Antam Maksimalkan Reklamasi Berkelanjutan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:16 WIB

Gedung Antam
Gedung Antam

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melakukan pemanfaatan limbah guna mengoptimalkan kegiatan reklamasi yang dilakukan di Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat.

Tandan kosong kelapa sawit (tankos). Tankos merupakan limbah sawit dengan jumlah melimpah di sekitar wilayah operasional ANTAM yang berada di antara perkubunan sawit. Pemanfaatan tankos dipadukan dengan penanaman legum cover crop (LCC) untuk memperbaiki kondisi awal tanah setelah penambangan.

Sekretaris perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie menyebut perusahaannya telah melakukan pemanfaatan tankos kelapa sawit sebagai bahan untuk reklamasi bersama dengan masyarakat.

“Kegiatan pascatambang yang dilakukan di wilayah operasi UBP Bauksit Kaliamantan Barat ini dilakukan dengan melibatkan kelompok rentan sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk creating shared value. Hingga saat ini 200 masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Mamalam telah menjadi mitra Antam,” katanya kepada wartawan, Selasa, 30 Agustus 2022

Faisal menjelaskan, tankos merupakan material kaya unsur hara. Dari teksturnya yang runcing dan tajam, tankos cocok untuk di lereng yang curam di atas 450 meter. Selain itu, tankos memiliki perimbangan magnesium/kalium (Mg/K) dan kapasitas tukar kation yang tinggi.

“Tankos juga menjadi sumber makanan bagi mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik. Penggunaan tankos dapat membantu percepatan pertumbuhan tinggi tanaman dan tajuk yang lebih lebar,” lanjutnya.

Hingga saat ini, tercatat sejumlah 587.036 bibit tanaman telah ditanam di lahan reklamasi tambang bauksit Antam di Kalbar. Adapun jenis-jenis tanaman yang ditanam adalah jambu hutan, sengon, karet, johar, jengkol, jambu mete, nyatoh, dan ulin.

Bagi Antam, pengembangan inovasi pengelolaan pascatambang, senantiasa dilakukan sebagai komitmen dalam melaksanakan pertanggungjawaban untuk mengembalikan kondisi lingkungan, habitat flora dan fauna, serta produktivitas area pascatambang agar tetap memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

“Kami berharap dengan adanya sinergi dan pemanfaatan limbah dalam pelaksanaan pascatambang dapat memaksimalkan upaya pengelolaan lingkungan yang dilakukan Antam dan memberikan manfaat bagi generasi yang akan datang,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…