KSP Sahabat Mitra Sejati Memfasilitasi Pemberian NIB kepada Para Pelaku UMKM

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 September 2022 - 09:19 WIB

KSP Sahabat Mitra Sejati Memfasilitasi Pemberian NIB kepada Para Pelaku UMKM
KSP Sahabat Mitra Sejati Memfasilitasi Pemberian NIB kepada Para Pelaku UMKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Festival UMKM Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati menaikkan kelas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan memfasilitasi pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB). Ketua Pengurus KSP Sahabat Mitra Sejati Deddy Irja Pratama mengatakan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemasukan, memperluas akses pasar, dan mempermudah mendapatkan legalitas bagi para anggota pelaku UMKM yang berada dalam naungan KSP Sahabat Mitra Sejati.

“Anggota sangat membutuhkan perizinan yang lebih lengkap seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) karena NIB ini bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Pelaku usaha akan terdaftar pula sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan. Anggota mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu mereka memperoleh keuntungan dari mengikuti Festival UMKM ini dan mendapatkan NIB sehingga mereka dapat naik kelas," jelas Deddy Irja di Jakarta, Selasa (13/9).

Lebih lanjut, Direktur Pengembangan Potensi Daerah Kementerian Investasi/BKPM Suhartono mengatakan bahwa kegiatan ini bisa meraih target yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo untuk menaikkan kelas pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Kegiatan ini bisa meraih target yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk menaikkan kelas pelaku UMKM. Salah satunya dengan pemberian NIB sebagai legalitas utama di Indonesia. Selain itu, sudah ada juga 20 lokasi lainnya yang tersebar di Indonesia yang menggelar kegiatan serupa,” ujar Suhartono. 

Suhartono juga menjelaskan bahwa kegiatan ini membantu pihak kementerian dalam mensosialisasikan pemberian NIB kepada para pelaku usaha. Juga, bisa menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk memulihkan perekonomian di Indonesia pasca pandemi Covid-19. 

Festival UMKM KSP Sahabat Mitra Sejati yang berlangsung pada 23-26 Agustus 2022 di Garden & The Atrium Sampoerna Strategic Square lalu dibuka langsung oleh Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho. Kegiatan ini merupakan festival perdana yang diselenggarakan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati bekerja sama dengan PT Sampoerna Land. Rangkaian acara mewarnai kegiatan ini antara lain adalah talkshow yang dibuka langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Kegiatan ini diikuti oleh 130 pelaku UMKM. Selain itu juga terdapat berbagai macam bazaar, dan tak kalah pentingnya adalah pendampingan pembuatan NIB bagi para pelaku UMKM. 

Secara keseluruhan, Festival UMKM ini bertujuan untuk menjalankan misi KSP Sahabat Mitra Sejati yaitu memberdayakan para anggotanya dengan memberi kesempatan dan dukungan agar berhasil di UMKM, mendukung program pemerintah sebagaimana arahan Bapak Presiden Jokowi mengenai kemudahan mendapatkan legalitas bagi para pelaku usaha khususnya pelaku UMKM melalui layanan Online Single Submission (OSS), dan  menindaklanjuti arahan dari Kementerian Koperasi dan UKM R.I dalam rangka percepatan kemudahan legalitas usaha melalui Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi anggota koperasi yang notabenenya sebagian besar adalah pelaku UMKM.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CoinEx

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:23 WIB

Pengguna CoinEx Berpeluang Diundang ke Inggris dan Negara Lain, Begini Caranya

Pada tanggal 24 Desember mendatang, crypto exchange CoinEx akan merayakan hari jadinya yang kelima, merayakan perkembangan platform bersama dengan para pengguna setianya.

OPPO di INNO DAY 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:48 WIB

OPPO Komitmen Ungkap Teknologi Mutakhir Baru dan Komitmen Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik

OPPO mengkonfirmasi bahwa acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Bertemakan "Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik",…

Presiden Jokowi dan Mempelai Pria, Kaesang

Sabtu, 10 Desember 2022 - 09:58 WIB

Kaesang Sekeluarga Hadiri Upacara Malam Midodareni di Rumah Erina Gudono

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengantar putra bungsunya, Kaesang Pangarep, ke rumah calon mempelai wanitanya, Erina Gudono, di Sleman, Yogyakarta, untuk menjalani prosesi upacara midodareni…

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Sabtu, 10 Desember 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Hadiri Pelepasan Sailing Camp Perti Saka Bahari 2022

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, menghadiri Upacara pelepasan Sailling Camp Perti saka Bahari dalam rangka peringatan Hari Armada RI…

Kolaborasi TNI AL-Laskar Indonesia Pusaka Suguhkan Lakon 'Pandowo Boyong'

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:59 WIB

Lestarikan Seni Budaya, Kolaborasi TNI AL-Laskar Indonesia Pusaka Suguhkan Lakon Pandowo Boyong

Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera sekaligus pelestarian wayang orang, TNI AL bersama Laskar Indonesia Pusaka (LIP), didukung Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, akan mempergelarkan…