Inspigo Kembali Hadirkan 'Kupas Bisnis ala Aviliani' Season Kedua, Angkat 5 UMKM Inspiratif

Oleh : Ridwan | Rabu, 14 September 2022 - 16:17 WIB

Konferensi pers 'Kupas Bisnis ala Aviliani'
Konferensi pers 'Kupas Bisnis ala Aviliani'

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah mendulang sukses di season pertama, Inspigo kembali meluncurkan podcast show bertajuk "Kupas Bisnis ala Aviliani" season kedua.

Episode pertama di season kedua ini sudah dapat didengar secara ekslusif di aplikasi inspigo pada 5 September 2022 lalu.

Inspigo atau yang disebut inspiration on the go merupakan sebuah media atau platform berupa aplikasi. Aplikasi ini menyediakan konten audio podcast yang menyajikan berbagai topik seputar pengetahuan, motivation dan skills.  

“Tujuan dari podcast ini adalah agar banyak usaha bisa saling belajar satu dengan lainnya, memotivasi orang jadi pebisnis dan kaum profesional pun dapat memahami bagaimana mereka bekerja dengan memiliki jiwa pebisnis sehingga dapat membuat perusahaan untung,” kata Ekonom Senior Indef, Aviliani di Jakarta, Rabu (14/9).

Kupas bisnis ala Aviliani season 2 terdiri dari 5 episode mewawancarai 5 UMKM yang unik dengan skil-skil menarik yang bisa dipelajari oleh pendengar Inspigo untuk diterapkan di dunia kerja mereka.

Pada episode pertama, akan ada Pak Eko Sulistyanto dengan Warung Tumannya yang unik. Yang menarik dari episode ini adalah lokasi bisnis yang tidak strategis tapi sukses menarik yang konsumen. 

“Ada skil-skil yang bisa dipelajari pada episode ini yakni creativity, bagaimana orang memanfaatkan medsos sebagai media promosi dengan kekuatan narasi, lalu ada originality dimana warung ini menawarkan menu makanan unik yang berasal dari resep warisan keluarga dan yang terakhir initiative yakni membuka peluang usaha untuk warga sekitar dengan mengajak mereka berjualan di sekitar Warung Tuman,” papar Dita Guritno, Co-founder & Chief of Content Inspigo. 

Di episode kedua akan ada Ibu Wahyuni dari Omocha Toys. Nantinya akan ada penjelasan apa  saja keunikan Omocha Toys dan juga rahasia dalam menjalankan bisnis mainan anak edukatif selama 15 tahun tips cara bersaing di era serba digital.

“Ada skil active learning yang bisa dipelajari yakni selalu belajar secara aktif untuk bisa relevan dengan zaman dan kebutuhan konsumen,” jelas Dita.

Ada inspirasi menarik juga dari Dominique Alexander pendiri startup Semaii di episode 3. Dominique yang berlatar belaklang desain interion menjalankan bisnis pertanian (microgreens) dengan sistem teknologi Controlled Environment Agriculture (CEA).

Ada skil Complex Problem Solving yang bisa dipelajari yakni mengatasi masalah yang sering dihadapi dalam dunia bisnis. Lalu ada Technology Use yakni melihat dan memanfaatkan penggunaan teknologi untuk investasi di masa depan. Ada juga Monitoring & Control dimana setiap bisnis perlu dilakukan monitoring & control agar bisa mengembangkan bisnisnya.

Sementara itu ada Hendi RS dengan Westbike Messenger Service di episode keempat. Di episode ini akan dijelaskan bagaimana Hendi menjalankan bisnis jasa kurir yang ramah lingkungan dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasnya.

“Ada skil reasoning, problem solving dan ideation yang bisa dipelajar dari episode ini,” jelas Dita.

Di episode terakhir ada Jasmyne Oei dan Erin Zulviana dari Sepiring Indonesia. Di tengah jenis oleh-oleh yang hanya begitu-beitu saja, Sepiring Indonesia hadir dengan inovasi produk yang berbeda daripada yang lainnya, salah satunya dalam bentuk piring. Ini tentunya akan menjadi inspirasi menarik bagi pelaku UMKM

“Ditengah kondisi global yang belum membaik, pemerintah memberlakukan agar instansi pemerintah dan BUMN membeli produk UMKM. Ini merupakan langkah positif untuk menggerakan pasar domestik. Tinggal bagaimana pelaku UMKM terus meningkatkan mutu dan selalu berinovasi sehingga pasarnya semakin besar,” pungkas Aviliani.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Sabtu, 10 Desember 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Hadiri Pelepasan Sailing Camp Perti Saka Bahari 2022

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, menghadiri Upacara pelepasan Sailling Camp Perti saka Bahari dalam rangka peringatan Hari Armada RI…

Kolaborasi TNI AL-Laskar Indonesia Pusaka Suguhkan Lakon 'Pandowo Boyong'

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:59 WIB

Lestarikan Seni Budaya, Kolaborasi TNI AL-Laskar Indonesia Pusaka Suguhkan Lakon 'Pandowo Boyong'

Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera sekaligus pelestarian wayang orang, TNI AL bersama Laskar Indonesia Pusaka (LIP), didukung Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, akan mempergelarkan…

Kemenperin Selenggarakan Program D1

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:47 WIB

Kemenperin Selenggarakan Program D1, Lulusan Bisa Langsung Kerja

SDM angkatan tenaga kerja secara keseluruhan di Indonesia pada Era Industri 4.0 berjumlah 144,01 juta jiwa atau 69,06% dari total penduduk usia kerja berjumlah total 208,54 juta, dengan komposisi…

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:30 WIB

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh serta Stamina, Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar selesai apel laksanakan olahraga di Markas Komando Korps Marinir Jl. Prajurit KKO Usman…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono: Program Kerja TNI AL Harus Sesuai Prioritas Nasional

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan dan Anggaran Keuangan (Renaku) II UO TNI Angkatan Laut (TNI AL) tahun anggaran 2023…