ESD, Platform SaaS Manajemen Restoran Rerintegrasi Raih Pendanaan Seri Bu US$29 Juta dari Northstar Group dan Alpha JWC Ventures

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Agustus 2022 - 11:28 WIB

Photo (kiri ke kanan) : ESB Board of Directors ; Gunawan (CEO), Andrew Tiang (CFO), Fitriana Dyah (CMO), Eka Prasetya (COO), Cornelius Pantow (CHRO), Bobby Hadiwijaya (VP Business Development) & Setiadi (CTO)
Photo (kiri ke kanan) : ESB Board of Directors ; Gunawan (CEO), Andrew Tiang (CFO), Fitriana Dyah (CMO), Eka Prasetya (COO), Cornelius Pantow (CHRO), Bobby Hadiwijaya (VP Business Development) & Setiadi (CTO)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – ESB, platform SaaS manajemen restoran terintegrasi terbesar di Indonesia, mengumumkan pendanaan senilai US$29 juta dalam yang babak pendanaan Seri B dipimpin oleh Northstar Group dan Alpha JWC Ventures, dengan partisipasi dari investor yang termasuk BEENEXT, Vulcan Capital, dan AC Ventures. Sebelum ronde penggalangan dana ini, ESB mengumpulkan total dana sebesar US$10,6 juta dari Alpha JWC, Vulcan Capital, BEENEXT, AC Ventures, Skystar Capital, dan Selera Kapital.

ESB adalah penyedia perangkat lunak operasi bisnis kuliner all-in-one, dengan solusi SaaS berbasis cloud yang mencakup aplikasi pengambilan pesanan front-end, aplikasi kasir atau aplikasi POS (Point-of-Sales), perangkat lunak operasi dapur dan sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (sistem ERP F&B) back-end. Melalui ESB, pengusaha F&B juga mendapatkan akses ke ekosistem penyedia pihak ketiga untuk pasokan bahan, pengiriman makanan, dan pembayaran digital.

Didirikan pada tahun 2018 oleh Gunawan Woen, Eka Prasetya, Setiadi Prawiryo Moeljadi, dan Dwi Prawira, misi ESB adalah membantu bisnis F&B meningkatkan profitabilitas mereka dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensi operasional. Berdasarkan pengalaman puluhan tahun dalam operasi F&B dan rantai pasokan, para pendiri ESB menciptakan solusi teknologi berbasis cloud yang unik untuk menggantikan sejumlah sistem berbasis perangkat keras tradisional menjadi sistem ERP restoran, dan juga aplikasi kasir atau aplikasi POS.

Dengan pendanaan Seri B yang baru ini, ESB akan semakin memperluas jejaknya di pasar UKM. Proposisi nilainya bagi UKM meliputi: (i) fitur pembayaran dan pinjaman yang sederhana; (ii) fasilitas modal kerja; (iii) pengembangan fitur produktivitas yang akan membantu UKM meningkatkan penjualan mereka; (iv) solusi manajemen saluran pemesanan dan pengiriman; (v) kemampuan fitur akuntansi; (vi) manajemen rantai pasokan; dan (vii) kemampuan sistem informasi sumber daya manusia (SDM). Ini akan meningkatkan posisi ESB di antara platform operasi end-to-end bisnis F&B.

Solusi untuk industri F&B yang tumbuh cepat di tengah pemulihan ekonomi yang kuat

Pandemi COVID-19 telah mendorong pengusaha F&B untuk mengadopsi operasi yang lebih ramping dan menjelajahi saluran penjualan baru, sementara pemangku kepentingan utama di sepanjang rantai nilai F&B, mulai dari pelanggan hingga pemasok bahan, dengan cepat mengadopsi solusi digital. Selain itu, kenaikan biaya akibat inflasi harga komoditas di awal tahun 2022 telah mendorong pedagang F&B untuk lebih mengoptimalkan struktur biaya mereka, yang mengarah pada menaiknya pengadopsian alat produktivitas yang memungkinkan layanan mandiri konsumen, otomatisasi alur kerja internal, dan pengurangan limbah makanan. ESB siap untuk memanfaatkan tren ini.

  “Kami melihat pedagang F&B, baik besar maupun UKM, sebagai mitra setara kami. Sebagai mitra, kami berkomitmen untuk mendukung pedagang kami, untuk membantu mereka menghasilkan penjualan lebih banyak dan meningkatkan efisiensi mereka, yang pada akhirnya akan membantu mereka meningkatkan keuntungan. Dengan mencapai itu, kami dapat memastikan keberlanjutan, bankability, dan pertumbuhan mereka. Ketika mitra kami tumbuh, ESB tumbuh, begitulah saya melihatnya.”, kata Gunawan Woen, Co-Founder dan CEO ESB. Senin (29/08/2022) “Saya juga dengan bangga menyambut Northstar Group sebagai pemegang saham baru dalam putaran ini dan saya sangat menghargai dukungan berkelanjutan dari pemegang saham kami yang ada, Alpha JWC Ventures, BEENEXT, ACV, dan Vulcan Capital atas kepercayaan mereka yang berkelanjutan kepada kami.”

