Kerjasama President University dan RSUD Bekasi Jadi Perwujudan Academic Health System di Kawasan Industri Jababeka

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 September 2022 - 12:35 WIB

Faculty of Medicine President University
Faculty of Medicine President University

INDUSTRY.co.id - Bekasi - President University bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi untuk penyediaan fasilitas pendidikan utama dan pelaksanaan program studi kedokteran untuk mahasiswa President University khususnya Fakultas Kedokteran (FK). Kerjasama tersebut di tandai dengan perjanjian kerjasama yang ditandatangani pada Rabu (24/8/2022) lalu.

Dekan Fakultas Kedokteran, President University, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M. Kes. menjelaskan bahwa dalam kerjasama yang dilakukan oleh President University dan RSUD Bekasi ini, RSUD Kab. Bekasi akan menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Presiden.

"Selain itu juga ada kerja sama terkait pengembangan Academic Health System (AHS) di kawasan industri Jababeka dan Kabupaten Bekasi yang juga melibatkan FK UNPAD selaku institusi pembina dari FK PresUniv dan koordinator Academic Health System (AHS) bagi kawasan Jawa Barat sesuai dengan Surat Keputusan Menteri," kata Prof. Dr. Budi saat dihubungi INDUSTRY.co.id, beberapa waktu lalu.

Prof. Dr. Budi menambahkan, selain pemenuhan prasyarat pendirian Program Studi Kedokteran bagi Universitas Presiden, kerja sama ini menjadi batu loncatan untuk pengembangan Academic Health System melalui kerja sama tripartit dengan Fakultas Kedokteran UNPAD.

"Manfaatnya tidak hanya berguna untuk Universitas Presiden namun juga bagi pengembangan RSUD Kab Bekasi dan Kabupaten Bekasi sendiri sesuai dengan semangat konsep Academic Health System yang di usung yaitu “From Bekasi For Indonesia To The World” demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan jumlah serta kualitas dari layanan kesehatan secara umum," ungkap Prof. Budi.

Prof. Budi mengungkapkan, alasan dipilihnya RSUD Bekasi lantaran selain syarat minimal Rumah Sakit Pendidikan yang harus memiliki akreditasi paripurna dan merupakan Rumah Sakit Kelas B yang berada dalam satu lokasi dengan kampus utama dimana Fakultas Kedokteran akan beroperasi yang telah terpenuhi oleh RSUD Kab. Bekasi.

"Selain itu, RSUD Kab. Bekasi juga telah memiliki pengalaman dan track record yang mumpuni sebagai Rumah Sakit Pendidikan untuk pemenuhan kompetensi mahasiswa sebagai dokter umum dengan dukungan sumber daya dan fasilitas yang mumpuni," ungkap Prof. Budi.

"PT Jababeka sebagai pengelola kawasan juga sudah melaksanakan berbagai kegiatan CSR di bidang pendidikan dan kesehatan terutama untuk penanganan covid-19 yang juga melibatkan RSUD Kab. Bekasi dan kawasan Kabupaten Bekasi. Sehingga kerja sama dengan RSUD Kab. Bekasi untuk pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Presiden menjadi sebuah keniscayaan," imbuhnya.

Prof. Budi mengatakan, pendirian Program Studi Kedokteran di Universitas Presiden adalah bagian dari visi besar perwujudan Academic Health System di Kawasan Industri Jababeka dan Kabupaten Bekasi dengan harapan agar terbentuk suatu sistem terintegrasi dimana kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelayanan kesehatan dapat berlangsung secara berkesinambungan dan saling mendukung antara satu sama lain bagi institusi pendidikan, layanan kesehatan, pemerintah, serta stakeholders lainnya.

"Besar harapan kami konsep pendidikan kedokteran yang mendorong transformative learning melalui Academic Health System ini dapat menjadi model atau prototipe pendidikan kedokteran di kawasan industri dan kabupaten lainnya di Indonesia," pungkas Prof. Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Sabtu, 26 November 2022 - 16:10 WIB

Tak Hanya Cocok jadi Wisata Wellness Tourism, Menteri Sandi: KEK Morotai Miliki Peluang Bisnis Digitalisasi yang Besar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai pulau Morotai, Maluku Utara sangat cocok dikembangkan menjadi destinasi wisata wellness tourism.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama saat meninjau KEK Morotai

Sabtu, 26 November 2022 - 16:00 WIB

Resmikan Falila Square, Menparekraf Sandiaga Uno Takjub Keindahan Pariwisata KEK Morotai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara langsung menghadiri Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

Kawasan Benteng Van den Bosch

Sabtu, 26 November 2022 - 15:48 WIB

Siap Diresmikan, Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Benteng Pendem Kabupaten Ngawi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi bangunan di Kawasan Pusaka Benteng Van den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem di Kabupaten…

SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom Ahmad Reza (kanan depan) menerima penghargaan pada malam puncak penganugerahan AMH 2022.

Sabtu, 26 November 2022 - 15:42 WIB

Telkom Terima Dua Penghargaan Bergengsi Pada Ajang Anugerah Media Humas 2022

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil meraih dua penghargaan pada bidang komunikasi di ajang Anugerah Media Humas 2022.

Ilustrasi olahraga

Sabtu, 26 November 2022 - 15:22 WIB

Cegah Nyeri Sendi Sebelum Bertambah Parah dengan Nutrisi Khusus Sendi

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang. Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan istilah osteoarthritis. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan nyeri…