Tol Trans Sumatera

INDUSTRY.co.id - Lampung – PT Hakaaston (HKA), salah satu anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang bergerak sebagai penyedia manufaktur aspal dan beton untuk kebutuhan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah melakukan diversifikasi bisnis sebagai penyedia Jasa Layanan Operasi (JLO) Jalan Tol sejak November tahun 2021 lalu.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko HKA M Izzan Zubair menyampaikan bahwa diversifikasi bisnis ini dilakukan perusahaan dalam rangka mengembangkan bisnis eksisting dari core business manufaktur konstruksi.

“Sebelumnya kami telah berkolaborasi dengan Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya dengan melakukan peralihan layanan operasi jalan tol ruas-ruas JTTS dari penyedia JLO sebelumnya. Dari sisi pelanggan kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minumum (SPM) yang telah ditetapkan oleh Hutama Karya dan Regulator terkait. Sementara dari sisi pemeliharaan jalan tol, kami pastikan untuk terus menjaga keselamatan serta kenyamanan pengguna jalan tol dengan melakukan pemeliharaan jalan melalui produksi hotmix dan beton yang merupakan core business HKA,” terang Izzan.

Lebih lanjut Izzan menambahkan bahwa pada bisnis baru ini, HKA sebagai penyedia JLO di JTTS telah melayani Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (140,4 km), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), Pekanbaru – Dumai (131 km) dan Sigli – Banda Aceh (35,8 km) serta 2 lokasi Rest Area pada Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

“Menyusul kita akan kelola 2 ruas JTTS terbaru yakni ruas Pekanbaru – Bangkinang (40 km) dan Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 km). Total sepanjang kurang lebih 498.6 km JTTS yang telah kita layani,” jelas Izzan.

Saat ini JLO HKA meliputi pekerjaan layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan pemeliharaan rutin, dan layanan keamanan dan ketertiban dengan mempekerjakan SDM yang diambil dari masyarakat sekitar ruas dan rest area.

“Melalui diversifikasi bisnis ini, kami berharap dapat menambah portofolio bisnis eksisting yang berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan dan mampu memberikan kontribusi lebih bagi seluruh stakeholder,” tutup M. Izzan Zubair, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko HKA

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…