Jaga Industri Kilit dan Alas Kaki di Leves Ekspansif, Kemenperin Gelar Pameran Sepatu Kulit dan Fashion 2022

Oleh : Hariyanto | Selasa, 06 September 2022 - 17:30 WIB

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo
Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Guna menjaga industri alas kaki, kulit dan barang jadi kulit pada level ekspansif, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melakukan berbagai program strategis. Salah satu langkah yang juga rutin dijalankan adalah promosi dan pengenalan produk alas kaki, kulit dan barang jadi kulit khususnya di pasar domestik. Contohnya, penyelanggaraan Pameran Sepatu Kulit dan Fashion 2022.

“Pameran ini merupakan upaya yang tepat sebagai sarana pengenalan produk dan bussines matching industri, sebagai jembatan antar sesama pelaku usaha (B2B) dan antar pelaku usaha dengan konsumen (B2C),serta sebagai sarana untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri pada sektor kulit, barang jadi kulit dan alas kaki,” papar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo yang mewakili Menteri Perindustrian saat membuka Pameran Sepatu Kulit dan Fashion 2022 di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Pada kesempatan ini,dilaksanakan MoU antara produsen alas kaki nasional yang diwakili Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO) dengan produsen kulit dalam negeri yang diwakili Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI). Tujuan kerja samaini untuk meningkatkan keterkaitan antar industri serta upaya untuk menyukseskan program substitusi impor.

“MoU ini juga untuk memastikan agar rantai pasok antara hulu dan hilir dari industri sepatu dalam negeri benar-benar terwujud,” ujar Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tesktil Ignatius Warsito.

Selain itu, rangkaian agenda pembukaan pameran dilengkapi dengan pencanangan penggunaan produk alas kaki dalam negeri di lingkungan Kementerian Perindustrian. Ini sebagai komitmenKemenperin selaku pembina industri untuk menggunakan sebesar-besarnya hasil produksi dalam negeri. 

Kemenperin berharap, inisiasi tersebut menjadi pemicu komitmen bersama yang akan dilanjutkan oleh kementerian dan lembaga lain, pemerintah daerah, BUMN dan masyarakat pada umumnya untuk menggunakan hasil kreasi dan produksi anak bangsa.

Pameran Sepatu, Kulit dan Fashion 2022 ini berlangsung pada tanggal 6-9 September 2022, yang diikuti oleh para pengusaha dan asosiasi dari industri alas kaki, kulit dan produk kulit serta pakaian jadi yang menempati 47 stan. 

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah bersama dunia usaha dalam upaya meningkatkan promosi dan penyebaran informasi tentang kemampuan industri sepatu, kulit dan barang jadi kulit serta pakaian jadi dalam negeri sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing produk tersebut,”kata Warsito.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…