Kerjasama President University dan RSUD Bekasi Jadi Perwujudan Academic Health System di Kawasan Industri Jababeka

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 September 2022 - 12:35 WIB

Faculty of Medicine President University
Faculty of Medicine President University

INDUSTRY.co.id - Bekasi - President University bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi untuk penyediaan fasilitas pendidikan utama dan pelaksanaan program studi kedokteran untuk mahasiswa President University khususnya Fakultas Kedokteran (FK). Kerjasama tersebut di tandai dengan perjanjian kerjasama yang ditandatangani pada Rabu (24/8/2022) lalu.

Dekan Fakultas Kedokteran, President University, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M. Kes. menjelaskan bahwa dalam kerjasama yang dilakukan oleh President University dan RSUD Bekasi ini, RSUD Kab. Bekasi akan menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Presiden.

"Selain itu juga ada kerja sama terkait pengembangan Academic Health System (AHS) di kawasan industri Jababeka dan Kabupaten Bekasi yang juga melibatkan FK UNPAD selaku institusi pembina dari FK PresUniv dan koordinator Academic Health System (AHS) bagi kawasan Jawa Barat sesuai dengan Surat Keputusan Menteri," kata Prof. Dr. Budi saat dihubungi INDUSTRY.co.id, beberapa waktu lalu.

Prof. Dr. Budi menambahkan, selain pemenuhan prasyarat pendirian Program Studi Kedokteran bagi Universitas Presiden, kerja sama ini menjadi batu loncatan untuk pengembangan Academic Health System melalui kerja sama tripartit dengan Fakultas Kedokteran UNPAD.

"Manfaatnya tidak hanya berguna untuk Universitas Presiden namun juga bagi pengembangan RSUD Kab Bekasi dan Kabupaten Bekasi sendiri sesuai dengan semangat konsep Academic Health System yang di usung yaitu “From Bekasi For Indonesia To The World” demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan jumlah serta kualitas dari layanan kesehatan secara umum," ungkap Prof. Budi.

Prof. Budi mengungkapkan, alasan dipilihnya RSUD Bekasi lantaran selain syarat minimal Rumah Sakit Pendidikan yang harus memiliki akreditasi paripurna dan merupakan Rumah Sakit Kelas B yang berada dalam satu lokasi dengan kampus utama dimana Fakultas Kedokteran akan beroperasi yang telah terpenuhi oleh RSUD Kab. Bekasi.

"Selain itu, RSUD Kab. Bekasi juga telah memiliki pengalaman dan track record yang mumpuni sebagai Rumah Sakit Pendidikan untuk pemenuhan kompetensi mahasiswa sebagai dokter umum dengan dukungan sumber daya dan fasilitas yang mumpuni," ungkap Prof. Budi.

"PT Jababeka sebagai pengelola kawasan juga sudah melaksanakan berbagai kegiatan CSR di bidang pendidikan dan kesehatan terutama untuk penanganan covid-19 yang juga melibatkan RSUD Kab. Bekasi dan kawasan Kabupaten Bekasi. Sehingga kerja sama dengan RSUD Kab. Bekasi untuk pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Presiden menjadi sebuah keniscayaan," imbuhnya.

Prof. Budi mengatakan, pendirian Program Studi Kedokteran di Universitas Presiden adalah bagian dari visi besar perwujudan Academic Health System di Kawasan Industri Jababeka dan Kabupaten Bekasi dengan harapan agar terbentuk suatu sistem terintegrasi dimana kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelayanan kesehatan dapat berlangsung secara berkesinambungan dan saling mendukung antara satu sama lain bagi institusi pendidikan, layanan kesehatan, pemerintah, serta stakeholders lainnya.

"Besar harapan kami konsep pendidikan kedokteran yang mendorong transformative learning melalui Academic Health System ini dapat menjadi model atau prototipe pendidikan kedokteran di kawasan industri dan kabupaten lainnya di Indonesia," pungkas Prof. Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…