Indocement Produsen Semen Tiga Roda Bangun Kolaborasi Pengelolaan Sampah Melalui Program #Trashback

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 25 Agustus 2022 - 20:03 WIB

Indocement Produsen Semen Tiga Roda Bangun Kolaborasi Pengelolaan Sampah Melalui Program #Trashback
Indocement Produsen Semen Tiga Roda Bangun Kolaborasi Pengelolaan Sampah Melalui Program #Trashback

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) produsen Semen Tiga Roda pada 18 Agustus 2022 melalui akun sosial media @sementigaroda meluncurkan program #Trashback.

Program ini merupakan serangkaian program kolaborasi dengan berbagai pihak untuk keberlanjutan lingkungan hidup yang lebih baik dimasa yang akan datang. Melalui program #Trashback Indocement akan melaksanakan beragam inisiatif hijau seperti pengumpulan kembali sampah kantong semen Tiga Roda, pengelolaan dan daur ulang sampah menjadi bahan bakar alternatif, pembangunan tempat pengelolaan sampah di beberapa lokasi serta edukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah.

Sebagai langkah awal dari kolaborasi ini pada Kamis, 25 Agustus 2022, Indocement menandatangani perjanjian kerja sama pengumpulan kembali sampah kantong Semen Tiga Roda dari pengguna untuk dimanfaatkan Kembali dengan platform ekonomi sirkular Octopus dan PT Bangunperkasa Adhitamasentra (GRC Board).

Melalui kerja sama ini,  Indocement akan  memanfaatkan aplikasi Octopus untuk  mengumpulkan kembali sampah kantong semen dari pengguna untuk dimanfaatkan kembali. Selain itu, Indocement juga siap untuk memanfaatkan sampah yang tidak bisa didaur ulang oleh Octopus untuk dijadikan sebagai  bahan  bakar  alternatif  pada  operasional pabrik  semen,  sedangkan  PT  Bangunperkasa Adhitamasentra akan memanfaatkan kantong semen Tiga Roda bekas sebagai material alternatif dalam memproduksi papan semen.

Direktur Indocement, Troy D. Soputro mengungkapkan, bahwa kolaborasi ini adalah langkah awal dari program #Trashback yang merupakan salah satu bentuk komitmen Indocement untuk keberlanjutan lingkungan hidup di masa mendatang. “Kami percaya, ini tidak bisa kita lakukan sendiri, oleh karena itu melalui program #Trashback ini kami siap berkolaborasi dengan berbagai pihak baik dengan perusahaan teknologi, manufaktur, kelompok masyarakat dan lainnya untuk sama-sama bergandengan tangan mewujudkan lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang”.

Dalam kesempatan yang sama Troy juga menambahkan bahwa komitmen terhadap lingkungan hidup bukanlah hal yang baru bagi Indocement, sebelumnya Semen Tiga Roda dengan MASTERTECH Formula telah menghasilkan berbagai produk ramah lingkungan yang telah diakui dan mendapatkan sertifikasi GOLD dari Green Label Indonesia. Selain itu, Indocement juga terus berkomitmen untuk menjaga proses produksi yang rendah emisi gas rumah kaca melalui berbagai upaya serius seperti peningkatan konsumsi bahan bakar dan bahan baku alternatif, efisiensi energi, penggunaan sumber energi terbarukan serta meningkatkan produksi semen hijau. Hal ini sejalan dengan Indocement New Purpose yaitu Material to Build Our Future.

General Manager Alternative Fuel dan Alternative Material Indocement, Soegito Kurniawan mengungkapkan bahwa Indocement terus mengembangkan teknologi pemanfaatan bahan bakar alternatif dalam proses produksi, termasuk pemanfaatan sampah non-recyclables yang telah memenuhi ketentuan kualitas untuk mendukung proses produksi semen. “Kami siap menerima dan memanfaatkan beragam jenis sampah non-recyclables yang sudah dipilah dari Octopus”.

Diwawancarai di lokasi yang sama, CEO dan Co-Founder Octopus, Moehammad Ichsan, mengungkapkan apresiasinya atas peluncuran program #Trashback. Menurut Ichsan visi dari Indocement melalui program #Trashback ini sangat sejalan dengan visi Octopus. Sampah menjadi isu yang sangat krusial bagi dunia saat ini, dan Octopus hadir sebagai perusahaan teknologi yang turut mengambil bagian dalam menyelesaikan persoalan sampah ini melalui ekosistem ekonomi sirkular. “Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Octopus, lalu memasukkan jumlah sak semen Tiga Roda yang telah terkumpul pada katalog khusus Indocement yang ada di aplikasi. Pelestari kami, yang merupakan para pemulung sampah yang kami latih dan berdayakan, siap menjemput di lokasi dimana anda berada, dan setiap sampah sak Semen Tiga Roda, baik itu kertas maupun plastik, akan ditukarkan dengan poin yang tentunya dapat ditukarkan dengan berbagai macam kebutuhan sehari-hari dan penawaran menarik dari rekanan merchant Octopus”.

Direktur PT Bangunperkasa Adhitamasentra, Veronica S. Rachim menyatakan bahwa program ini merupakan program yang sangat positif dan GRC Board berkomitmen untuk mendukung program

#Trashback dan siap memanfaatkan kembali sampah kantong semen Tiga Roda untuk menjadi material dalam memproduksi papan semen.

Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang memproduksi Semen Tiga Roda dan

Semen Rajawali. Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap-pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 5.000 orang. Indocement mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 25,5 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Octopus merupakan salah satu start-up company yang membangun platform ekonomi sirkular untuk membantu para produsen untuk melacak dan mengumpulkan kembali sampah produk yang bisa didaur ulang maupun tidak.

PT  Bangunperkasa  Adhitamasentra  merupakan  perusahaan  di  bidang  manufaktur  bahan  bangunan  yang memproduksi papan semen dengan merek GRC Board yang telah beroperasi sejak 1992.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…