Menparekraf Sandiaga Uno: Beli Kreatif Lokal Sumsel Momentum Peningkatan Omzet Pelaku Ekraf

Oleh : Candra Mata | Selasa, 06 September 2022 - 11:44 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno dalam 'Weekly Brief With Sandi Uno' didampingi oleh PLT Deputi Pemasaran Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani (kiri), Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti, dan Direktur Industri Kreatif Fesyen, Desain, dan Kuliner Kemenparekraf Yuke Sri Rahayudi di Gedung Sapta Pesona Jakarta (5/9/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno dalam 'Weekly Brief With Sandi Uno' didampingi oleh PLT Deputi Pemasaran Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani (kiri), Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti, dan Direktur Industri Kreatif Fesyen, Desain, dan Kuliner Kemenparekraf Yuke Sri Rahayudi di Gedung Sapta Pesona Jakarta (5/9/2022).

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Gerakan Beli Kreatif Sumatra Selatan (BKSS) sebagai upaya meningkatkan omzet pelaku ekonomi kreatif di Sumatra Selatan.

Dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2022), Menparekraf Sandiaga mengatakan kegiatan yang akan dibuka pada 14 September 2022 ini akan menghadirkan berbagai produk ekraf yang ada di Sumatra Selatan. "Gerakan ini diharapkan bisa meningkatkan kontribusi ekraf lebih tinggi lagi dan mengangkat potensi wisata Sumatra Selatan dalam target mencetak 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas pada 2024," kata Sandiaga melalui keterangan tertulisnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id, Selasa (6/9/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Plt Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan gerakan ini diikuti oleh berbagai pelaku ekraf Sumatra Selatan yang didominasi oleh pelaku subsektor kriya, fesyen, dan kuliner. "Rencananya akan ada 200 pelaku ekraf yang terlibat (dalam BKSS) dari 600 pelaku yang sudah terkurasi," kata Ni Wayan Giri.

Ni Wayan Giri menambahkan nantinya pelaku-pelaku UMKM ekraf ini akan mendapat pendampingan dari Kemenparekraf dan pihak-pihak terkait lainnya selama tiga bulan. Kemudian, dalam gerakan ini akan ada penilaian khusus bagi pelaku UMKM ekraf yang mengedepankan keberlanjutan lingkungan. 

"Bila (pelaku UMKM ekraf) memperhatikan keberlangsungan lingkungan, maka akan memperoleh nilai plus selain memperhatikan nilai-nilai budaya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti menambahkan berkaca dari keberhasilan Beli Kreatif Danau Toba yang berhasil meningkatkan omzet penjualan pelaku UMKM ekraf di Sumatra Utara hingga 100 persen, maka Beli Kreatif Sumatra Selatan diharapkan dapat menaikkan omzet pelaku UMKM ekraf di Sumatra Selatan minimal 100 persen. 

"Jadi di tahun ini minimal targetnya sama (seperti Beli Kreatif Danau Toba), tapi kami yakin bisa lebih dari itu karena kondisi (ekonomi) sudah semakin membaik. Jadi (target) kenaikan omzet minimal 100 persen dan penyerapan tenaga kerja hingga 200 persen atau dua kali lipat," kata Yuana.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Industri Kreatif Fesyen, Desain, dan Kuliner Kemenparekraf/Baparekraf Yuke Sri Rahayu serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Selatan, Aufa Syahrizal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman

Senin, 26 September 2022 - 19:48 WIB

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Tubuh Anda dalam Sehari? Cobalah Hitung dengan Metode Ini

Jakarta– Kata "protein" berasal dari kata Yunani "protos," yang berarti "peringkat satu atau posisi yang paling utama" dan kata ini dipilih karena alasan yang bagus.

diskusi online yang digelar Forum Merdeka Barat bertajuk "UU Cipta Kerja Tumbuhkan Pengusaha Muda dan UMKM" pada Senin (26/9/22).

Senin, 26 September 2022 - 19:37 WIB

UU Ciptakerja Memberi Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM

Jakarta, FMB9 - Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arief Budimanta menyampaikan kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bertujuan memberikan kemudahan, perlindungan…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 19:30 WIB

Dibekali Fitur Canggih, New Xpander Cross Lebih Unggul dari Mobil Sekelas

New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mengusung tagline “Rise to Your Life’s Adventure”,…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 26 September 2022 - 19:19 WIB

Sebelum Diberlakukan, Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Konversi ke Kompor Listrik

Jakarta- Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah untuk melanjutkan ujicoba konversi elpiji ke listrik dan membuktikan bahwa dengan cara ini masyarakat bisa berhemat.

CEO Telin Budi Satria Dharma Purba (kedua dari kanan) berdiskusi dengan para Panelis, dari TI Sparkle Leonardo Cerciello (paling kanan), China Unicom Global Dr. Meng Shusen (tengah), Head of Asia GSMA Julian Gorman (kedua dari Kiri), dan SMD Delta Partners Sam Evans (paling kiri)

Senin, 26 September 2022 - 19:15 WIB

Perkuat Infrastruktur, Telkom Bidik Potensi Konektivitas Asia Pasifik

PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menilai konektivitas Asia Pasifik memiliki potensi pertumbuhan yang sangat tinggi, seiring dengan transformasi digital yang dilakukan negara-negara…