Gelar Pameran Sepatu Kulit, Kemenperin Siap Lanjutkan Kinerja Gemilang Industri Kulit dan Alas Kaki

Oleh : Ridwan | Selasa, 06 September 2022 - 15:20 WIB

Sekjen Kemenperin Dody Widido bersama Plt. Dirjen IKFT Kemenperin Ignatius Warsito pada pembukaan pameran sepatu kulit dan fashion di Plaza Kemenperin
Sekjen Kemenperin Dody Widido bersama Plt. Dirjen IKFT Kemenperin Ignatius Warsito pada pembukaan pameran sepatu kulit dan fashion di Plaza Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri kulit, barang jadi kulit dan alas kaki tumbuh positif sebesar 13,12% pada triwulan II tahun 2022. Kinerja gemilang ini masuk dalam tiga besar di sektor industri pengolahan karena didorong tingginya permintaan ekspor serta daya tarik investasi yang semakin baik dan pengalihan order dari beberapa brand global ke Indonesia. 

“Utilisasi industri kulit, barang jadi kulit dan alas kaki juga mengalami kenaikan sebesar 84,49% pada bulan Juli 2022 apabila dibandingkan dengan utilisasi sebelum pandemi sekitar 80,18%," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa (6/9).

Nilai ekspor kulit, barang jadi kulit dan alas kaki sampai dengan Juni tahun 2022 mencapai USD4,62 miliar atau naik 41,26% dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya sebesar USD3,26 miliar. Dari nilai tersebut, distribusi ekspor berupa alas kaki sebesar 86%, barang jadi kulit 13%, dan kulit samak 1%.

Guna menjaga industri alas kaki, kulit dan barang jadi kulit pada level ekspansif, pemerintah melakukan berbagai program strategis, diantaranya melalui program substitusi impor 35% tahun 2022, dengan tujuan mendorong peningkatan utilisasi industri existing sekaligus peningkatan investasi di Indonesia, baik investasi baru maupun perluasan.

Berikutnya, implementasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), percepatan transformasi menuju industri 4.0 dengan memanfaatkan beberapa teknologi kunci seperti artificial intelligence dan internet of things (IoT), serta peningkatan kemampuan SDM industri.

Selain beberapa program tersebut, salah satu langkah yang juga rutin dijalankan adalah promosi dan pengenalan produk alas kaki, kulit dan barang jadi kulit khususnya di pasar domestik. Contohnya, penyelanggaraan Pameran Sepatu Kulit dan Fashion 2022.

"Pameran ini merupakan upaya yang tepat sebagai sarana pengenalan produk dan bussines matching industri, sebagai jembatan antar sesama pelaku usaha (B2B) dan antar pelaku usaha dengan konsumen (B2C), serta sebagai sarana untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri pada sektor kulit, barang jadi kulit dan alas kaki," papar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo yang mewakili Menteri Perindustrian saat membuka Pameran Sepatu Kulit dan Fashion 2022 di Jakarta, Selasa (6/9).

Pada kesempatan ini, dilaksanakan MoU antara produsen alas kaki nasional yang diwakili Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO) dengan produsen kulit dalam negeri yang diwakili Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI). 

Adapun, tujuan kerja sama ini untuk meningkatkan keterkaitan antar industri serta upaya untuk menyukseskan program substitusi impor. 

"MoU ini juga untuk memastikan agar rantai pasok antara hulu dan hilir dari industri sepatu dalam negeri benar-benar terwujud," ujar Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tesktil Ignatius Warsito.

Selain itu, rangkaian agenda pembukaan pameran dilengkapi dengan pencanangan penggunaan produk alas kaki dalam negeri di lingkungan Kementerian Perindustrian. Ini sebagai komitmen Kemenperin selaku pembina industri untuk menggunakan sebesar-besarnya hasil produksi dalam negeri. 

Kemenperin berharap, inisiasi tersebut menjadi pemicu komitmen bersama yang akan dilanjutkan oleh kementerian dan lembaga lain, pemerintah daerah, BUMN dan masyarakat pada umumnya untuk menggunakan hasil kreasi dan produksi anak bangsa. 

Pameran Sepatu, Kulit dan Fashion 2022 ini berlangsung pada tanggal 6-9 September 2022, yang diikuti oleh para pengusaha dan asosiasi dari industri alas kaki, kulit dan produk kulit serta pakaian jadi yang menempati 47 stan. 

"Kegiatan ini merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah bersama dunia usaha dalam upaya meningkatkan promosi dan penyebaran informasi tentang kemampuan industri sepatu, kulit dan barang jadi kulit serta pakaian jadi dalam negeri sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing produk tersebut," kata Warsito.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IKP Fest 2023 Hadirkan Talkshow Bekasi Berani Lawan Hoaks Pemilu 2024

Jumat, 01 Desember 2023 - 00:51 WIB

IKP Fest 2023 Hadirkan Talkshow Bekasi Berani Lawan Hoaks Pemilu 2024

Cikarang Selatan - Dinas Komunikasi dan Informasi Persandian Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi menyelenggarakan acara IKP Festival tahun 2023. Acara dimulai dengan kegiatan Talkshow…

Pada tahap awal, pembangkit listrik tersebut akan menggunakan bahan bakar campuran 35% biofuel dan 65% solar

Kamis, 30 November 2023 - 23:24 WIB

Wärtsilä Dapat Kontrak Pasok Dua Pembangkit Listrik Berkapasitas 30 MW

Grup teknologi Wärtsilä akan memasok genset untuk dua pembangkit listrik di Indonesia. Pemesanan telah dilakukan oleh KEPCO E&C, anggota konsorsium KEPCO E&C-Adhi Karya, konsorsium yang membangun…

Putri Handayani umumkan misinya melakukan pendakian ke Benua Antartika.

Kamis, 30 November 2023 - 23:03 WIB

Misi Pendakian Putri Handayani Ke Benua Antartika Untuk Raih Gelar The Explorer's Grand Slam

Jika Putri berhasil menuntaskan misinya, ia akan menjadi orang Indonesia dan wanita Asia Tenggara pertama yang mendapatkan titel The Explorer’s Grand Slam, yaitu sebuah gelar prestisius yang…

Perlindungan gadget dari Bliblicare dan Cermat Protect.

Kamis, 30 November 2023 - 22:48 WIB

Bliblicare+ Hadirkan Perlindungan Gadget Dari Cermati Protect

Kerja sama Cermati Protect dengan Blibli menjawab kebutuhan perlindungan gadget yang dibeli di Blibli Group dengan manfaat jaminan perbaikan juga pergantian atas kerusakan termasuk kehilangan…

Suasana rapat di dalam kantor

Kamis, 30 November 2023 - 22:21 WIB

Ini 3 Hal Administratif Legal yang Sering Diabaikan dalam Merintis Usaha

Dalam memulai suatu usaha, kebanyakan orang memilih untuk tidak menunda memperkenalkan produk maupun jasa yang ditawarkan ke target market.