Kolaborasi B20-L20 Indonesia Dukung Pemulihan Sektor Ketenagakerjaan Global

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 September 2022 - 09:42 WIB

Kolaborasi B20-L20 Indonesia
Kolaborasi B20-L20 Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presidensi G20 Indonesia bersama dengan beberapa engagement group yakni B20 Indonesia dan L20 Indonesia menggelar G20 Labour and Employment Ministers Meeting (LEMM) yang mengambil tema "Improving the Employment Conditions to Recover Together" di Jimbaran, Bali, Selasa 13 -Rabu 14 Septemper 2022.

Pertemuan ini diadakan atas kolaborasi sejumlah mitra sosial Presidensi G20. Acara yang diinisiasi G20, dihadiri G20 LEMM Chair sekaligus Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, Ida Fauziya, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid, perwakilan International Organization of Employer (1OE) General Secretary, Roberto Suárez Santos, perwakilan International Trade Union Confederation (ITUC) yang General Secretary Sharan Burrow.
 
Dalam pernyataan bersama dengan L20, Chair of B20 Indonesia, Shinta Kamdani mengatakan B20 berkomitmen untuk berkontribusi memperbaiki kondisi ketenagakerjaan global melalui konsensus bersama dalam rangka menciptakan pertumbuhan yang inclusive, innovative dan collaborative. 

B20 bersama L20 telah mengidentifikasi sejumlah isu yang perlu diatasi bersama melalui 3 agenda utama yakni pekerjaan yang produktif, modern dan layak; perusahaan berkelanjutan dan upah yang layak serta kebijakan perusahaan yang inklusif dan mendukung kesetaraan gender.
 
"B20 dan L20 sebagai engagement group G20 telah berkolaborasi erat untuk mengatasi tantangan global dan geopolitical melalui penyusunan rekomendasi tripartit dalam rangka mendorong reformasi kondisi ketenagakerjaan yang lebih baik, khususnya untuk mengatasi kesenjangan peluang dan kondisi tenaga kerja antara negara maju dan berkembang. Ini agar kita bisa pulih bersama untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan masa depan dunia melalui kualitas ketenagakerjaan yang lebih resilien dan inklusif," terang Shinta.
 
Shinta menilai, investasi di bidang pendidikan dan akselerasi peningkatan adopsi teknologi digitalisasi juga menjadi krusial untuk menciptakan kondisi pekerjaan layak dan mendorong perusahaan yang berkelanjutan. Kebijakan inovatif yang berpihak kepada UMKM dan sektor bisnis informal, sambung Shinta, juga perlu didorong untuk menciptakan kondisi ketenagakerjaan yang produktif, inklusif dan tangguh terutama di post-pandemic recovery.
 
Ketua Umum KADIN Indonesia yang juga Host of B20 Indonesia, Arsjad Rasjid juga menyoroti isu krusial ini, "Hasil riset McKinsey melansir, sekitar 400 hingga 800 juta orang akan tergantikan oleh teknologi dan adopsi digital. Hal ini akan berkontribusi pada era pekerjaan baru di tahun 2030. Sekitar 75 juta hingga 375 juta orang mau tidak mau akan beralih pada pekerjaan baru dan memiliki keterampilan baru," jelas Arsjad, Selasa (13/9/2022).
 
Lebih lanjut, Arsjad mengatakan salah satu kunci untuk mengatasi tantangan ini adalah inklusivitas gender, mengıngat perbaikan kesetaraan gender berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi global sebesar USD 14 triliun pada tahun 2030. 

B20 Indonesia, kata Arsjad, menaruh perhatian besar pada isu kesetaraan gender, melalui legacy One Global Women Empowerment (OGWE) yang mendukung pemberdayaan perempuan di sektor bisnis melalui peningkatan kapasitas digital dan lingkungan kerja yang aman dan setara.
 
"Selain itu, B20 The Future of Work and Education Task Force juga telah menghasilkan policy recommendation untuk memastikan akselerasi dalam menciptakan peluang dan transisi pekerjaan meningkatkan keterampilan serta akses pendidikan. Legacy penting lainnya dari B20 adalah B20 Wiki, yang menjadi platform untuk meningkatkan kapasitas UMKM melalui cross-country collaborations dan digital transformation,"jelas Arsjad.
 
Dalam kesempatan yang sama, General Secretary IOE, Roberto Suarez Santos mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk mempresentasikan komitmen bersama pengusaha dan serikat pekerja atas tindakan konkret dalam mengatasi tantangan dan hambatan sektor ketenagakerjaan di masa depan serta dampak ekonomi dari COVID terhadap kondisi pekerjaan dan ketenagakerjaan global.
 
"IOE merupakan suara bisnis global yang didirikan lebih dari 100 tahun lalu, bertujuan untuk melakukan kordinasi sektor bisnis di dalam ILO. Selama Presidensi G20 Indonesia, kami telah bekerja sama erat dengan B20 Indonesia. Kami merasa terhormat bahwa 1OE akan menjadi Sekretariat OGWE, legacy penting Presidensi B20 Indonesia untuk memastikan koherensi dan konsistensi antara hasil kerja Presidensi B20 dan G20," kata Roberto.
 
Selain pertemuan dengan mitra sosial, acara juga dihadiri menteri serta perwakilan kementerian yang menangani urusan ketenagakerjaan dari negara G20, perwakilan organisasi global dan regional seperti International Labour Organization (ILO), World Bank, International Social Security Association (ISSA), OECD DELSA, Islamic Development Bank (1DB), Asean, Pacific Island Forum (PIF).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…