“Selain penawaran produk yang unggul, misi kami yang lain adalah aksesibilitas. Kami percaya bahwa bisnis dari semua ukuran layak mendapatkan dukungan yang baik, itulah sebabnya kami memperluas layanan kami agar sesuai dengan tidak hanya grup F&B yang besar dan mapan, tetapi juga bisnis kecil dan menengah dengan struktur biaya yang dapat disesuaikan dan terjangkau. Kami ingin tumbuh bersama dengan sesama pemangku kepentingan karena hanya melalui itu kami dapat mencapai kebesaran,” kata Eka Prasetya, Co-Founder dan COO ESB.

“Kami telah memantau perjalanan ESB dan senang melihat produk yang matang dan pengembangan strategi go-to-market yang muncul dari Indonesia. ESB telah menunjukkan kinerja yang baik bahkan saat melawan pesaing global dengan kapitalisasi yang lebih baik dalam memenangkan dan memperkenalkan merek F&B internasional di Indonesia. ESB sekarang meluncurkan produk SaaS lain yang memberdayakan UKM F&B, dan kami sangat senang dapat bermitra dengan Gunawan dan timnya untuk membantu meningkatkan solusi ESB ke seluruh Asia Tenggara dan sekitarnya.” kata Carlson Lau, Managing Director, Northstar Group.

“ESB terus mencapai tonggak yang lebih besar dan menarik sejak investasi kami setahun yang lalu. Mereka telah secara signifikan memperluas kumpulan merek F&B, yang mencakup bisnis dari berbagai ukuran dan kompleksitas, sementara juga meningkatkan solusi end-to-end untuk pelanggan yang sudah ada. Semua ini dikaitkan dengan solusi teknologi dan keuletan tim untuk terus maju. Kami sangat antusias untuk melanjutkan kemitraan ini dengan Gunawan dan timnya untuk mewujudkan evolusi ESB selanjutnya bersama-sama,” kata Eko Kurniadi, Partner, Alpha JWC Ventures.

“Platform teknologi ESB telah menghadirkan solusi F&B end-to-end yang unik dan berbasis cloud, untuk membantu restoran mengurangi biaya, mengelola operasi mereka, dan meningkatkan pengiriman online. Platform mereka siap merevolusi pasar multi-miliar dine-in dan takeaway di Indonesia,” kata Adrian Li, Pendiri dan Managing Partner, AC Ventures.

“ESB telah memberdayakan ribuan restoran di Indonesia selama masa pandemi dan menjadi platform pilihan untuk meningkatkan operasional dan kinerja restoran. Tim pendiri telah menunjukkan eksekusi dan ketahanan yang luar biasa yang membuat mereka tumbuh lebih cepat dan memanfaatkan momentum pertumbuhan sejak tahun lalu. Kami senang berada dalam perjalanan dan kemitraan jangka panjang dengan ESB ini,” kata Faiz Rahman, Partner, BEENEXT.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:42 WIB

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Mendekati akhir tahun, Invest Islands, perusahaan real estate terkemuka di Lombok, membuahkan 12 bulan yang produktif setelah meluncurkan proyek paling spektakuler hingga saat ini, Gran Meliá…

Robert C. Hauck

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:33 WIB

Mondrian Duxton Singapore Luncurkan Gerakan Bertumpu pada Sumber Daya Manusia

Sebuah keramah-tamahan, tetapi tidak seperti yang Anda ketahui pada umumnya di Mondrian Duxton Singapore, di mana seorang General Manager yang berani, cerdas dan kreatif, Robert C. Hauck membentuk…

Ketum IMI bambang Soesatyo

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Buka Jambore Nasional IMI 2022, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holdiny Company Ajik Krisna membuka Jambore Nasional IMI 2022…

CoinEx

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:23 WIB

Pengguna CoinEx Berpeluang Diundang ke Inggris dan Negara Lain, Begini Caranya

Pada tanggal 24 Desember mendatang, crypto exchange CoinEx akan merayakan hari jadinya yang kelima, merayakan perkembangan platform bersama dengan para pengguna setianya.

OPPO di INNO DAY 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:48 WIB

OPPO Komitmen Ungkap Teknologi Mutakhir Baru dan Komitmen Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik

OPPO mengkonfirmasi bahwa acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Bertemakan "Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik",…